Bank Sentral Cina Akan Segera Luncurkan Crypto Sendiri

By Aulia Medina     Thursday, July 11 2019

Pemerintah Cina dari dulu terkenal tidak percaya pada media sosial barat, mesin pencari dan entitas digital lainnya dan sekarang bank sentral Cina dilaporkan membangun mata uang kripto sendiri dalam persaingan dengan Facebook Libra.

Wang Xin, direktur di biro penelitian People’s Bank of China (PBOC), berbicara di sebuah acara. Xin menjelaskan bahwa gelombang peristiwa saat ini memaksa keputusan bagi orang-orang Cina. Mengingat sejarah masa lalu tentang bagaimana pemerintah Cina yang berurusan dengan entitas yang berbeda.

Cina tidak pernah benar-benar mendukung Bitcoin atau cryptocurrency karena mengancam Yuan yang sedang terpuruk dan menjaga modal di Yuan adalah prioritas keuangan utama bagi negara ini.

Hal ini menyebabkan terjadinya larangan keseluruhan Cina yang terkenal pada cryptocurrency serta initial coin offering (ICO) di akhir Q3 2017.

Baca juga: Teknologi Blockchain Cara Argentina dan Korea Selatan Tingkatkan Ekonomi

Larangan penambangan Bitcoin di cina juga diberlakukan karena meningkatnya laporan pencurian listrik di negara tersebut. Larangan itu diberlakukan selama Q1 tahun berjalan.

Alasan Facebook Libra penting bagi kebijakan keuangan Cina

Facebook Libra adalah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat yang pada dasarnya akan dipengaruhi oleh dewan pimpinan perusahaan. Selain itu, perusahaan diharapkan mendapatkan akses ke lebih dari dua miliar (2,4 miliar) pengguna.

Selain itu, Facebook Libra menghadapi tekanan dari anggota Kongres yang berbeda, sehingga mengambil waktu Cina untuk mengambil tindakan serius terhadap mata uang, atau itu dapat mempengaruhi stabilitas keuangan di Cina.

China sekarang mengambil tindakan, dan tim PBOC sekarang bekerja pada mata uang digital bank sentral dengan persetujuan Dewan Negara Tiongkok.

Sumber