Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Cara Beli Bitcoin Tanpa Verifikasi di Indonesia

Dhila Rizqia     Wednesday, January 1 2020

Di mana kita bisa beli bitcoin tanpa harus melakukan verifikasi identitas kita? 

Banyak exchange atau bursa aset kripto yang mewajibkan pengguna nya untuk melakukan verifikasi ID sebelum membeli dan trading Bitcoin.

Tapi bagi yang ingin menjaga privasinya, tentu lebih memilih untuk beli Bitcoin tanpa verifikasi dan memberikan data pribadi ke pihak lain yang mungkin bisa disalahgunakan.

Baca juga : Cara beli bitcoin mudah untuk pemula

Kenapa sulit untuk membeli Bitcoin tanpa ID?

Ada kesalahpahaman di antara masyarakat bahwa mata uang digital seperti Bitcoin sangatlah mudah untuk dibeli secara anonim, padahal hal ini tidak benar, terutama di Indonesia.

Pemerintah di Indonesia dan seluruh dunia perlahan mulai memperkenalkan peraturan dan regulasi yang mengatur exchange aset digital serta aktivitas jual beli mata uang kripto.

Regulasi ini termasuk ketentuan bagi exchange untuk mengetahui pengguna mereka yang juga sejalan dengan peraturan Anti-Money Laundering serta Counter-Terrorism Financing (AML/CTF).

Baca juga : Cara mendapatkan bitcoin gratis

Contohnya, sejak bulan Februari tahun 2019 lalu, exchange aset kripto di Indonesia telah diwajibkan untuk mendaftarkan usaha mereka di Bappebti, mengikuti program AML/CTF, melaporkan kegiatan atau transaksi yang mencurigakan, dan menyimpan semua berkas yang berkaitan dengan identitas pengguna.

Baca juga: Daftar Platform Jual Beli Bitcoin Legal di Indonesia

Akibat adanya peraturan seperti ini di Indonesia dan beberapa negara lainnya, banyak exchange yang mewajibkan penggunanya untuk melampirkan bukti identitas sebelum bisa melakukan trading.

Berikut beberapa cara membeli Bitcoin secara langsung tanpa verifikasi.

Beli Bitcoin menggunakan Bitcoin ATM

Beli Bitcoin menggunakan Bitcoin ATM

ATM Bitcoin mirip dengan ATM biasa, tetapi alih-alih mengeluarkan mata uang lokal, seperti dolar atau euro, ATM Bitcoin akan mengirimkan bitcoin ke dompet Anda dengan memasukkan uang tunai.

Baca juga: Jumlah ATM Bitcoin Lampaui 10.000 ATM di Seluruh Dunia

Ada berbagai jenis ATM Bitcoin yang dibuat oleh berbagai perusahaan. Namun di sebagian besar ATM Bitcoin, anda bisa membeli bitcoin secara langsung dan tidak memerlukan verifikasi apa pun.

Membeli Bitcoin tanpa verifikasi ID di beberapa exchange ini

Membeli Bitcoin tanpa verifikasi ID di beberapa exchange ini

Karena pemerintah di Indonesia dan di seluruh dunia secara bertahap memperkenalkan peraturan yang lebih ketat tentang perdagangan cryptocurrency, maka sekarang menjadi semakin sulit untuk membeli crypto tanpa ID.

Namun, jika Anda tidak memiliki bukti identitas yang sesuai atau mungkin Anda hanya ingin menjaga privasi Anda, masih ada beberapa situs yang memungkinkan pembelian cryptocurrency tanpa menyelesaikan proses verifikasi.

Beberapa bursa seperti LocalBitcoins, Paxful, Switchere, dan Coinmama memperbolehkan pengguna untuk beli Bitcoin tanpa verifikasi ID dalam jumlah tertentu.

Baca juga : Cara menjual bitcoin

LocalBitcoins

LocalBitcoins adalah salah satu pilihan exchange untuk mendapatkan bitcoin tanpa ID.

Marketplace bitcoin peer to peer ini berbasis di Helsinki, Finlandia. Layanannya memfasilitasi perdagangan over-the-counter (OTC) mata uang lokal dengan Bitcoin.

Caranya pengguna memposting iklan di LocalBitcoins, dimana mereka menyatakan nilai tukar dan metode pembayaran yang diinginkan untuk membeli dan menjual bitcoin.

LocalBitcoins memungkinkan Anda membeli Bitcoin tanpa memverifikasi ID, tetapi hanya hingga setara 1.000 euro per tahun.

Namun LocalBitcoins tidak memungkinkan Anda menjual Bitcoin tanpa melakukan verifikasi.

LocalBitcoins mendukung berbagai metode pembayaran seperti uang tunai pada pengiriman, uang tunai melalui pos, PayPal, WebMoney, Western Union dan Wire Exchange.

Paxful 

Paxful

Paxful merupakan marketplace Bitcoin peer-to-peer dimana pembeli dan penjual terhubung.

Terdapat lebih dari 300 metode pembayaran yang tersedia di Paxful, sangat mudah untuk mencari penawaran yang sesuai.

