Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Panduan Jual Beli Bitcoin untuk Pemula

Dhila Rizqia     Wednesday, January 2 2019

Bitcoin akhir-akhir ini menuai banyak popularitas sebagai sebuah aset digital yang dapat diperdagangkan di Indonesia. Kemudian muncul banyak pertanyaan, “Bagaimana sih kalau ingin ikutan? Bagaimana cara beli bitcoin? Apakah harus langsung beli 1 Bitcoin?” dan pertanyaan serupa lainnya.

Bitcoin adalah sebuah sistem mata uang cryptocurrency global, dan bisa disebut juga sebagai mata uang digital, mata uang virtual, dan juga aset kripto. Aset kripto terpopuler ini memungkinkan orang untuk mengirim atau menerima uang melalui internet, bahkan kepada seseorang yang tidak kita kenal atau tidak percayai.

Baca juga : Cara mendapatkan Bitcoin

Bitcoin di Indonesia memang belum sepopuler komoditas lainnya seperti emas ataupun saham. Namun, tidak ada salahnya bagi pemula yang ingin belajar lebih banyak mengenai Bitcoin dan mencoba melakukan trading.

Bagi yang ingin terjun ke dunia Bitcoin tapi bingung mulai dari mana, berikut adalah panduan jual beli bitcoin yang mudah dilakukan pemula.

Apakah Harus Langsung membeli 1 Bitcoin ?

Jawaban singkatnya adalah tidak. Hal ini merupakan kesalahpahaman yang umum terjadi di kalangan orang-orang yang baru mengenal Bitcoin, mereka mengira jumlah yang harus di beli adalah satu (1) Bitcoin utuh, sekaligus.

Setelah melihat harga 1 Bitcoin yang sedemikian tinggi (saat penulisan artikel ini, harga 1 Bitcoin = Rp136.369.000), banyak yang langsung membatalkan keinginan beli Bitcoin karena kesalahpahaman tersebut.

Bitcoin bersifat digital dan tiap Bitcoin dapat dipecah-pecah tanpa batasan. Oleh karena itu, Anda dapat membeli, menjual, mengirim dan menerima ‘pecahan’ Bitcoin; yang berarti Anda tidak harus bertransaksi dengan “satu” Bitcoin langsung. 

Bagaimana cara membeli Bitcoin ?

Pilih Exchange yang Tepat

Sudah banyak sekali platfrom exchange yang tersedia, baik di dalam maupun di luar negeri. Masing-masing platfrom exchange memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri, mulai dari trading fee dan withdrawal fee yang dikenakan, aset kripto yang tersedia, fitur trading yang ada, serta kemudahan mengoperasikannya.

Cek halaman Komparasi Exchange Lokal untuk melihat daftar platform exchange yang ada di Indonesia dan perbandingannya.

Registrasi dan KYC

Setelah menentukan platform exchange mana yang akan Anda gunakan, selanjutnya Anda harus melakukan registrasi pada platform tersebut. Setelah registrasi, Anda diharuskan melakukan proses KYC atau Know Your Customer.

Deposit Fiat

Anda dapat mentransfer uang Rupiah Anda ke dalam akun wallet atau dompet Anda di dalam exchange. Selain metode bank transfer, beberapa exchange juga menyediakan fitur pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Baca juga : beli bitcoin pakai OVO

Beli Bitcoin

Untuk membeli Bitcoin masuk ke dalam menu market dan pilih Bitcoin.

Anda dapat membeli jumlah Bitcoin sesuai dengan yang Anda inginkan. Biaya pembelian yang dikenakan pun berbeda-beda sesuai dengan exchange yang digunakan.

Baca juga : Cara jual beli Bitcoin di Upbit

Anda bisa membeli Bitcoin secara instan atau limit. Instan adalah di mana Anda menjadi Market Taker, membeli Bitcoin di harga yang ditawarkan saat itu juga. Sedangkan limit, Anda menjadi Market Maker di mana Anda bisa menentukan di harga berapa Anda ingin membeli Bitcoin, kemudian Anda harus menunggu order pembelian selesai.

Setelah berhasil melakukan pembelian, Anda dapat menyimpan Bitcoin tersebut di dalam wallet digital atau dompet bitcoin Anda. Untuk menyimpan Bitcoin atau aset kripto Anda di platform yang aman untuk menghindari adanya pencurian dan menjaga Bitcoin Anda tetap aman.

Baca juga : Situs Jual beli bitcoin di Indonesia

Bagaimana cara Jual Bitcoin ?

Untuk menjual Bitcoin, Anda harus memiliki akun platform exchange terlebih dahulu. Langkahnya sama seperti saat Anda ingin membeli Bitcoin. Pilih Exchange yang tepat kemudian lakukan registrasi dan KYC.

Deposit Bitcoin

Untuk bisa menjual Bitcoin, sebelumnya kamu sudah harus memiliki saldo Bitcoin pada wallet exchange yang kamu gunakan. Bila kamu memiliki saldo Bitcoin namun bukan di wallet exchange yang kamu gunakan, maka kamu bisa mengirim Bitcoin dari wallet digital kamu ke ke alamat wallet exchange yang kamu gunakan.

Bila kamu mendapatkan Bitcoin sebagai pemberian dari orang lain, kamu juga bisa langsung meminta mereka mengirimkannya ke alamat wallet exchange yang kamu gunakan. 

Jual Bitcoin sebagai Market Maker

Klik menu marketplace atau pasar lalu pilih Bitcoin. Kemudian masukkan jumlah Bitcoin yang ingin kamu jual. Masukkan jumlah nominal Bitcoin yang ingin kamu jual. Masukkan harga jual Bitcoin yang kamu inginkan. Kemudian klik Jual bitcoin.

Dengan menentukan harga jual Bitcoin mu sendiri berarti kamu menjadi market maker. Keuntungannya kamu tidak dikenakan biaya apa pun, namun harus menunggu hingga Bitcoin mencapai harga yang kamu tentukan.

Jual Bitcoin sebagai Market Taker

Untuk menjual Bitcoin secara instan pilih Market/instan. Kemudian masukkan nominal yang kamu inginkan untuk menjual Bitcoin. Masukkan jumlah nominal Bitcoin yang ingin kamu jual. Jumlah yang kamu jual bisa keseluruhan dari saldo Bitcoin yang kamu miliki atau hanya sebagian. Setelah itu klik Jual Bitcoin maka akan otomatis terjual.

Dengan memilih penjualan Bitcoin instan maka kamu menjadi market taker. Keuntungannya kamu tidak perlu menunggu Bitcoin mu untuk terjual, namun kamu harus membayar sejumlah biaya.

Baca juga : Cara jual Bitcoin untuk Pemula

Bagaimana cara withdraw saldo Rupiah ke rekening Bank ?

Bila Anda sudah memiliki Bitcoin kemudian ingin transfer keuntungannya dalam Rupiah ke rekening Bank maka Anda harus memiliki akun di platform exchange yang mendukung pertukaran BTC/IDR seperti Tokocrypto, Indodax, Rekeningku.com, dll.

Pastikan setelah registrasi di exchange lokal, Anda selesaikan proses verifikasi identitas atau KYC untuk menghindari penipuan.

Setelah Anda memindahkan saldo Bitcoin Anda ke platform exchange tersebut, Anda bisa menjualnya ke Rupiah. Kemudian saldo Rupiah Anda bisa di withdraw dengan cara transfer ke rekening Bank Anda.

Pilih menu withdraw dari wallet Rupiah Anda. Pilih bank serta isi nomor rekening yang ingin Anda gunakan untuk withdraw. Pastikan rekening nya menggunakan nama yang sama dengan akun exchange Anda.

Baca juga : Cara withdraw Bitcoin


Berikut adalah panduan mudah cara jual beli Bitcoin. Untuk mendapatkan keuntungan, Anda sebaiknya jual Bitcoin di harga yang lebih tinggi dari harga beli Anda.

Poin Penting
  • 🛒 Bagaimana cara membeli Bitcoin ?

    Beli Bitcoin bisa dilakukan melalui bursa atau exchange aset kripto. Buat akun lalu verifikasi ID, deposit fiat, kemudian beli Bitcoin.

  • 💎 Apakah Harus Langsung membeli 1 Bitcoin ?

    Anda tidak harus langsung membeli 1 Bitcoin utuh. Bitcoin dapat dipecah-pecah tanpa batasan.

  • 🤝 Berapa jumlah minimal beli Bitcoin ?

    Tidak ada jumlah minimal, namun biasanya tiap exchange menentukan jumlah minimal deposit Fiat.

  • 💸 Bagaimana cara deposit rupiah di exchange ?

    Deposit Rupiah di Exchange biasanya dilakukan melalui transfer bank, namun ada juga yang bisa via OVO.

  • 💰 Berapa jumlah minimal deposit rupiah di exchange ?

    Jumlah minimal deposit rupiah exchange Indonesia beragam. Ada yang mulai 50ribu hingga 100ribu Rupiah.

  • 💱 Bagaimana cara deposit Bitcoin di exchange ?

    Klik wallet bitcoin di akun exchange, kemudian Anda bisa melihat address Bitcoin wallet Anda. Withdraw Bitcoin Anda dari wallet lain dan masukkan address bitcoin exchange Anda sebagai tujuan.

  • 🏬 Bagaimana cara jual Bitcoin ?

    Untuk menjual bitcoin bisa dilakukan melalui bursa atau exchange. Menjual Bitcoin bisa dilakukan secara instan maupun limit. Biaya transaksi tiap exchange bervariasi.

  • 💲 Bagaimana cara withdraw rupiah ke rekening bank ?

    Withdraw rupiah dari exchange biasanya dilakukan menggunakan transfer bank.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih