Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Pahami Filosofi Blockchain, Bantu Kamu Hindari Kerugian!

anisa giovanny     Tuesday, November 26 2019

Blockchain adalah teknologi yang lahir karena kemajuan internet, masih terbilang baru membuat blockchain masih diingkupi ketidakpastian.  Blockchain in juga bisa jadi penyebab kasus kejahatan. Karena itu, menggunakan blockchain dalam kehidupan sehari-hari harus dilakukan dengan hati-hati. Salah satunya adalah memahami filosofi blockchain itu sendiri.

Baca Juga : 5 Perkembangan Blockchain Pada Transaksi Pembayaran

Blockchain Bersifat Transparan

Banyak orang yang berpikir blockchain bersifat pribadi, sebenarnya blockchain juga bersifat transparan yang bisa membahayakan privasi finansial. Setelah kamu menaruh alamat pada identitas yang digunakan, maka semua transaksimu bisa dilacak dan diselidiki. Hanya perlu satu kesalahan kecil untuk mengungkap riwayat, preferensi hingga saldo Anda. Maka, penggunaan atau transaksi menggunakan blockchain harus dilakukan dengan teliti.

Menggunakan Blockchain Butuh Tanggung Jawab

Kehilangan “Private Key” dalam blockchain adalah sebuah masalah. Berarti kamu harus siap merelakan uangmu pergi. Soalnya, jika “private key” hilang tidak ada perusahaan, bank atau entitas lain yang dapat membantu mengembalikannya. Kamu bertanggung jawab agar akunmu tidak diretas, di scam atau segala hal yang dapat membuatmu rugi.

Blockchain Terdesentralisasi, Permanen Dan Tidak Dapat Diubah

Setiap transaksi yang dilakukan Blockchain bersifat final, jika kamu mengirim ke alamat atau nominal yang salah itu tidak akan bisa diubah dan dikembalikan. Tidak ada pusat layanan pelanggan Bitcoin atau Ethereum yang dapat membantumu untuk membekukan akun atau mengembalikan transaksi.

Sangat penting untuk memahami filosofi blockchain agar bisa mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dalamnya. Kamu perlu menentukan tujuan dan targetmu dalam mengunakan blockchain agar  terhindar dari harapan palsu dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sumber