Paxful tidak memerlukan verifikasi ID untuk pembuatan akun, tetapi memerlukan verifikasi email dan telepon.

Hal ini untuk meningkatkan tingkat keamanan akun, memberikan akses ke jumlah penawaran yang lebih tinggi, menciptakan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi. Batas volume perdagangan hingga $1.500.

Baca juga : Cara trading Bitcoin untuk pemula

Wall of Coins

Wall of Coins adalah layanan pertukaran bitcoin yang dimiliki dan dioperasikan oleh Genitrust, Inc. Ini adalah pasar peer-to-peer yang sepenuhnya transparan untuk membeli dan menjual Bitcoin.

Ini adalah yang pertama yang merupakan pertukaran yang aman dan tetap untuk pengguna.

Wall of Coins secara langsung menghubungkan pembeli dan penjual dengan cara yang cerdas, dapat dipercaya, dan aman.

Sekarang ini tersedia di Amerika Serikat, Argentina, Latvia, Polandia, dan Filipina. Nomor telepon diperlukan untuk menggunakan Wall of Coins, tetapi bukan untuk tujuan verifikasi. Tidak diperlukan ID.

Switchere

Switchere adalah pertukaran yang aman dan andal yang menawarkan pengalaman sempurna untuk membeli crypto secara instan menggunakan kartu bank.

Hanya ada satu cara untuk membeli crypto, dan itu adalah melalui penggunaan bank atau kartu pembayaran.

VISA atau MasterCard adalah dua opsi yang tersedia untuk digunakan di situs ini.

Baca juga: Mastercard Umumkan Terima Pembayaran dari Crypto Tahun Ini!

Untuk membeli Bitcoin di Switchere Tidak memerlukan pendaftaran atau verifikasi. Namun ada batasan maksimal pembelian yaitu hingga 100 EUR.

Baca juga : Cara main Bitcoin Dalam lima langkah

Coinmama

Coinmama

Coinmama adalah perusahaan broker cryptocurrency terkemuka yang memungkinkan Anda membeli beberapa jenis cryptocurrency dengan kartu kredit Anda. Ini hanya mendukung pembayaran kartu kredit / debit untuk membeli Bitcoin.

Coinmama memiliki transfer SEPA, yang memungkinkan Anda mentransfer uang dari rekening bank Anda (Eropa). Penambahan ini membuat coinmama menjadi exchange yang paling banyak digunakan di Eropa.

Coinmama tidak meminta verifikasi ID, tetapi meminta Anda untuk memperbarui nomor telepon, kode ZIP, negara bagian, dan kota tempat tinggal Anda untuk menghabiskan hingga $150 pada Bitcoin.

Baca juga : Cara daftar wallet bitcoin


Itulah beberapa cara beli bitcoin tanpa verifikasi ID yang masih bisa dilakukan.

Meski begitu, hampir semua platform jual beli bitcoin akan meminta penggunanya untuk menyertakan ID atau tanda pengenal bila ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar.

Namun tetaplah waspada dalam melakukan transaksi agar tidak menjadi korban penipuan.

Baca juga : Cara mendapatkan Bitcoin

Poin Penting
  • 🔍 Mengapa harus verifikasi ID untuk beli Bitcoin ?

    Platform exchange di Indonesia harus meminta verifikasi ID pengguna agar sejalan dengan peraturan Anti-Money Laundering serta Counter-Terrorism Financing (AML/CTF).

  • 👀 Apakah bisa membeli bitcoin tanpa harus Verifikasi ID ?

    Bisa, salah satunya dengan menggunakan shapeshift, Bitcoin ATM, dll.

  • 🤝 Apakah mungkin beli bitcoin lewat exchange tanpa verifikasi ?

    Ya, beberapa exchange memungkinkan penggunanya membeli Bitcoin tanpa verifikasi dalam batas jumlah tertentu,

  • 🦊 Apa keunggulan menggunakan ShapeShift ?

    Keunggulan dari ShapeShift adalah tidak pernah memegang aset Anda namun hanya melakukan "swap".

  • 💶 Berapa batas pembelian Bitcoin di Switchere tanpa verifikasi ?

    Untuk membeli Bitcoin di Switchere Tidak memerlukan pendaftaran atau verifikasi. Namun ada batasan maksimal pembelian yaitu hingga 100 EUR.

  • 💸 Berapa batas pembelian Bitcoin di LocalBitcoins tanpa verifikasi ?

    LocalBitcoins memungkinkan Anda membeli Bitcoin tanpa memverifikasi ID, tetapi hanya hingga setara 1.000 euro per tahun.

  • 💳 Apa saja metode pembayaran di platform LocalBitcoins ?

    LocalBitcoins mendukung berbagai metode pembayaran seperti uang tunai pada pengiriman, uang tunai melalui pos, PayPal, WebMoney, Western Union dan Wire Exchange.

  • 📧 Apa saja yang dibutuhkan untuk registrasi Paxful ?

    Paxful tidak memerlukan verifikasi ID untuk pembuatan akun, tetapi memerlukan verifikasi email dan telepon.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih