Investasi Bitcoin, Kira-Kira Aman Gak Sih?

By Ary Tantranesia     Sunday, January 20 2019

Bitcoin sudah semakin berkembang, namun masih banyak orang yang asing dengan istilah Bitcoin. Bitcoin adalah mata uang digital yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 yang fungsinya sama dengan Dollar, Rupiah, atau mata uang dunia lainnya. Bitcoin sendiri menggunakan teknologi peer-to-peer yang dapat memudahkan proses transaksi karena tidak memerlukan otoritas pusat. Dengan semakin berkembangnya Bitcoin, semakin banyak pula bisnis yang menggunakan Bitcoin sebagai sistem pembayaran. Lalu, apakah investasi Bitcoin itu aman? Mari kita simak pembahasan berikut mengapa investasi Bitcoin itu aman.

  1. Legalitas Bitcoin
  2. Investasi Bitcoin sendiri memang aman karena Bitcoin sudah disahkan menjadi komoditas oleh Bappebti selaku regulator. Bitcoin juga resmi diperdagangkan di bursa berjangka tetapi Bitcoin yang bisa diperdagangkan hanyalah yang berbasis distributed ledger technology dan sudah berbentuk utility crypto. Namun, BI (Bank Indonesia) mengatakan bahwa Rupiah tetap menjadi satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia. Sebelum investasi Bitcoin, penting untuk memperhatikan ketaatan anti pencucian uang, pembiayaan teroris, serta perlindungan bagi investor dan konsumennya.

    Artikel terkait: 3 Investasi Bitcoin Terpercaya 2019, Keuntungan dan Resiko

  3. Harga Bitcoin yang Fluktuatif
  4. Ketika berinvestasi Bitcoin pastikan Anda tidak berlebihan atau terlalu banyak menginvestasikan Bitcoin karena harga Bitcoin yang selalu berfluktuatif. Semakin tinggi nilai investasi Bitcoin maka semakin tinggi juga resiko yang ada. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mempelajari analisis fundamental untuk berinvestasi Bitcoin. Tidak ada yang mengatur harga Bitcoin jadi pastikan diri Anda tidak tergoda dengan harga Bitcoin yang tinggi karena karena harga Bitcoin akan selalu naik lebih tinggi. Walau tak menutup kemungkinan harga Bitcoin jatuh tiba-tiba karena harga Bitcoin tergantung permintaan pasar.

Intinya, berinvestasi Bitcoin memang aman tetapi Anda harus tetap berhati-hati karena Bitcoin tidak diintervensi oleh pemerintah dan bersifat volatil.

Sumber