Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Mau Staking Ethereum? Perhatikan dulu 5 Hal Ini

anisa giovanny     Friday, December 25 2020

Ethereum 2.0 berhasil meluncurkan fase 0 ke publik dengan sukses, peluncuran ini diharapkan akan membuat jaringan Ethereum lebih baik. Ethereum 2.0 juga menggunakan mekanisme proof of stake yang memungkinkan dalam proses staking untuk memperoleh keuntungan dari ETH yang disimpan.

Staking ini seperti layaknya deposito bank, di mana kita menyimpan sejumlah aset dan mendapatkan bunga dalam periode waktu tertentu. Di  ETH 2.0 staking ini sangat dinantikan, karena digadang-gadang bisa menjadi cara mendapatkan passive income dan mendapatkan keuntungan dari aset crypto tanpa perlu melakukan trading yang cukup sulit bagi pemula.

Dalam proses staking ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam staking Ethereum 2.0 ini.

Jumlah Minimal untuk Staking adalah 32 ETH

Saat ini, mempertaruhkan ETH adalah komitmen jangka panjang yang signifikan.  Jumlah minimum yang dapat disumbangkan seseorang ke dalam kontrak deposito adalah 32 ETH. Jumlah ini cukup besar dan terbilang lumayan mahal, mengingat harga Ethereum yang mengalami kenaikan di 2020 ini.

Baca juga: Apa Itu Ethereum 2.0 ? Pahami ETH 2.0 Dalam 3 Menit!

Dengan mempertaruhkan 32 ETH, artinya dana kamu akan dikunci sampai mainnet “berlabuh” dengan  beacon chain. Saat ini, perkiraan menunjukkan bahwa pencapaian ini hanya dapat dicapai pada tahun 2022, yang berarti calon validator mungkin harus menunggu beberapa saat sampai dana mereka kembali.

Waktu Cukup Lama

Salah satu kelemahan terbesar dengan transisi ke Eth2 adalah membutuhkan banyak komitmen dari ribuan validator yang telah meletakkan crypto mereka di mana saja . Memiliki keyakinan untuk staking ETH sangat penting. Sebab beberapa pencapaian penting lainnya yang terkait dengan proyek ini telah terlambat dari jadwal.

Jika komplikasi lebih lanjut muncul, ada kemungkinan butuh waktu bertahun-tahun sebelum ETH yang disimpan dilepaskan dari kontrak satu arah, dan nilai tunai mungkin telah turun pada saat itu.

Harus Online Sepanjang Waktu 

Melayani sebagai validator juga disertai dengan tanggung jawab… dan risiko. Dalam proses ini ada slashing atau pemotongan, yang berarti  node dapat dihukum karena gagal bertindak demi kepentingan terbaik jaringan. Akibatnya ada risiko nyata bahwa staking dapat menyebabkan seseorang kehilangan crypto alih-alih mendapatkannya. Tidak sengaja mengabaikan transaksi yang tidak valid atau jaringan yang offline dapat menimbulkan konsekuensi yang besar.

Tidak Semua Orang Memiliki Satu ETH Utuh

Angka dari Etherscan menunjukkan bahwa sekarang ada lebih dari 126 juta alamat Ethereum unik, dan 113,6 juta ETH saat ini beredar. Artinya, saat ini, tidak mungkin setiap alamat memiliki satu ETH utuh. Kembali pada bulan April, penelitian dari Adam Cochran menunjukkan bahwa 17% ETH dipegang hanya oleh 10 alamat  dan 10.000 alamat teratas memegang sekitar 94% dari pasokan cryptocurrency yang beredar. 

Statistik ini membuktikan penggemar kripto rata-rata memiliki cukup ETH untuk mulai staking dan secara matematis tidak mungkin bahwa setiap orang tertarik untuk staking memiliki 32 ETH.

Ada Kekhawatiran Tidak Likuid

Tetapi ada hambatan lain untuk masuk yang perlu diatasi juga. Bahkan mereka yang memiliki 32 ETH untuk staking mungkin khawatir tentang bagaimana aset mereka akan menjadi tidak likuid untuk jangka waktu yang lama. Menyiapkan dan memelihara node validator juga bisa menjadi bisnis yang rumit. 

Meskipun seseorang mungkin tertarik untuk menerima hadiah staking, mereka mungkin kurang memiliki pengetahuan teknis atau waktu untuk melakukannya sendiri. Bagi pengguna yang ingin staking tapi tidak cukup memiliki jumlah aset yang disyaratkan dan kurangnya pengetahuan teknis, maka memilih staking pool bisa menjadi opsi yang tepat.

Selengkapnya soal staking pools.


Staking Ethereum 2.0 sangat dinanti, namun masih ada hal-hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin mencoba staking. Seperti jumlah eth yang cukup banyak, waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan keuntungan dan tidak banyaknya orang-orang yang bisa berpartisipasi dengan 32 ETH secara langsung. Pastikan kamu mengetahui risiko dan keuntungan jika sudah mantap untuk melakukan staking Ethereum, ya.

Informasi ini dapat kembali kamu temukan di sini