Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Cara Jual Beli Bitcoin di Upbit Indonesia

Felita Setiawan     Monday, January 27 2020

Upbit Indonesia, tempat jual beli Bitcoin dan aset kripto asal Korea Selatan, turut meramaikan pasar exchange lokal Indonesia sejak Januari 2019. Upbit Indonesia berkembang sangat pesat dengan banyaknya jenis aset kripto yang tesedia di dalam platform exchange. Berikut akan dibahas bagaimana cara jual beli Bitcoin di Upbit Indonesia.

Registrasi

Sebelum melakukan jual beli, Anda harus memiliki akun di Upbit Indonesia terlebih dahulu. Anda hanya perlu mendaftar di platform Upbit.

Mulai trading Bitcoin di Upbit sekarang 💰

1. Upbit sudah memiliki aplikasi mobile yang bisa didownload di AppStore (untuk pengguna Apple) dan PlayStore (untuk pengguna Android).

upbit registrasi 1
Aplikasi Mobile Upbit

2. Setelah mendownload, buka aplikasi kemudian pilih Sign Up. Masukkan informasi yang diminta. Kemudian pilih Sign Up.

upbit registrasi 2 1
Sign Up

3. Anda akan menerima email di email yang Anda daftarkan untuk memverifikasi email. Buka email Anda dan klik tombol verifikasi.

upbit registrasi 3 1
Verifikasi Email

4. Kini akun email Anda sudah terverfikasi.

Verifikasi KYC

Setelah registrasi, kini Anda sudah bisa login ke dalam akun Upbit Anda. Masukkan email dan password Anda dan Anda akan tiba di dashboard Upbit seperti pada gambar di bawah.

Selanjutnya, silakan melakukan KYC. KYC menjadi syarat wajib untuk Anda yang ingin melakukan penarikan dana dari akun Upbit.

1. Pilih settings, lalu pilih Security

upbit kyc 1
KYC

2. Klik Verify Identity di bagian Level 2 Identity Verification

upbit kyc 2
Verifikasi Level 2

3. Lalu ikuti instruksi dan masukkan semua informasi yang diminta, lalu klik Next

upbit kyc 3
Masukkan informasi dan data diri

4. Pada laman selanjutnya, Anda harus meng-upload foto KTP dan juga foto pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang disertakan.

upbit kyc 4
Cantumkan foto KTP dan foto diri

4. Pastikan foto yang Anda upload cukup jelas untuk dibaca. Jika semua sudah benar, klik Submit.

5. Tim Upbit akan mengecek semua kelengkapan dan ke-sah-an dokumen Anda dalam waktu beberapa hari.

Jika Anda sudah melewati verifikasi level 2, Anda sudah bisa melakukan jual beli Bitcoin dan aset kripto lainnya di Upbit Indonesia.

Deposit

Sebelum membeli aset kripto, Anda harus melakukan deposit Rupiah terlebih dahulu karena Anda harus memiliki modal untuk membeli aset kripto tertentu.

1. Pada halaman dashboard, klik Wallets.

upbit deposit 1
upbit deposit

2. Lalu klik Indonesia Rupiah, kemudian klik Deposit.

upbit deposit 2 1
Pilih IDR dan kemudian deposit

3. Metode Deposit di Upbit menggunakan virtual account. Klik tanda centang pada kalimat “I have read and agree to the notes below”

upbit deposit 4
Virtual Account

4. Anda akan memiliki nomor virtual account yang digunakan untuk melakukan deposit

upbit deposit 5
Lakukan transfer ke nomor Virtual account

5. Transfer jumlah nominal Rupiah yang ingin Anda setorkan ke dalam akun Upbit Anda.

Jual Beli Bitcoin

Setelah memiliki saldo Rupiah di akun Anda, Anda sudah bisa membeli Bitcoin dan ast kripto lainnya. Berikut cara beli Bitcoin di Upbit.

1. Pilih pair BTC/IDR pada halaman dashboard

upbit beli 1
Pilih pair BTC/IDR

2. Ada dua cara untuk menentukan jumlah beli, yaitu Amount dan Total. Jika memilih amount, Anda membeli dengan memasukkan berapa jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli dan jumlah rupiah akan menyesuaikan.

upbit beli 2
Amount dan Total

3. Sebaliknya, jika memilih Total, maka Anda memasukkan jumlah rupiah yang ingin dibelikan Bitcoin dan jumlah BTCnya akan menyesuaikan.

4. Misalnya masukkan jumlah Rp50.000, maka pada kolom amount, Anda akan mendapatkan 0.00042 BTC. Jika sudah benar, klik Confirm.

upbit beli 3
Konfirmasi pesanan

5. Lalu klik Buy. Order Anda sudah terpasang dan hanya perlu menunggu beberapa saat sampai order Anda terkonfirmasi.

upbit beli 4
Beli Bitcoin

Setelah selesai, Anda sudah dapat melakukan aktivitas trading jual beli di platform Upbit Indonesia. Proses pembelian aset digital lainnya sama seperti pada tutorial di atas. Selamat melakukan trading di Upbit!


Cara Ketika Lupa Password

Jika Anda lupa password maka Anda bisa mereset ulang password tersebut. Caranya masuk ke sini. Masukkan alamat email yang Anda gunakan saat daftar Upbit. Kemudian tunggu beberapa saat hingga Upbit mengirimkan tautan ke email Anda. Jika sudah, klik tautan tersebut. Kemudian masukan password baru agar bisa masuk ke akun Upbit Anda.

Cara Ketika Gagal Regsitrasi

Registrasi di UpBit gagal bisa disebabkan karena Anda tidak mengisi data formulir dengan lengkap, maka agar regitrasi berhasil pastikan Anda sudah mengisi semua data yang diberikan oleh bursa ini. Kemudian untuk verifikasi pastikan juga sudah mengunggah foto dengan benar baik dari posisi hingga ukurannya.

Proses verifikasi di Upbit memakan waktu cukup lama yakni dua hari. Jadi jika dalam 24 jam belum ada tanda regsitrasi dan verifikasi Anda berhasil. Artinya Upbit masih memprosesnya, jika sudah lebih dari dua hari dan mendapatkan notifikasi gagal verifikasi Anda bisa mengunjungi service center Upbit Indonesia di sini atau menghubungi nomor  (021) 50102699.


Peringatan: Konten yang kami publikasikan dalam artikel ini bukanlah saran legal atau investasi. Trading aset kripto bisa sangat beresiko karena harga fluktuatif.

Baca Juga: Cara Beli Bitcoin Mudah untuk Pemula

Artikel Terkait

 Lihat Lebih