Cara Mining Bitcoin untuk Pemula

Dhila Rizqia     Wednesday, January 8 2020

Bila Anda merupakan pemula yang ingin menambang bitcoin atau mining bitcoin. Artikel ini akan menunjukkan panduan lengkap cara mining bitcoin untuk Pemula.

Bitcoin merupakan mata uang kripto yang sudah menjadi sangat populer di Indonesia terutama dengan dipengaruhi penggunaan sosial media. Saat ini minat beli masyarakat kian meningkat, alasannya adalah mereka tertarik pada harga Bitcoin yang saat ini melebihi Rp100,000,000.

Mungkin banyak dari Anda sudah tidak asing dengan kata Mining bitcoin, yaitu sebuah kegiatan untuk menambang Bitcoin.

Cara Merakit PC untuk Solo Mining

Cara Merakit PC untuk Solo Mining

Pada umumnya, orang yang ingin merakit PC untuk mining mengeluarkan biaya minimal belasan juta untuk benar benar menghasilkan keuntungan besar.Tetapi bagi kalian yang baru pemula, terutama belum bekerja dan masih kuliah yang ditanggung orang tua.

Terutama jaringan bitcoin dengan tingkat kesulitannya untuk ditambang yang semakin meningkat, tentunya nilai ini sangat berat dan harus menabung berbulan-bulan agar keinginan tercapai.

Bagaimana solusi agar pembuatan PC mining cepat tercapai? Tentunya dengan menyicil hardware, jalankan terlebih dahulu penambangan dengan spesifikasi rendah. Apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara mining bitcoin dengan merakit PC? Berikut penjelasan cara mining bitcoin mudah untuk pemula:

1. Memilih alat-alat komputer untuk mining

Pilihlah perangkat komputer yang dapat mengurangi biaya listrik ketika menambang dan juga dapat memaksimalkan pendapatan tambang bitcoin relatif dengan biaya listrik. Sehingga biaya yang dikeluarkan sedikit untuk mendapatkan bitcoin dan keuntungan maksimal.

2. Motherboard

Khusus untuk menambang bitcoin, cari motherboard yang menyediakan multi slot PCI-E. Ada banyak merek yang bisa disesuaikan dengan budget, semakin banyak slot PCI-E maka harganya juga semakin mahal. Untuk perdana, bisa dengan memilih 2 slot PCI-E untuk spesifikasi rendah.

Bila mau spesifikasi lebih tinggi Anda memerlukan motherboard yang paling sedikit memiliki 6 slot PCle untuk mengakomodasi GPU-GPU Anda.

3. Prosesor / CPU

CPU tidak begitu penting untuk penambangan Bitcoin hanya GPU yang bekerja sedangkan CPU tidak. Prosesor yang disarankan setidaknya i5 ataupun i7. Semakin tinggi core yang dimiliki, penambangan Altcoin bisa sangat membantu di spek rendah.

Baca juga : Cara Memilih Mining Pool Terbaik Untuk GPU Dan CPU

4. Hard Drive

Hard drive ini digunakan untuk menjalankan sistem operasi dan penyimpanan data. Jika Anda memulai solo mining, maka penyimpanan blockchain akan memerlukan space yang besar. Minimal sediakan hard drive 250 GB, ini sudah lebih dari cukup.

Atau bisa juga gunakan solid state drive yang hampir sama dengan hard drive tetapi SSD lebih cepat dan aman. Disarankan 60 GB – 120 GB sudah cukup untuk mining rig Anda.

5. RAM

Dalam penambangan tidak dibutuhkan RAM, tetapi sebaiknya persiapkan RAM 4 GB, seperti Team Elite 4GB DDR4 PC2400. Nilai inipun tidak mempengaruhi hasil penambangan, hanya saja masih dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi dan program mining.

6. Power Supply

Jika akan memuali penambangan dengan spek rendah untuk altcoin, cukup siapkan PSU dibawah 700W seperti Thermaltake TR2 S 700W. Tetapi jika menggunakan lebih dari 2 kartu grafis, siapkan PSU 1000W atau lebih dari nilai ini. Semakin banyak menggunakan kartu grafis, daya yang dibutuhkan semakin besar.

7. Kartu Grafis

Jika Anda ingin memulai dari spek rendah, cukup gunakan 2 kartu grafis yang ada pada motherboard. Kartu grafis bisa menggunakan R7900, GTX1060 6GB GDDR5.

Untuk spesifikasi yang lebih tinggi ada 2 Graphic Processing Unit atau GPU yang bagus untuk menambang cryptocurrency yaitu NVDIA dan AMD.

Bila ingin membeli NVDIA, disarankan untuk membeli GE FORCE 1070/1080, kedua GPU ini energy efficient tetapi tidak terlalu bagus kalau dibandingkan dengan AMD Radeon 470/480,570,580. 

