Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa itu Social Mining? Ajang Unjuk Diri Sekaligus Dapat Rewards!

Wafa Hasnaghina     Friday, September 11 2020

Personal branding di dalam dunia cryptocurrency merupakan salah satu yang paling penting. Banyak platform dan pengguna yang bertaruh membangun brand miliknya sendiri. Jelas, hal ini membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Namun, bagaimana jika upaya membangun brand diri ini, kamu juga bisa mendapatkan uang/rewards sekaligus exposure yang kamu butuhkan secara bersamaan?

Social Mining, Jalan Terbaik Bangun Brand Diri

Sekarang ini, kamu bisa membangun brand diri, menunjukan kemampuan dan kemahiran yang kamu miliki pada ekosistem blockchain, dan lebih menariknya lagi mendapatkan bayaran (workdrop) dari usaha tersebut dengan cara Social Mining.

Lantas, bagaimana caranya?

1. Lakukan Apapun yang Kamu Cintai dan yang Kamu Kuasai!

  • Ketika kamu melakukan sesuatu, misalnya menulis artikel, mendesain sesuatu, membuat program aplikasi, atau memasarkan sesuatu dengan hasil yang biasa-biasa saja, orang lain cenderung tidak akan mengingat usaha kamu itu, bukan? Orang-orang akan cenderung mengingat seseorang dengan kemampuan yang sama dengan dirinya, di dalam bidang tertentu.
  • Kedua, sebaiknya kamu fokus pada satu bidang atau orang lain biasanya akan mengatakan temukan apa yang membuatmu “nyaman”. Lalu, tanyakan apa yang kamu sukai? Apa yang membuat kamu bahagia sekaligus puas dengan yang apa kamu kerjakan? Pertanyaan itu sangat penting untuk ditanyakan ke diri sendiri.

Jika kamu belum mengetahui jawabannya, tidak ada kata terlambat untuk mencoba semua hal tersebut dan mulai untuk mencari dan menguasai sesuatu yang kamu sukai!

  • Hal ini sama dengan Social Mining. Kamu mencari sesuatu yang kamu sukai dengan cara menonton video di YouTube, membaca/menulis review, melakukan penelitian, dan hal lainnya hingga akhirnya menemukan sesuatu yang membuatmu “nyaman”.

2. Pantang Menyerah dan Jangan Biarkan Ego Mengambil Alih Usaha Kamu!

  • Mungkin langkah ini merupakan yang membuat perbedaan antara orang sukses dan tidak. Jika kamu memulai sesuatu, pasti akan ada kritik, atau pertentangan, bahkan komentar yang menjatuhkan. Mungkin saja memang kamu sudah melakukan yang terbaik, tetapi tetap ada saja komentar atau downvotes pada sesuatu yang kamu lakukan. 

Di dalam Social Mining, downvotes tersebut digunakan untuk menjaga keseimbangan dalam ekosistem. Misalnya saja, terdapat dua buah artikel, sebut saja artikel A dan B. Lalu, kedua artikel itu mendapatkan upvotes dengan jumlah yang sama banyaknya. Di sisi lain, artikel A membutuhkan penelitian dan proses penulisan yang lebih dalam dan lama. Nantinya, artikel B akan diberikan nilai downvotes sehingga nilai di dalam ekosistem menjadi seimbang.

  • Banyak orang yang meninggalkan Social Mining karena mereka berpikir mereka adalah yang terbaik. Ego mereka terlalu tinggi untuk menerima kritik dan downvotes. Namun, beberapa orang tetap bertahan dan terus mengasah kemampuannya. Bahkan yang semula adalah miners biasa atau buruk, sekarang menjadi yang terbaik di dalam komunitas. 

3. Bekerja Sama dengan Social Miner Lain dan Jadi Pemimpin!

  • Kamu merupakan seorang desainer? Tetapi belum memiliki jangkauan atau pasar yang luas dalam memasarkan pekerjaan kamu? Kamu bisa masuk ke dalam komunitas Social Mining dan bekerja sama dengan Social Miner lainnya. Di dalam Social Mining banyak sekali influencer dan orang-orang yang membutuhkan jasa yang kamu miliki. Itulah fungsi dari Social Mining, menghubungkan seseorang kepada orang lainnya yang membutuhkan. 

Contoh kasus:

Nick V. dari Harmony Digital Marketer ingin membuat acara “Social Mining Strategy Talk” di bulan November 2019 secara publik bersama komunitasnya. Lalu, ia membutuhkan sebuah infographic buat acara tersebut. Mengapa harus mencari seseorang dari platform pihak ketiga? Belum lagi pasti akan ada beban biaya yang tidak sedikit, bukan? Nick bisa mencarinya di dalam komunitas Social Mining dengan kemampuan desain yang baik. Tentunya, ini juga dapat meningkatkan pemasaran dan personal brand dari desainer tersebut. 

Ketika desainer tersebut yang merupakan anggota dari komunitas mengunggah hasil karyanya ke Social Mining, ia melakukan Proof of Value (PoV). Proses ini akan menghasilkan rewards bagi desainer tersebut. 

Tidak sampai di situ saja, jika Nick puas dengan hasil dari desainer tersebut, lalu mengunggah PoV dari pihaknya, maka itu akan menambahkan rewards.

Seperti yang terlihat di gambar, hasil desain tersebut membuat nilai yang nyata bagi ekosistem dan juga membuat peserta acara menjadi lebih banyak. 

Contoh kasus ini merupakan contoh sederhana dari cara kerja Social Mining. Tentunya ada proses yang lebih kompleks dari ini semua. Namun, proses ini memberikan kesempatan lain bagi misalnya Content Writer untuk ikut berkontribusi dan menulis konten dari acara tersebut dan mengunggahnya untuk digunakan oleh influencer. Dengan begitu, Content Writer tersebut juga akan mendapatkan rewards tersendiri.

Bagaimana Cara Mengunggah Proof of Value (PoV)?

Jika nilai yang kamu hasilnya didasarkan pada jangkauan dari karya yang kamu hasilkan, setiap bulan atau minggu kamu dapat terus mengunggah aktivitas yang kamu lakukan. Hal itu dapat menambah statistik pada PoV dan bukti yang kamu miliki. Tentunya, ini akan semakin menambah rasa percaya entitas yang terlibat dalam komunitas kepada kamu dan memberikan upvote-nya pada karyamu.

4. Lakukan Segalanya dengan Usaha dan Tekad 100%

Apapun yang kamu lakukan, lakukanlah dengan 100% usaha dan tekad yang kamu miliki. Ini akan membuat orang terkesan dengan etos kerja dan usaha yang kamu miliki. Selain itu, mereka akan semakin menghormati, menghargai, dan mengingat kamu dan karyamu. 

Ketika seseorang membutuhkan sesuatu, orang itu akan mengingat kamu sebagai salah satu seorang ahli di bidang tersebut. Dengan begitu, nama dan brand yang kamu miliki akan semakin besar dalam ruang crypto.

Sudah Siap Unjuk Diri?

Kamu sudah memiliki tekad dan motivasi untuk sukses? Ikuti Social Mining segera! Jadi diri sendiri dan bekerja bersama orang lain. Hasil terbaik dari usaha yang kamu lakukan akan datang, cepat atau lambat! 

Bergabung dengan Social Mining di Telegram DI SINI! Follow juga platform Social Mining di Twitter dan berikan karya terbaik yang kamu miliki! 

Artikel Terkait

 Lihat Lebih