Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Cara-cara Menghindari Kerugian dari FUD di Pasar Crypto

Naufal Muhammad     Friday, January 22 2021

Investasi dan trading, terutama di dunia crypto tidak hanya memerlukan kemampuan analisis teknikal dan fundamental. Salah satu aspek penting yang sering kali dilupakan adalah aspek psikologis yang berperan besar, bahkan terkadang lebih besar dari aspek lainnya.

Mengenal Istilah FUD

Istilah FUD tidak luput dari dunia investasi dan trading terutama di pasar crypto. Hal ini disebabkan pasar crypto memiliki volatilitas yang cukup tinggi yang terkadang membuat kondisi psikologis investor atau trader tertantang.

Baca juga: Film ‘Crypto’ Apakah Hanya Akan Menyebarkan FUD?

FUD adalah singkatan dai Fear, Uncertainty, dan Doubt yang berarti ketakutan, ketidakpastian, dan kekhawatiran.

Sering kali, istilah ini digunakan untuk mengekspresikan persepsi negatif akibat beberapa hal terhadap suatu mata uang crypto.

Beberapa hal yang umumnya menjadi penyebab FUD di pasar crypto adalah kabar target suatu kejadian yang tidak sesuai jadwal, kerja sama yang tertunda atau gagal, berita atau rumor palsu dan negatif,  analisis teknikal yang rancu, dan masih banyak hal lain.

Umumnya istilah ini akan dikaitkan dengan persepsi menggiring opini akibat umumnya kosa kata FUD keluar saat ada yang menyebar sentimen negatif. Saat sentimen negatif tersebut disebar, sering kali banyak orang yang terpengaruh sehingga memiliki persepsi negatif yang sama.

Dampak dari FUD

Kondisi ini dikenal sebagai tebar FUD atau menebar kekhawatiran terhadap suatu aset.

Sifat ini umumnya dianggap negatif karena dapat memengaruhi psikologis pihak lain dan membuatnya menjual aset kepemilikannya karena ketakutan terhadap harga.

FUD sendiri dapat berujung pada turunnya harga suatu aset yang disebabkan adanya kekhawatiran yang dilebih-lebihkan dan akhirnya berujung pada tekanan jual yang kuat. Salah satu contoh nyatanya adalah koreksi Bitcoin kemarin.

Baca juga: Harga Bitcoin Jatuh 15% dalam Satu Hari, Akibat Kesalahan Teknis

Adanya kabar mengenai transaksi ganda atau double spending pada blockchain Bitcoin disinyalir telah membuat mayoritas pasar khawatir walau transaksinya hanya $21 atau hampir Rp300.000.

Kabar ini terlihat dibesar-besarkan sehingga membawa FUD pada psikologis mayoritas trader dan investor terutama yang masih awam. Hasilnya akibat kekhawatiran yang dibesar-besarkan terjadi tekanan jual yang cukup besar yang membawa Bitcoin jatuh ke sekitar $30.000

Beberapa Cara Menghindari FUD

Penggiringan opini ini sangat berbahaya karena dapat menciptakan kekhawatiran dan berujung pada ketidakseimbangan pasar.

Hal ini disebabkan jika semua orang memiliki psikologis yang tidak kuat, satu opini negatif saja bisa membuat semua orang khawatir.

Hasilnya dapat berujung semua orang melakukan penjualan dan tidak ada yang berani membeli sehingga keseimbangan pasar terganggu.

Namun jangan khawatir FUD dapat dihindari dengan mengikuti beberapa cara diantara adalah dari sisi psikologis dan sisi teknis.

Sisi Psikologis

  • Percaya dan Kuatkan Kondisi Psikologis

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan percaya diri dan menguatkan kondisi psikologis. Dengan menguatkan kondisi psikologis yang umumnya dirusak oleh kekhawatiran dan asumsi, FUD tidak akan berpengaruh secara signifikan.

Umumnya FUD dapat mempengaruhi jika seorang individu tidak percaya diri dan mudah untuk dipengaruhi. Sehingga cara yang paling tepat juga selain percaya dan menenangkan diri terhadap realita, investor dan trader dapat menganalisis penyebab FUD seara logika.

  • Analisis Secara Logika

Sangat sering bahwa media dan individu memanfaatkan emosional dari individu lainnya untuk membuat tertarik terhadap kabar yang dibawanya. Hal ini disebabkan saat manusia melihat secara emosional, sering kali keputusan yang dilakukan akan terjadi secara tergesa-gesa yang sering merugikan.

Oleh karena itu, saat mendapat kabar yang berpotensi menyebabkan FUD ada baiknya individu menganalisis kabar tersebut secara logika. Caranya adalah bertanya kepada diri sendiri mengenai kabar yang diterima agar dapat berpikir lebih dalam.

Baca juga: Mau Trading Nyaman dan Tenang? Ikuti Langkah Psikologi Trading Ini

Beberapa hal yang dapat ditanyakan kepada diri sendiri adalah “apakah kabar ini benar?”, “apakah benar akan terjadi dalam waktu dekat?”, “apakah benar akan mempengaruhi secara signifikan?”, dan beberapa pertanyaan lainnya yang akan membuat adanya dorongan pencarian fakta dan analisis.

  • Disiplin dalam Analisis, Tujuan, dan Strategi Awal

Cara yang paling penting adalah tetap disiplin terhadap analisis pribadi serta tujuan dan strategi awal. Sering kali sifat herding behaviour muncul saat kedisplinan mulai luntur dari ingatan.

Baca juga: Cara Belajar Trading untuk Pemula

Kedisiplinan yang hilang dapat merugikan dana secara signifikan akibat strategi analisis, manajemen risiko, dan analisis teknikal mayoritas investor dan trader berbeda-beda.

Sering kali FUD menjadi penyebab sifat mengikuti orang lain yang dan menghilangkan kedisiplinan. Jika berlanjut, dampaknya akan sangat merugikan dalam perjalanan jangka panjang, terutama bagi pengguna leverage.

Sisi Teknis

  • Tidak Menyebar FUD

Satu hal yang akan mempermudah FUD untuk tidak terjadi adalah tidak menyebarkan FUD itu sendiri. Sering kali, FUD sendiri muncul akibat asumsi dimana saat ada berita atau rumor negatif, asumsi individu akan menjadikan hal tersebut sebagai pendorong harga untuk turun.

Jika FUD itu disebar dan banyak orang yang percaya, akan tercipta sifat herding behaviour atau sifat mengikuti yang lama kelamaan membuat kepercayaan itu dipercayai banyak orang. Sifat ini adalah naluri manusia menurut teori psikologi dan ekonomi sehingga memang akan sering terjadi.

Oleh karena itu, salah satu cara lain juga untuk memperkecil penyebaran FUD adalah untuk menganalisis pasar secara netral dengan beberapa sudut pandang dan tidak fokus menyebarkan hal negatif.

  • Siapkan Dana FUD

Langkah terakhir untuk para investor dan trader yang strateginya bergerak berdasarkan berita adalah menyiapkan dana khusus mengikuti FUD. Jika ada sebagian dana yang memang disiapkan untuk menghadapi kerugian FUD, individua kan merasa lebih tenang karena sudah ikhlas.

Saat semua hal ini sudah dilakukan kemungkinan besar investor dan trader akan lebih aman dari FUD. Jika semua sudah diterapkan kerugian yang berpotensi datang dari FUD kemungkinan akan berkurang dan kehidupan investor dan trader akan lebih tenang di pasar crypto.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih