Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Mengenal Apa itu MKR dalam MakerDao

anisa giovanny     Monday, November 30 2020

Mengenal MKR dalam MakerDao

Token Maker (MKR) dibuat oleh MakerDAO dan tujuan utama untuk mendukung stabilitas token DAI MakerDAO dan memungkinkan tata kelola untuk Sistem Kredit Dai. Pemegang MKR membuat keputusan penting tentang operasi dan masa depan sistem.

MakerDAO memiliki dua token, MKR dan DAI. DAI adalah stablecoin yang dirancang untuk memberikan alternatif mata uang kripto yang lebih mudah menguap, serta jenis sistem keuangan baru. Sedangkan MKR, digunakan untuk menjaga DAI tetap stabil. Stablecoin tradisional menggunakan cadangan mata uang fiat atau bahkan emas untuk mematok cryptocurrency dengan nilai aset dunia nyata ini agar tetap stabil. Tapi itu terbukti bermasalah. MakerDAO menggunakan token MKR untuk bertindak sebagai penyeimbang fluktuasi harga.

Token MKR membantu mempertahankan stablecoin DAI mitranya dengan nilai yang sama dengan $1. MKR dapat dibuat dan dihancurkan sebagai respons terhadap fluktuasi harga DAI untuk mempertahankan nilai setara dolar DAI.

DAI menggunakan sistem agunan (pada dasarnya asuransi), dimana pemegangnya bertindak sebagai bagian dari mekanisme pengendalian untuk membantu mengelola jaringan. DAI dikeluarkan ketika pembeli membeli posisi hutang jaminan berdasarkan kontrak pintar (CDP) yang berperilaku seperti pinjaman. 

CDP dibeli dengan Ether (ETH) dan DAI diberikan sebagai gantinya. ETH bertindak sebagai jaminan atas pinjaman, sama seperti rumah yang dijadikan sebagai jaminan untuk pinjaman lain. Sistem ini berarti bahwa individu pada dasarnya dapat memperoleh pinjaman atas kepemilikan ETH mereka. Saat pinjaman dilunasi, DAI akan “dibakar” atau dihancurkan. Biaya terjadi di MKR selama proses tersebut.

Token MKR Jadi Solusi Jika Harga ETH Turun Cepat

Token MKR adalah solusi untuk skenario di mana harga ETH turun terlalu cepat untuk ditangani oleh sistem DAI. Jika sistem agunan tidak cukup untuk menutupi nilai DAI maka MKR dibuat dan dijual ke pasar untuk meningkatkan agunan tambahan. Platform Maker, sebelumnya dikenal sebagai MakerDAO adalah protokol dan kerangka kerja tata kelola untuk DAI dan juga MKR. Platformnya adalah organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) di Ethereum Blockchain.

Pemegang MKR mendapatkan hak suara dalam sistem voting persetujuan berkelanjutan dari platform Maker. Pemegang MKR memberikan suara pada hal-hal seperti tingkat agunan CDP. Untuk berpartisipasi mereka mendapatkan biaya MKR sebagai hadiah. Pemegang ini diberi insentif untuk memilih dengan cara yang menguntungkan sistem. Jika sistem bekerja dengan baik, nilai MKR dipertahankan atau meningkat. Tata kelola yang buruk akan menurunkan nilai MKR. MKR adalah token ERC-20, dibuat menggunakan protokol Ethereum. Ini dapat disimpan di dompet ERC-20 dan dapat diperdagangkan di sejumlah bursa.

MakerDAO berharap dapat membuat stablecoin yang andal di DAI dan sistem kredit yang adil untuk semua orang. Membuka posisi hutang yang dijaminkan (CDP) menggunakan Ether berarti DAI dapat menyediakan likuiditas terhadap aset kripto. Dengan mekanisme kolateralisasi dan keamanan kegagalan lebih lanjut dari MKR, MakerDAO memiliki sistem untuk melindungi nilai DAI stablecoinnya yang dapat mengarah pada penggunaannya yang lebih luas.