Cara Beli Bitcoin Mudah untuk Pemula

By Felita Setiawan     Saturday, January 19 2019

Cara Beli Bitcoin Mudah untuk Pemula. Bitcoin akhir-akhir ini menuai banyak popularitas sebagai sebuah aset digital yang dapat diperdagangkan di Indonesia. Kemudian muncul banyak pertanyaan, “Bagaimana sih kalau ingin ikutan? Bagaimana cara beli bitcoin?” dan pertanyaan serupa. Bitcoin Indonesia memang belum sepopuler komoditas lainnya seperti emas ataupun saham. Namun, tidak ada salahnya bagi pemula yang ingin belajar lebih banyak mengenai Bitcoin dan mencoba melakukan trading.

Berikut adalah cara beli bitcoin yang mudah untuk pemula yang ingin memiliki Bitcoin atau aset kripto lainnya.

  1. Pilih Platform Exchange yang Tepat

Salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin di Indonesia selain menambang adalah dengan membelinya pada platform exchange. Platform exchange adalah sebuah platform di mana para penggunanya dapat membeli Bitcoin atau aset kripto lainnya sesuai dengan harga pasar yang sedang berlaku. Sudah banyak sekali platfrom exchange yang tersedia, baik di dalam maupun di luar negeri. Masing-masing platfrom exchange memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri, mulai dari trading fee dan withdrawal fee yang dikenakan, aset kripto yang tersedia, fitur trading yang ada, serta kemudahan mengoperasikannya.

Untuk melihat daftar platform exchange yang ada di Indonesia dan perbandingannya, Anda dapat melihat artikel Komparasi Exchange Lokal untuk mempelajarinya lebih lanjut.

  1. Registrasi dan Selesaikan Proses KYC

Setelah menentukan platform exchange mana yang akan Anda gunakan, selanjutnya Anda harus melakukan registrasi pada platform tersebut. Setelah registrasi, Anda diharuskan melakukan proses KYC atau Know Your Customer. Dalam proses ini, Anda harus meng-upload foto KTP dan juga foto pribadi Anda. Proses ini dibutuhkan agar menghindari adanya penipuan atau akun-akun fiktif. Setelah meng-upload dokumen-dokumen yang diperlukan, akun Anda akan diverifikasi dalam waktu 1×24 jam oleh platform exchange.

Panduan Terkait: Cara Beli Bitcoin di Indodax Cara Daftar di Tokocrypto via Smartphone

  1. Pilih Cara Pembayaran yang Sesuai

Sekarang setelah akun Anda terverifikasi, Anda telah siap membeli Bitcoin dengan mata uang Rupiah. Setiap exchange menyediakan fitur pembayaran yang berbeda-beda, namun pada umumnya Anda dapat melakukannya dengan rekening bank Anda melalui Bank Transfer. Anda dapat mentransfer uang Rupiah Anda ke dalam akun wallet atau dompet Anda di dalam exchange. Selain metode bank transfer, beberapa exchange juga menyediakan fitur pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Setelah mentransfer, nominal Rupiah yang Anda depositkan sudah bisa digunakan untuk membeli Bitcoin atau aset kripto lainnya. Biasanya proses deposit ini juga membutuhkan  waktu selama 1×24 jam untuk dapat diverifikasi oleh exchange.

  1. Beli Bitcoin

Setelah deposit Rupiah berhasil, Anda dapat memilih untuk membeli Bitcoin atau aset kripto lainnya. Nah bagaimana cara beli Bitcoin? Anda hanya perlu masuk ke dalam bursa dan pilih aset kripto yang ingin Anda beli. Anda dapat membeli jumlah Bitcoin sesuai dengan yang Anda inginkan. Harga pembelian yang dikenakan pun berbeda-beda sesuai dengan exchange yang digunakan.

Setelah berhasil melakukan pembelian, Anda dapat menyimpan Bitcoin tersebut di dalam wallet digital atau dompet bitcoin Anda. Untuk menyimpan Bitcoin atau aset kripto Anda di platform yang aman untuk menghindari adanya pencurian dan menjaga Bitcoin Anda tetap aman.

Anda Sudah Memiliki Bitcoin Sekarang!

Sekarang Anda sudah memiliki Bitcoin bisa melakukan trading atau jual/beli Bitcoin. Anda juga dapat menggunakan Bitcoin Anda untuk keperluan lain yang Anda inginkan seperti mengirimkannya kepada orang lain, atau membayarkan sesuatu dengan menggunakan Bitcoin.

Harga Bitcoin yang Fluktuatif

Harga Bitcoin yang fluktuatif dapat menjadi keuntungan atau kerugian bagi anda yang sudah memiliki Bitcoin. Untuk mengetahui harga BTC, beberapa trader melakukan analisis teknikal dengan beberapa metode. Bagi Anda pemula, ada baiknya untuk belajar menganalisis harga Bitcoin sehingga terhindar dari kerugian ketika BTC menurun.

*PERHATIAN Perdagangan Digital Asset merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga Digital Asset sangat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Harap menggunakan pertimbangan ekstra dalam membuat keputusan untuk membeli atau menjual Digital Asset. Coinvestasi tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.*

Baca Juga: Cara Jual Bitcoin

Point Penting

  • Bagaimana cara beli bitcoin?

    Daftarkan diri pada exchange kripto, beli bitcoin dengan cara market taker atau market maker

  • Apa yang harus disiapkan untuk beli bitcoin?

    Pastikan terdaftar pada exchange kripto, memiliki wallet bitcoin serta saldo rupiah untuk membeli bitcoin

  • Berapa modal untuk beli bitcoin?

    Modal yang dibutuhkan setidaknya 50ribu rupiah dibutuhkan untuk deposito pada exchange kripto