8. Kipas Pendingin

Cari fan prosesor yang tangguh dan kipas tambahan untuk membantu sirkulasi udara agar tidak panas. Fan prosesor sangat diperlukan dalam penambangan altcoin dengan spek rendah, prosesor juga ikut digunakan. Meletakkan CPU di ruangan ber-AC juga salah satu cara untuk membantu dan mengurangi penggunaan kipas.

Baca juga : Mau Mining Bitcoin? Baca dulu artikel ini sebelum kamu Memilih Mining Pool

9. Software untuk Mining

Software untuk mining Bitcoin

  • bitcoin miner
  • BTC miner
  • easy miner
  • CG miner
  • BFG miner

Software untuk mining Ethereum

  • Ethminer
  • Geth

Baca juga : Panduan Main Cloud Mining untuk Pemula

Cloud Mining

Cloud Mining

Cloud mining adalah proses pembelian CPU power dari data center yang menggunakan perlengkapan untuk melakukan aktivitas mining cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) atau altcoins lain yang bisa ditukarkan menjadi bitcoin. ini adalah alternatif cara mining bitcoin.

Keuntungan dari pendekatan ini adalah Anda tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam mengenai hardware mining, ataupun membeli peralatan mahal dan tidak terjangkau. Menyewa ‘hash power‘ (terkadang terukur dalam Gigahertz per detik atau GH/s) juga berarti tidak perlu berhubungan dengan panas dan bising dalam project mining DIY.

Kebanyakan dari perusahaan ini memiliki peralatan sendiri atau membuatnya dengan biaya rendah dan menempatkan data center mereka di negara seperti Islandia dan Tiongkok di mana biaya listrik lebih murah, penghematan untuk Anda.

Baca juga : Cloud Mining Bitcoin Gratis tanpa Deposit

Berikut beberapa contoh provider cloud mining

CryptoTab

Prinsip aplikasi ini adalah ‘mendapatkan Bitcoin saat menggunakan browser Google Chrome’. Konsep inilah yang dijadikan positioning CryptoTab.

Genesis Mining

Sebagai yang paling lama berdiri (2013) dan memiliki cloud mining center terbesar, sepertinya Genesis pilihan terbaik untuk mulai mining bitcoin.

Website mereka menawarkan live feed dari beberapa data center yang berbasis di Islandia, negara yang menyediakan listrik tenaga panas bumi dengan biaya rendah.

Baca juga : Ini 6 Provider Bagi Bitcoin Cloud Mining Terbaik

Hashnet

Hashnet diluncurkan pada 2014 oleh Bitmain, sebuah produsen hardware mining ASIC yang terkenal di dunia. Bitmain juga mengoperasikan mining pool terbesar: Antpool.

Bila hasil menambang bitcoin sudah didapatkan, jangan lupa untuk mengamankan menggunakan dompet bitcoin atau bitcoin wallet. Untuk menjual atau mencairkannya menjadi Rupiah, Bitcoin dapat ditransfer ke akun exchange crypto favorit Anda dan lakukan penjualan serta withdraw ke rekening bank Anda.

Baca juga : Aplikasi mining bitcoin android terbaik

Poin Penting
  • 👩‍💻 Bagaimana cara mining bitcoin ?

    Mining bitcoin bisa dilakukan solo dengan merakit perangkat mining, bergabung mining pool, dan cloud mining.

  • 🔍 Apa itu mining Bitcoin ?

    Mining merupakan kegiatan menambang mata uang kripto (cryptocurrency)

  • ☁️ Apakah bisa cloud mining bitcoin ?

    Sudah jarang provider cloud mining yang menawarkan Bitcoin karena tingkat kesulitannya yang terus meningkat. Tapi bisa mining altcoin lalu konversi ke bitcoin.

  • 💎 Apakah mining bitcoin solo menguntungkan ?

    Bila perangkat yang dimiliki perangkat sederhana maka keuntungan yang diperoleh lebih sedikit dibanding biaya listrik yang dikeluarkan, karena bersaing dengan mining farm besar dengan kemampuan komputasi yang lebih canggih.

  • 💻 Apa saja software untuk mining Bitcoin ?

    Bitcoin miner, BTC miner, Easy miner, CG miner, BFG miner

  • 💻 Apa saja software untuk mining Etherum ?

    Ethminer, Geth

  • 💸 Apa saja provider cloud mining terbaik ?

    Provider cloud mining yang populer adalah genesis mining, hashnet, dll. Baca juga 6 Provider Bagi Bitcoin Cloud Mining Terbaik .

Dapat rahasia mining Bitcoin 💡
Artikel Terkait

 Lihat Lebih