Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa sih Paper Wallet itu?

Ary Tantranesia     Saturday, October 13 2018

Paper wallet adalah mekanisme offline untuk menyimpan Bitcoin, proses dari paper wallet terdiri dari mencetak private keys dan Bitcoin address ke dalam kertas. Paper wallet juga bisa dicetak ke dalam plastik, atau bentuk apapun yang memungkinkan untuk mencetak informasi yang dibutuhkan. Karena memiliki bentuk fisik, paper wallet bisa dikatakan sebagai cara teraman untuk menyimpan Bitcoin karena terhindar dari ancaman kejahatan online, malware, dll. Perlu diingat bahwa BUKAN Bitcoin yang dicetak kedalam kertas seperti mata uang fiat, tetapi informasi yang terdapat di dalam digital wallet atau Bitcoin wallet yang dicetak.

paper wallet adalah metode offline untuk penyimpanan cryptocurrency, paper wallet dapat dicetak sehingga terhindar dari peretasan

(Sumber Gambar)

Data yang terdapat di paper wallet terdiri dari Bitcoin address atau public key, yang memungkinkan untuk mentransfer uang ke dalam wallet, dan private key, yang memberikan akses untuk pembelanjaan dana dalam bentuk QR code. Beberapa jasa percetakan paper wallet menyediakan design yang bagus, memungkinkan paper wallet untuk dilipat, dipotong, dan disegel.

Banyak pengguna Bitcoin yang membuat paper wallet menggunakan open source wallet generator, seperti BitAddress.org, BitcoinpaperWallet.com, dan WalletGenerator.net. Biasanya akan disarankan kepada pengguna untuk mencabut Internet akses ketika membuat paper wallet dan menghapus riwayat browsing setelah paper wallet telah dibuat. Disarankan juga untuk pengguna, sebelum membuat paper wallet untuk memindai komputer jika terdapat malware.

 

Baca juga artkel ini: Jangan Sampai Wallet Digital Kamu di-Hack, Ini Caranya!

 

Kekurangan dari Paper Wallet

Dikarenakan memiliki bentuk fisik, paper wallet bisa dicuri jika tidak ditempatkan pada tempat yang aman, tinta yang mencetak paper wallet juga bisa menghilang seiring dengan waktu. Jika dicetak menggunakan kertas, tidak menutup kemungkinan paper wallet bisa terbakar atau rusak jika terkena air.

Perbedaan Paper Wallet dan Digital Wallet

Hal mendasar yang membedakan antara paper wallet dan digital wallet adalah bentuk penyimpanannya. Jika paper wallet mencetak informasi pengguna Bitcoin dalam bentuk offline, maka digital wallet menyimpan semua data dalam bentuk online.

Pengertian digital wallet sendiri adalah program perangkat lunak yang menyimpan private dan public key  dan berbasis Blockchain untuk memungkinkan pengguna mata uang digital menerima dan mengirim cryptocurrency, serta memantau saldo mereka. Jika kamu adalah pemula dalam cryptocurrency, maka kamu harus mempunyai digital wallet. Bisa dikatakan bahwa paper wallet cocok untuk pemula.

Apa saja Paper Wallet Generator yang Bagus?

Bitaddress.org dan Walletgenerator.net adalah open source address dan key generator yang menggunakan JavaScript kamu, jadi tidak ada data yang dikirim melalui internet. Terdapat juga perview, sehingga kamu bisa melihat tampilan paper wallet sebelum dicetak.

  • Bitcoinpaperwallet.org akan membuat printout dari paper wallet yang warna-warni, terdapat juga garis lipatan, jadi kamu bisa melipat paper wallet kamu.
  • Mycelium menawarkan cara yang lebih orisinil dan aman dalam mencetak paper wallet, dengan USB dongle yang sudah tersambung langsung ke printer. USB tersebut langsung mencetak paper wallet secara otomatis setelah disambungkan dan langsung dicetak tanpa harus menggunakan komputer sama sekali.