Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Cara Staking Aset Crypto Menggunakan Staking Pool

anisa giovanny     Tuesday, September 15 2020

Staking kini tengah populer, hal ini dikarenakan prosesnya yang terbilang cukup mudah dan sederhana. Proses mempertahankan aset crypto ini pun bisa menghasilkan pendapatan tambahan dari aset yang dipertaruhkan, jumlah pendapatan akan bergantung pada jenis aset crypto yang dipilih.

Dalam melakukan staking ini, pengguna bisa memilih menggunakan staking pool. Menggunakan cara tersebut membuat proses staking menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. 

Baca juga: Apa Itu Staking? Panduan Lengkap untuk Pemula

Berikut ini adalah cara staking di staking pool dan keuntungannya.

Cara Umum Staking di Staking Pools

Pilih Staking Pool

Hal pertama adalah pilih layanan staking pools, pilih yang menurut kamu  paling mudah digunakan dan sesuai dengan keinginan. 

Ada banyak layanan staking pool yang tersedia, lakukan riset yang cukup mengenai staking pools yang akan Anda gunakan. Berbagai pilihan layanan staking dapat kamu temukan di situs Stakingrewards.com

Pilih Koin Staking

Setelah menentukan layanan yang digunakan, saatnya memilih aset crypto yang ingin kamu kunci atau  pertaruhkan. Setiap aset memiliki jumlah return yang berbeda, pun dengan jumlah minimal yang harus dikunci.  

Lakukan riset untuk mengetahui aset crypto mana yang cocok dengan target keuntungan yang ingin  kamu dapatkan. . 

Perlu diingat aset yang bisa di stake adalah aset crypto dengan mekanisme Proof of Stake sehingga kamu tidak akan menemukan pilihan Bitcoin sebagai pilihan untuk staking karena mekanismenya adalah Proof of Work.

Periksa Wallet

Setelah menentukan kedua hal tersebut, periksa wallet yang dibutuhkan untuk melakukan proses staking. Sebab, tidak semua aset crypto yang bisa di pertaruhkan dapat menggunakan wallet yang sama. Biasanya di tiap layanan staking akan diberikan informasi dan pilihan mengenai wallet yang kompatibel.

Baca juga: 11 Bitcoin Wallet yang Aman dan Gratis

Mulai Staking!

Setelah semua siap, kamu tinggal mengikuti instruksi yang ada website staking pools dan mendepositkan sejumlah aset untuk di stake. 

Di artikel ini akan diberi satu contoh stake aset crypto mudah di staking pools Everstake.

Cara Staking di Everstake

1.Buka Website Everstake

Di website  ini kamu bisa mencari tahu lebih dalam mengenai layanan staking Everstake Jika sudah, kamu  bisa memilih koin yang ingin di staking dengan klik stake now.

2. Klik aset yang ingin dipertaruhkan

Di contoh kali ini, aset yang dipertaruhkan adalah Tezos (XTZ) klik stake now.

3.Delegasi XTZ dengan Everstake

Selanjutnya, kamu akan dialihkan ke tampilan berikut ini, di everstake kamu bisa melakukan delegasi Tezos dan everstake akan berperan sebagai baker yang akan membantu memvalidasi koin tezos yang kamu kunci.

4.Pilih Wallet

Di Everstake ada wallet yang bisa dipilin untuk proses delegasi, adas Atomex Wallet. Kukai. Thanos, Galleon., Ledger Live. Exodus dan Trust Wallet. Di artikel kali ini akan digunakan Exodus wallet yang dapat kamu unduh melalui Playstore atau App Store.

5.Catat kode unik yang Dihasilkan

Setelah kamu mengunduh dan menginstal wallet exodus, tuliskan frase seed  atau kode unik yang akan dihasilkan selama pengaturan wallet. Simpan kode unik tersebut dengan aman agar tidak digunakan sembarangan oleh orang lain tanpa izin. Perhatikan, bahwa kamu akan mendapatkan rata-rata pengembalian tahunan 5%, dan dompet Exodus secara otomatis akan memilih Everstake sebagai baker utama kamu.

Dari tampilan tersebut scroll hingga menemukan add more, kemudian tambahkan Tezos  atau XTZ untuk ditampilkan di menu wallet exodus kamu. Jika sudah ditambahkan kembali ke menu utama, kemudian klik ikom wallet di sudut kiri bawah.

6.Klik Tezos

Di menu utama klik aset digital Tezos dan kamu akan dialihkan ke menu saldo dan operasional. Kemudian klik ikon roda gigi (pengaturan) di sudut kanan atas layar.

7. Klik Start Staking

Jika sudah kamu akan dialihkan ke halaman staking Tezos, kemudian klik tanda Start Staking. Jika sudah maka XTZ akan distake dalam hitungan detik.

8. Staking Sukses

Staking selesai, kamu bisa memberikan operasional staking dan saldo di halaman operasi dan salo Tezos. Perlu diingat jika reward atau imbalan pertama kamu dari staking di everstake menggunakan exodus ini akan diterima dalam 32 hari. Selama proses ini kamu diperbolehkan untuk membatalkan proses staking.

Cara satking di Everstake menggunakan wallet Exodus dapat kamu temukan kembali di sini

Keuntungan Menggunakan Staking Pool

Staking pool menghilangkan semua kerumitan yang berkaitan dengan staking dengan menangani detail teknis proof of stake. Kemudian, penghasilan lebih stabil dan lebih dapat diprediksi.

Staking dengan jumlah koin yang lebih kecil kemungkinan akan mendapatkan keuntungan yang kecil pula, begitu pula sebaliknya.  Staking pool juga memudahkan pemula untuk mendapatkan keuntungan dari aset crypto selain melakukan trading. 

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan staking pool, selalu lakukan riset yang mendalam mengenai layanan yang kamu pilih dan gunakan. Hal ini agar kamu   bisa mempertaruhkan aset di tempat yang tepat, aman dan menghindari kerugian.