Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Cara Jual Beli Crypto di FTX

Naufal Muhammad     Tuesday, March 23 2021

FTX merupakan salah satu bursa perdagangan yang menyediakan beberapa jasa perdagangan mulai dari crypto, saham, bahkan uang fiat atau forex.

Bursa ini menjadi salah satu rekomendasi untuk trader awam dan juga trader handal akibat kelengkapannya dalam memberikan pilihan aset.

Hingga saat ini, volume perdagangan dalam bursa FTX secara keseluruhan sudah mencapai $252,9 Miliar atau sekitar Rp3.641,2 Triliun dalam 30 hari terakhir.

Data tersebut diambil dari situs resmi FTX yang juga menandakan bahwa ketertarikan terhadap bursa tersebut sangat besar dan masih terus meningkat.

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika trader masih belum menggunakan bursa ini, karena keuntungan yang dapat dirasakan.

Dalam artikel ini, Coinvestasi akan membantu menjelaskan cara melakukan jual beli crypto dalam pasar spot dengan menggunakan FTX untuk menjadi langkah awal ke bursa ini.

1. Log In

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Log In atau masuk ke akun FTX yang sudah dimiliki. Jika belum memiliki, kalian dapat menekan tombol “Daftar Sekarang” di bawah ini.

Trading Bitcoin Daftar di FTX
Log In dan jual beli dapat dilakukan melalui situs resmi FTX di FTX.com atau melalui aplikasi FTX di handphone.

Baca juga: Cara Daftar dan Verifikasi di Bursa FTX

2. Deposit

Setelah melakukan Log In, pastikan terdapat dana pada akun FTX kalian. Jika belum ada dana, pastikan kalian melakukan deposit terlebih dahulu.

Deposit FTX dapat dilakukan melalui bursa lokal dengan Dolar Amerika atau mata uang crypto. Untuk Deposit dengan uang fiat dapat dilakukan di situs resmi FTX

Untuk mengetahui cara lengkap deposit, kalian dapat membaca artikel di sini.

3. Pilih Market Spot

Langkah berikutnya adalah memilih kolom spot untuk melakukan jual beli crypto di pasar spot agar yang ditransaksikan adalah aset crypto nyata dan bukan derivatifnya.

Caranya, pertama kalian dapat memilih kolom “Market” dalam aplikasi FTX. Setelah itu, pilih kolom “Spot” seperti yang tertera pada gambar di bawah.

548971

4. Pilih Mata Uang Crypto

Setelah itu kalian bisa pilih mata uang crypto yang ingin kalian beli. Cara termudahnya adalah menggunakan kolom “Search” untuk langsung menulis mata uang crypto yang ingin dibeli.

548972

Dalam artikel ini, contoh yang akan digunakan adalah Uniswap dengan nama Tokennya yaitu UNI yang disandingkan dengan Dolar Amerika atau USD.

5. Membeli Crypto

Langkah berikutnya adalah menekan tulisan pasangan mata uang crypto yang ingin dibeli. Dalam artikel ini karena menggunakan UNI terhadap USD, maka akan ditekan tulisan UNI/USD.

Dari sana kalian akan langsung dialihkan ke kolom “Trade” dimana kalian dapat menentukan beberapa hal sebelum melakukan pembelian.

Pertama kalian akan menentukan jenis transaksi yaitu “Buy” (Beli) atau “Sell” (Jual). Karena baru akan melakukan pembelian, kalian dapat memilih tulisan “Buy” dengan menekannya.

Kedua, kalian dapat menentukan jenis transaksi dengan menekan tulisan pada kolom seperti pada gambar di bawah.

548973

Dari sana kalian akan diberikan beberapa pilihan jenis transaksi dari Limit order, Market order, Stop market, Stop limit, Trailing stop, Take profit, dan Take profit limit.

548974

Perbedaan transaksi tersebut adalah, Market order digunakan untuk transaksi dengan harga pasar saat itu juga.

Jenis transaksi lainnya, digunakan untuk harga yang ditentukan secara pribadi sebagai target, sehingga transaksi tidak langsung terjadi secara instan.

Setelah kalian memilih, kalian dapat menuliskan jumlah crypto yang ingin kalian beli atau USD yang ingin kalian keluarkan untuk membeli crypto tersebut.

Kemudian, kalian dapat menekan tulisan “Buy” seperti pada gambar di bawah untuk melakukan konfirmasi pembelian.

548975

Setelah melakukan pembelian, crypto kalian akan terlihat di kolom “Balances” dan tersimpan secara aman di “Wallet” FTX kalian.

548976

6. Menjual Crypto

Jika setelah itu kalian ingin menjual, kalian dapat pindah ke kolom “Wallet” seperti pada gambar di bawah.

548978

Setelah menekan tulisan “Wallet”, kalian dapat menggunakan kolom “Search” untuk mencari crypto yang kalian miliki dan ingin dijual seperti gambar di atas.

Kemudian, setelah menemukan crypto yang kalian pilih, tekan tulisan crypto tersebut. Akan keluar pilihan Trade atau Convert.

548979

Jika kalian memilih tombol Trade, kalian akan kembali di arahkan ke kolom “Trade”. Di sana kalian dapat menjual crypto yang dimiliki dengan memilih jenis transaksi dan menekan “Sell”.

548980

Jika kalian memilih Convert, kalian dapat langsung mengubah crypto kalian ke USD dengan memilih USD di kolom “To Coin”.

548981

Selain itu kalian juga harus menuliskan jumlah crypto yang ingin ditukarkan. Jika ingin menukarkan semua, kalian dapat menekan tombol “Max” dan menekan “Convert”.

Setelah itu kalian sudah berhasil menjual crypto kalian dengan nilai transaksi saat menjual, yang bisa jadi lebih tinggi dari saat membeli.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi Channel Telegram resmi FTX Indonesia di sini.

*Disclaimer

Artikel ini bukan merupakan saran atau anjuran trading, ini hanya sekadar edukasi dan informasi bagi Anda yang ingin mengetahui dan memilih exchange legal di Indonesia. Seluruh kegiatan trading dan investasi harus dilakukan secara sadar, tanpa paksaan dan mengetahui segala risiko yang ada.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih