Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Daftar Kebutuhan Bitcoin untuk Mencapai Adopsi Massal

anisa giovanny     Sunday, December 27 2020

Selama dekade terakhir, cryptocurrency ini secara bertahap mendapatkan daya tarik di pasar keuangan dan berbagai institusi. Banyak negara telah mengeksplorasi potensi luar biasa Bitcoin, termasuk sistem pembayaran yang cepat, dapat diakses, dan lebih murah, transfer uang tanpa batas, dan banyak lagi.

Meskipun sudah ada daftar panjang hal-hal yang dapat  dibeli dengan Bitcoin,  harus diakui jika kegunaannya yang luar biasa belum menjangkau setiap bagian dunia. Untuk mencapai adopsi Bitcoin yang meluas, ada faktor penting yang harus diperiksa dan dipertimbangkan dengan cermat. Namun sebelum kita menyelami lebih dalam beberapa pendorong utama tersebut, mari kita lihat status adopsi Bitcoin hari ini.

Baca juga: 8 Hal yang Bisa Dibeli dengan Bitcoin

Tingkat Adopsi Bitcoin Tahun 2020

Dunia perlahan-lahan beralih ke dunia digital di mana transaksi tanpa kertas adalah hal normal baru termasuk uang fiat yang berubah menjadi mata uang digital dan cryptocurrency seperti Bitcoin. Cryptocurrency menjadi lebih populer saat ini dan banyak orang mencoba tangan mereka pada bentuk uang yang cerdik ini.

Selama tahun-tahun awal Bitcoin, Bitcoin menerima banyak umpan balik dari berbagai industri dan yurisdiksi. Beberapa terbuka untuk gagasan tersebut, tetapi yang lain merasa sulit untuk memahami dan mempertimbangkan sebagai aset untuk penggunaan jangka panjang.

Setelah lebih dari satu dekade, orang-orang di berbagai negara perlahan-lahan menerima aplikasi kuat dari Bitcoin. Oleh karena itu kemungkinan pertumbuhan dalam tingkat adopsi Bitcoin.

Baca juga: 6 Alasan Bitcoin Bantu Para Ibu Independen Secara Finansial

Data terbaru dari Statista menunjukkan prevalensi kepemilikan cryptocurrency di berbagai belahan dunia. Di antara negara-negara teratas yang memiliki dan memanfaatkan Bitcoin dan mata uang digital lainnya untuk pengiriman uang dan transaksi pembayaran lainnya termasuk Nigeria, Vietnam, Afrika Selatan dan lain sebagainya.

Mari kita lihat beberapa industri dan bisnis yang menerima BTC sebagai pembayaran sebagai contoh. Perusahaan besar dari hiburan dan olahraga, otomotif, makanan dan minuman, teknologi, perbankan dan keuangan, dan industri lainnya mulai menerima Bitcoin sebagai pembayaran untuk produk dan layanan mereka.

Baca juga: Apa Itu Blockchain ?

Ada juga ribuan bursa mata uang kripto dan pasar yang bermunculan secara online. Ini menunjukkan bahwa ada sebagian besar populasi dunia yang menyadari kekuatan sebenarnya di balik Bitcoin.

Agar kurva adopsi Bitcoin menjadi lebih tinggi, ada beberapa faktor kebutuhan Bitcoin agar bisa mendapatkan tingkat adopsi yang tinggiMari kita lihat beberapa di antaranya.

Kebutuhan Bitcoin untuk Adopsi Massal

Masalah Hukum dan Peraturan

Dengan fitur unik Bitcoin, ini menjadi cara yang efektif untuk menjangkau populasi yang tidak memiliki rekening bank. Namun, tujuan revolusioner ini masih terhalang oleh beberapa masalah hukum dan peraturan yang berbeda-beda tergantung pada yurisdiksinya.

Bitcoin (BTC) memiliki sifat terdesentralisasi, tetapi pemerintah negara dan bank sentral masih memiliki otoritas atas legalisasi aset cryptocurrency. Meskipun menjadi lebih diterima secara luas di kota dan negara terbesar, beberapa tetap skeptis. Inilah mengapa bank sentral atau lembaga keuangan suatu negara memainkan peran penting dalam adopsi Bitcoin yang meluas.

Negara-negara seperti Estonia, Jepang, Singapura, Jerman, Swiss, dan Inggris hanyalah beberapa dari banyak negara ramah Bitcoin di mana orang dapat dengan bebas memegang dan membelanjakan BTC mereka. Namun, ada negara seperti Arab Saudi, Qatar, dan lainnya yang melarang Bitcoin di dalam perbatasan mereka.

Nilai Utilitarian

Melakukan pembayaran, mentransfer uang, dan terlibat dalam investasi pasar hanyalah sebagian dari penggunaan Bitcoin. Bahkan saat ini, tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti apakah cryptocurrency dominan ini dapat atau akan menggantikan uang yang dikeluarkan pemerintah di masa depan.

Misalnya, mentransfer uang dengan Bitcoin jauh lebih murah dan lebih cepat dibandingkan dengan mitra fiatnya. Di sisi lain, masih terdapat beberapa batasan dalam melakukan transaksi Bitcoin, terutama di negara-negara di mana bank tradisional dan perusahaan pengiriman uang lainnya masih menjadi alat utama pengiriman uang. Karena BTC belum diterima secara global sebagai metode pembayaran, pembayaran langsung dan pembelian akan tetap dibatasi.

Kapasitas Teknologi

Bitcoin adalah mata uang digital dan bekerja serta beroperasi melalui teknologi yang kuat. Proses memperolehnya adalah dengan menambang yang membutuhkan peralatan berdaya tinggi, koneksi Internet yang andal, ruang penyimpanan digital yang sangat besar, dan tingkat energi listrik yang tinggi. Persyaratan ini telah menjadi masalah di beberapa negara, terutama lonjakan konsumsi energi akibat pertambangan.

Selain menambang, memiliki akses ke Bitcoin bisa tampak menantang dan rumit bagi sebagian orang. Membeli, menyimpan, dan membelanjakan BTC membutuhkan ponsel cerdas atau laptop yang dapat terhubung ke Internet. Meskipun sebagian besar populasi saat ini memiliki gadget dan perangkat digital lainnya, menghubungkan ke Internet adalah salah satu tantangan lain yang harus dihadapi.

Tidak semua belahan dunia memiliki sambungan Internet yang cepat, stabil, dan andal. Beberapa negara berkembang menghadapi biaya Internet yang mahal dan konektivitas yang tidak dapat diandalkan. Koneksi terbatas ke web ini dapat menjadi penghambat adopsi massal Bitcoin.

Kesadaran Bitcoin

Kebutuhan Bitcoin untuk mendapatkan adopsi massal adalah masyarakat dunia harus mengenalnya dan cara kerjanya. Salah satu cara untuk mencapainya adalah melalui pendidikan cryptocurrency yang dapat dibagikan melalui jejaring sosial. Komunitas dapat meningkatkan adopsi dan kesadaran Bitcoin melalui percakapan dari mulut ke mulut atau berbagai platform media sosial.


Mungkin masih ada  tantangan atau kebutuhan Bitcoin sebelum mencapai adopsi massal. Namun, setelah orang-orang di seluruh dunia menjelajahi dan merasakan kegunaan Bitcoin dan blockchain  yang luar biasa, tidak diragukan lagi bahwa aset digital terkemuka ini akan dikenal dan digunakan untuk fungsi revolusioner di bidang keuangan dan industri lainnya.

Informasi ini bisa kembali dibaca di sini

Artikel Terkait

 Lihat Lebih