Cara Main Bitcoin dalam 5 Langkah

By Felita Setiawan     Tuesday, January 22 2019

Kapan waktu yang tepat untuk bermain Bitcoin?

Jawabannya adalah sekarang! Kenapa? Karena ketika harga Bitcoin naik, maka akan banyak investor yang akan datang. Seperti pertengahan Mei 2019 ini di mana harga 1 Bitcoin sempat kembali menyentuh harga 120 juta Rupiah setelah sebelumnya sempat dip di harga 37 juta Rupiah. Yuk simak cara main Bitcoin dengan mudah!

Lalu, bagaimanakah cara bermain Bitcoin?

Bagi yang baru mengenal BTC, pasti bingung cara bermain Bitcoin. Tenang, kamu bukan satu-satunya yang bingung kok. Ada banyak cara kerja bermain BTC, simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Daftar Exchange

Kamu harus melakukan registrasi pada sebuah platform exchange (bursa). Kalau kamu masih bingung exchange Bitcoin Indonesia mana yang cocok buat kamu, silahkan kunjungi artikel ini untuk mencerahkan pikiran-mu Komparasi Bitcoin dan Crypto Exchange Lokal .

Setelah registrasi, kamu diharuskan melakukan proses KYC atau Know Your Customer. Dalam proses ini, kamu harus meng-upload foto KTP dan juga foto pribadi kamu. Proses ini dibutuhkan adalah salah satu cara mengamankan akun dan menghindari adanya penipuan atau akun-akun fiktif. Setelah meng-upload dokumen-dokumen yang diperlukan, akun kamu akan diverifikasi dalam waktu 1×24 jam oleh platform exchange.

  1. Beli Bitcoin

Cara apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan untung menggunakan BTC? Salah satu cara supaya mendapatkan keuntungan, lakukan pembelian Bitcoin di harga yang rendah. Keuntungan bisa di dapatkan ketika kamu membeli Bitcoin di harga rendah, kemudian menjual Bitcoin saat harganya sedang naik. Nah, untuk lebih jelas lagi, kamu bisa baca artikel Cara Beli Bitcoin Mudah Untuk Pemula

  1. Trading Bitcoin

Untuk menganalisa dan menebak harga BTC, diperlukan beberapa strategi cara trading Bitcoin, berikut cara-cara trading yang bisa kamu lakukan:

  • Hodl – Setelah kamu membeli Bitcoin, kamu bisa menyimpan BTC sebagai investasi jangka panjang atau yang biasa disebut dengan Hodl
  • Day Trading – Ketika kamu melakukan jual-beli Bitcoin dalam hari yang sama. Kamu harus mengawasi pergerakan harga BTC agar bisa mengetahu kapan saat yang tepat untuk membeli dan menjual Bitcoin.
  • Pump and Dump – Kamu bisa membeli BTC dengan jumlah yang sangat banyak untuk mempengaruhi harga Bitcoin dan menjualnya ketika harganya sudah naik. Biasanya para whales yang menggunakan metode ini
    1. Jual Bitcoin

    Bingung karena isi dompet Bitcoin mu sudah kebanyakan? Mungkin ini saat yang tepat untuk jual BTC milikmu. Tapi, gimana ya cara jual Bitcoin? Langkah paling mudah adalah jual Bitcoin di exchange favorit kamu. Baca artikel ini untuk tips-tips menjual BTC Cara Menjual Bitcoin Untuk Pemula. Untuk memastikan Bitcoin mu sudah terjual, kamu bisa melihat dashboard di platform exchange pilihanmu dan lihat menu wallet.

    1. Bitcoin Gratis

    Siapa yang suka gratisan? Percaya atau enggak, kamu bisa dapetin BTC secara gratis lho. Tapi, kamu harus hati-hati terhadap scam ya! Ini dia 15 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis

    Selain itu, kita juga bisa bermain Bitcoin dengan cara menambangnya. Mining Bitcoin dilakukan dengan menyelesaikan satu persoalan matematika dan setiap soal yang berhasil diselesaikan akan dihadiahkan sejumlah Bitcoin. Setiap transaksi Bitcoin membutuhkan validasi, dan miner adalah validator dari setiap transaksi Bitcoin ini. Ketika satu transaksi dilakukan, akan muncul sebuah blok baru dalam rantai Blockchain Bitcoin.