Cara Membuat Wallet Bitcoin Mudah dan Gratis

By Felita Setiawan     Friday, February 1 2019

Cara membuat wallet Bitcoin mudah dan gratis. Tidak seperti uang kertas yang memiliki bentuk fisik dan dapat dipegang, Bitcoin adalah satu bentuk mata uang digital yang tidak memiliki bentuk fisik. Hal ini membuat Bitcoin tidak dapat dapat disimpan secara fisik di mana-mana. Pengertian digital wallet sendiri adalah sebuah software yang menyimpan private dan public key dan berbasis Blockchain untuk memungkinkan pengguna mata uang digital menerima dan mengirim Bitcoin, serta memantau saldo mereka. Jika kamu adalah pemula dalam cryptocurrency, maka kamu harus mempunyai digital wallet. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat wallet Bitcoin di situs wallet Bitcoin online terpopuler Blockchain.com.

  1. Kunjungi Situs Blockchain.com

cara buat wallet bitcoin

  1. Klik tombol Buat Dompet Anda

cara buat wallet bitcoin

  1. Masukkan Email Anda yang Aktif dan Password yang Ingin Anda Gunakan

cara buat wallet bitcoin

  1. Wallet Bitcoin Anda Sudah Jadi

Anda sudah memiliki wallet Bitcoin Anda sendiri sekarang. Wallet digital ini dapat Anda gunakan untuk menerima berbagai jenis cryptocurrency, namun perlu diperhatikan bahwa setiap address/alamat biasanya bersifat spesifik hanya untuk satu jenis cryptocurrency saja.

  1. Kirim dan Terima Bitcoin

Setelah memiliki wallet Bitcoin, Anda sudah dapat menerima dan mengirim Bitcoin dari sesama pengguna. Ketika Anda ingin menerima Bitcoin dari orang lain, Anda dapat mengklik tombol Request dan sistem Blockchain akan memberikan Anda sebuah address yang dapat Anda berikan kepada orang lain yang ingin mengirim Bitcoin kepada Anda.
Begitupun jika Anda ingin mengirimkan Bitcoin. Klik tombol Send lalu masukkan address penerima Bitcoin dan masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda kirimkan. Setiap proses pengiriman ini akan dienkripsi oleh sistem yang mengidentifikasi bahwa transaksi ini dilakukan oleh Anda.

  1. Amankan Wallet Bitcoin Anda

Keamanan wallet Bitcoin Anda juga harus tetap dijaga. Anda dapat mengamankannya dengan beberapa cara, seperti memverifikasi alamat email Anda, menggunakan 2 Factor Authentication atau 2FA, dan juga mencatat Backup Phrase. Backup Phrase ini merupakan 12 kata pendek yang berurutan dan berguna untuk memulihkan akun wallet Anda jika Anda kehilangan informasi untuk melakukan login dan berguna untuk mendapatkan kembali akses ke dalam Bitcoin atau aset digital Anda. Backup Phrase ini wajib Anda catat dan disimpan secara offline.

Baca Juga: Cara Trading Bitcoin