Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Mau Mining Bitcoin? Inilah Mining Pools Terbaik!

Dhila Rizqia     Thursday, November 22 2018

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa terdapat berbagai jenis mining pool yang ada saat ini. Multi-pools memungkinkan untuk mining beberapa jenis cryptocurrency berdasarkan keuntungan, beberapa hanya fokus pada koin-koin baru yang menjanjikan, dan beberapa lainnya fokus pada suatu koin tertentu sebagai tujuan keseluruhannya. Tidak hanya terdapat berbagai jenis mining pool yang harus dipilih, tetapi metode-metode pembayarannya pun berbeda, yang paling popular adalah PPLNS, PROP, dan PPS.

Panduan mining ini akan memberi Coinvestors petunjuk mengenai mining pool apa yang bisa Coinvestors gunakan dan metode pembayaran apa yang digunakan.

Mining pools Koin Tunggal

Mining pool koin tunggal sama seperti namanya. Tipe ini memungkinkan Coinvestors untuk fokus dalam kegiatan mining suatu cryptocurrency tertentu. Kebanyakan orang biasanya melakukan mining Litecoin atau Bitcoin langsung menggunakan jenis mining pool ini. Kalau Coinvestors mau menghindari rate penukaran yang ada di exchange dan mempunyai alat-alat mining yang tepat untuk mining suatu coin tertentu, Coinvestors bisa mengumpulkan coin dengan jumlah yang lumayan dengan cara ini. Namun, masalahnya adalah ketika ada banyak orang yang mining di jaringan yang sama dengan Coinvestors. Kesulitannya akan meningkat untuk mengimbangi tambahan daya hashing. Nah jenis-jenis mining pool setelah ini akan menunjukkan cara bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Multi-pools

Multi-pools adalah jenis mining pool yang memungkinkan Coinvestors untuk mengganti secara otomatis dari suatu koin ke koin yang lain berdasarkan koin mana yang paling menguntungkan untuk ditambang. Biasanya multi-pools mempertimbangkan berbagai hal, seperti harga exchange dan tingkat kesulitan masing-masing koin. Ketika suatu koin menjadi lebih menguntungkan untuk ditambang maka pool akan mulai untuk mining koin tersebut. Jika Coinvestors hanya tertarik pada suatu koin tertentu, beberapa multi-pools ada yang memungkinkan Coinvestors mining pada port terpisah khusus untuk koin tersebut. Di antara mining pools paling popular untuk jenis ini ada, CleverMining.com dan Multipools.us.

Baca artikel ini: Situs Terbaik Untuk Cloud Mining

IPOMiner

Ketika Coinvestors tertarik untuk investasi di koin yang “pump and dump” atau koin baru yang menjanjikan, IPOMiner.com memungkinkan kamu untuk mining koin tersebut berdasarkan tingkat keuntungannya. Kalau Coinvestors rela mengeluarkan usaha lebih untuk mendapatkan lebih banyak Bitcoin dari mining, maka kebanyakan koin akan seperti itu juga. Jika Coinvestors melihat charts exchange rate di CoinWarz.com (klik di area zoom) maka kamu bisa lihat bahwa kebanyakan koin mulai dengan nilainya berada di tengah-tengah chart. Kemudian harganya akan naik sedikit, dan setelah kurvanya kan mengarah ke bawah seterusnya.

Mining menggunakan IPOMiner memungkinkan Coinvestors untuk melakukan mining koin baru tepat sebelum harganya memuncak, jadi kamu bisa mencoba menjualnya untuk mendapatkan Bitcoin sebanyak-banyaknya. Tingkat kesulitan dari koin tersebut biasanya masih rendah karena koinnya masih baru, dan Coinvestors bisa memaksimalkan keuntungan dari menjualnya pada saat yang tepat. Kebanyakan koin tidak akan terjual dengan nilai yang lebih tinggi dari harga puncaknya. Tapi syaratnya Coinvestors harus selalu memerhatikan nilai dari koin tersebut dan menjualnya pada saat kamu rasa harga tersebut harga tertinggi. Coinvestors masih bisa mendapatkan keuntungan yang cukup meskipun menjualnya sedikit terlambat melewati puncak tersebut.

Tipe Pembayaran

Dalam dunia mining, terdapat berbagai metode yang digunakan mining pools untuk menghitung pendapatan kamu. Pada BitcoinMining.com terdapat 13 metode pembayaran yang bisa digunakan sebuah mining pool untuk membayar miners. PPS, PROP, dan PPLNS merupakan tiga yang paling popular di antara 13 metode tersebut. PPS membayar miner untuk setiap bagian yang diberikan kepada pool, dan memberikan stabilitas pembayaran, namun memindahkan banyak risiko ke operator pool. PROP membayar seluruh miners secara proporsional berdasarkan berapa banyak bagian yang telah diberikan kepada pool, dan PPLNS (Pay Per last N Shares) membayar miners untuk bagian terakhir yang mereka kumpulkan kepada pool.

Pastikan Coinvestors memahami bagaimana kamu akan dibayar ketika melakukan bisnis dengan sebuah mining pool, karena kalau tidak Coinvestors bisa salah menghitung keuntungan yang mungkin didapatkan dari mining. Penting bagi Coinvestors untuk memilih mining pool yang tepat untuk tugas yang Coinvestors ingin selesaikan. Kalau Coinvestors merupakan ASIC miner pastikan pool yang kamu gunakan sudah diatur dengan VARDIFF (variable difficulty) jadi Coinvestors bisa mendapatkan target yang lebih sulit dan tidak membuang waktu mengumpulkan bagian yang rendah. Kalau Coinvestors mengatur tingkat kesulitan secara manual, maka aturlah sesuai dengan hash rate. Kadang kala operator mining pool akan memperbolehkan Coinvestors untuk request tingkat kesulitan tertentu.

Poin Penting
  • ⚙️ Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menambang Bitcoin?

    Rata-rata, waktu yang dibutuhkan untuk semua daya komputasi penambang di dunia untuk mendapatkan 1 BTC adalah 10 menit,semakin canggih komputer yang digunakan akan semakin cepat dan peningkatan jumlah mining pools.

  • 🛠 Apakah bisa mining Bitcoin melalui HP?

    Mining Bitcoin bisa menggunakan Android atau iOS, aplikasi yang bisa digunakan adalah Minergate

  • 🔍 Bagaimana mining Bitcoin gratis?

    Anda bisa mining Bitcoin gratis tanpa deposit di CryptoTab

  • 💰 Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mining Bitcoin?

    Untuk mining Bitcoin dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, tergantung dari spesifikasi komputer yang Anda gunakan, dan biaya listrik di kota Anda. Semakin canggih komputer yang digunakan, biasanya biaya listrik yang diperlukan akan semakin mahal

  • 📋 Bagaimana cara daftar mining pools?

    Bikin akun di mining pools yang sudah Anda pilih, atur software mining Anda, kemudian masukan address Bitcoin Anda untuk menerima pembayaran

  • 💸 Apa mining pools yang paling menguntungkan?

    Untuk saat ini, AntPool merupakan mining pool yang terbesar dalam hal kekuatan hash. AntPool berlokasi di China

  • 🔐 Apakah bisa mining Bitcoin tanpa menggunakan mining pools?

    Solo mining adalah proses solo di mana miner sepenuhnya melakukan tugasnya operasi mining tanpa bantuan. Proses ini terutama dilakukan sendiri tanpa bergabung dengan mining pools.

  • 🔑 Apakah Bbitcoin legal?

    Bitcoin legal di Indonesia sebagai komoditas

Artikel Terkait

 Lihat Lebih