Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Cara Mengatasi Cold Wallet Hilang Atau Rusak

Naufal Muhammad     Wednesday, February 24 2021

Cold wallet, adalah sebuah dompet nyata dengan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan mata uang crypto.

Cold wallet memiliki beberapa jenis, namun akibat menggunakan perangkat keras, dompet ini selalu tidak luput dari kehilangan atau kerusakan.

Dalam artikel ini Coinvestasi akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi cold wallet seperti Trezor, Ledger, dan lainnya yang hilang atau rusak.

Cara Mengatasi Cold Wallet yang Rusak

Semua isi dari dompet yang rusak dapat diambil kembali selama pemilik mengingat kode 12, 18, atau 24 kata yang digunakan.

Semua mata uang crypto walau berada di dompet tersebut tetap berada di jaringan blockchain.

Yang terpenting adalah dompet tersebut juga menyimpan kata pengaman atau recovery seed yang menjadi hal utama untuk pengembalian dompet.

Jika dompet rusak, recovery seed tersebut dapat dipindahkan kepada dompet baru lainnya.

Setelah itu semua kepemilikan crypto termasuk data transaksi akan kembali kepada pemilik.

Baca juga: Apa itu Dompet Digital Bitcoin dan Crypto? Panduan Pemula

Untuk kasus dompet rusak, risiko bahwa recovery seed diretas menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah dikembalikan.

Beberapa dompet dari Ledger dan Trezor memiliki garansi untuk mendapatkan pengganti jika rusak, namun harus dari pedagang resmi.

Apa bila memilih untuk mendapatkan pengganti baru, pemilik wajib segera memindahkan recovery seed ke dompet baru dan semua kembali seperti awal.

Cara Mengatasi Cold Wallet yang Hilang

Jika dompet hilang, terdapat dua langkah utama yang harus dilakukan, dimana secara garis besar sama dengan jika dompet rusak.

Langkah pertama adalah membeli cold wallet baru untuk mengembalikan semua mata uang crypto yang dimiliki.

Langkah kedua adalah memindahkan 12, 18, atau 24 recovery seed kepada dompet perangkat lunak untuk mengamankan aset di perangkat lunak tersebut.

Baca juga: 14 Dompet Bitcoin Wallet Indonesia Terpercaya

Langkah ini dilakukan untuk mengamankan dana crypto yang dimiliki jika kejadian yang sama terulang kembali.

Terdapat risiko peretasan yang sangat kecil jika dompet hilang akibat recovery seed yang hanya dimiliki oleh pemilik dompet tersebut.

Meningkatkan Keamanan

Menurut Crypto Merchant, mata uang crypto dapat disimpan pada dua cold wallet sekaligus untuk menjaga keamanan terutama dengan dompet Trezor dan Ledger.

Selain itu, untuk mengamankan dari risiko peretasan dan jika hanya memiliki satu cold wallet, pemilik dapat memindahkan recovery seed ke perangkat lunak.

Kemudian, recovery seed tersebut dapat digunakan untuk memindahkan mata uang crypto yang dimiliki ke dompet lain dengan recovery seed lainnya.

Baca juga: 9 Tips Memilih Bitcoin Wallet (Dompet Bitcoin) Terbaik

Untuk melakukan hal tersebut, wajib dipastikan bahwa dompet perangkat lunak tersebut cocok dengan mata uang crypto yang akan dikirim.

Exodus dan Jaxx dapat dijadikan sebagai tujuan hot wallet atau dompet perangkat lunak karena mendukung pemindahan beberapa mata uang crypto.

Umumnya, saat hilang, kemungkinan peretasan sangat kecil sehingga aman untuk menunggu cold wallet baru.

Satu hal lain yang dapat dilakukan untuk menambahkan keamanan adalah dengan memindahkan mata uang crypto dan memperbaharui recovery seed.

Semua dapat dilakukan walau hanya memiliki satu cold wallet. Perlu diingat bahwa cara pemindahan tersebut berbeda untuk masing-masing cold wallet.

Sehingga artikel selengkapnya dapat dibaca di sini untuk cara memindahkan beberapa cold wallet seperti Trezor Model T, Trezor One, dan Ledger Nano S.