Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Spesifikasi Hardware Mining Ethereum, EthHash 2018

Coinvestasi     Monday, April 16 2018

Ethereum tampaknya terus populer di pasar cryptocurrency dan semakin banyak orang yang ikut berpartisipasi dalam menambang. Dikabarkan bahawa Ethereum merencanakan untuk beralih ke Proof Of Stake (POS) menggunakan suatu algoritma yang disebut Casper. Tetapi algo ini hanya akan berlaku untuk penambangan Ethereum. Sementara kripto lain yang menggunakan EthHash tidak akan terpengaruh, sehingga spesifikasi hardware mining Ethereum tetap dapat digunakan.

Dalam menambang Ethereum membutuhkan DAG (Directed Acyclic Graph) yang tersimpan dalam VRAM GPU. Maka sangat penting untuk memastikan GPU memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan DAG. Saat ini kebutuhan untuk menambang Ethereum setidaknya menyiapkan kartu grafis dengan spesifikasi minimal 3 GB VRAM. Spesifikasi ini akan meningkatkan DAG kira-kira 30,000 blok Ethereum.

Jika kartu grafis yang Anda miliki hanya memiliki 2 GB VRAM, maka saat ini tidak mungkin lagi digunakan untuk menambang Ethereum.. Tetapi bukan berarti tidak bisa digunakan, sebaiknya dialihkan untuk menambang koin EthHash lain dan koin CryptoNote. Penambangan cryptocurrency berbasis GPU cepat melonjak dalam beberapa bulan terakhir. Dua perusahaan kartu grafis, AMD dan NVIDIA saat ini berlomba-lomba meningkatkan kualitas dan produksi. Bahkan pasokan VGA dikabarkan tidak mencukupi hingga membuat harga naik dipasaran.  

Spesifikasi Hardware Mining Ethereum

Apa saja hardware mining Ethereum yang bisa digunakan pada saat ini? Prosesor grafis merupakan bagian yang paling penting dalam penambangan Ethereum. Hardware yang digunakan setidaknya harus sesuai dengan spesifikasi berikut:

  1. Untuk pembuatan rig mining minimal membutuhkan 6 GPU VRAM 4GB, dan disarankan VRAM 8GB. Bisa menggunakan kartu grafis AMD ataupun NVIDIA, harga pasar AMD jauh lebih miring dibandingkan NVIDIA.
  2. Motherboard dengan input PCIe yang cukup untuk memuat seluruh kartu grafis, jika tidak maka diperlukan PCIe riser.
  3. Power supply yang mencukupi kapasitas GPU yang dipilih.
  4. Pastikan pasokan listrik dan koneksi internet tetap stabil.

Selain spesifikasi hardware mining ethereum diatas, juga diperlukan peralatan lain dan software untuk menambang. Diantaranya pendingin, sebaiknya berada diruangan yang tidak panas yang dilengkapi AC, minimal fan yang cepat mendinginkan.

Terkadang juga perlu menyiapkan software overclocking untuk meningkatkan hashing per detik. Software overclock bisa menggunakan MSI afterburner dan GPU-Z untuk mengontrol temperatur dan power supply. Software lain yang dibutuhkan untuk menambang Ethereum adalah Claymore, Ethminer dan Phoenix Miner.

Poin Penting
  • ❓ Apa itu mining Ethereum?

    Mining Bitcoin merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan Ethereum, mining Ethereum menggunkan komputer dengan spesifikasi khusus

  • 🔎 Apa itu Ethereum?

    Ethereum adalah platform sumber terbuka berbasis Blockchain yang terdistribusi untuk memperhitungkan fungsi dari Smart Contracts.

  • 📱 Apakah bisa mining Ethereum di Android?

    Untuk mining Ethereum bisa di CRYPTOTAB, BLOCKCHAIN GAME, STORM PLAY dan lainnya

  • 💲 Berapa harga Ethereum sekarang ini?

    Per Februari 2020 harga Ethereun adalah Rp2,548,039,-

  • 🙋‍♂️ Siapa pencipta Ethereum?

    Pencipta Ethereum adalah Vitalik Buterin

  • 📝 Apa saja yang dibutuhkan untuk mining Ethereum?

    6 GPU VRAM 4GB, motherboard dengan input PCIe yang cukup untuk memuat seluruh kartu grafis, Power supply yang mencukupi kapasitas GPU yang dipilih., dan internet yang stabil

  • 🌐 Dimana tempat untuk membeli Ethereum?

    Untuk membeli Ethereum bisa di Indodax, Tokocrypto, Rekeningku.com, Triv, Binance, SnapEx dan lainnya

  • 💡 Apa itu wallet Ethereum?

    Wallet online yakni sebuah perangkat lunak yang diunduh ke komputer dan memungkinkan kamu untuk mengelola Ethereum

Artikel Terkait

 Lihat Lebih