Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa itu DAI dan Cara Kerjanya di MakerDAO

anisa giovanny     Sunday, November 29 2020

DAI adalah token ERC20 di blockchain Ethereum yang memiliki nilai stabil sebesar satu dolar AS. Itu juga merupakan kunci dari sistem peminjaman MakerDAO. Saat pinjaman diambil di MakerDAO, DAI dibuat.

Ini adalah mata uang yang dipinjam dan dibayar kembali oleh pengguna. Setelah DAI dibuat, DAI berfungsi hanya sebagai token Ethereum yang stabil. Ini dapat digunakan untuk membayar barang dan mudah ditransfer antar dompet Ethereum.

Versi DAI saat ini secara teknis adalah versi terbaru dari stablecoin yang disebut DAI multi-agunan karena memungkinkan berbagai jenis aset kripto untuk digunakan untuk membuat DAI. Versi lama DAI sekarang disebut SAI dan dikenal sebagai DAI jaminan tunggal karena hanya dapat dibuat dengan menggunakan ETH sebagai jaminan. Aset kripto pertama selain ETH yang diterima dalam sistem DAI multi-agunan baru adalah Basic Attention Token (BAT).

Cara Kerja DAI di MakerDao

Jika disederhanakan, maka cara kerja MakerDao dengan stablecoinnya yakni DAI adalah sebagai berikut.

Seseorang yang ingin meminjam DAI bisa menggunakan ETH sebagai jaminan. Kemudian nilai DAI mereka akan sama dengan nilai ETH yang dijadikan jaminan. Sementara ETH tadi akan masuk ke dalan CDP  (Collateralized Debt Position). Jadi si peminjam memberikan ETH sebagai jaminan untuk mendapatkan  DAI. Proses ini sudah menggunakan sistem smart contract.

Baca juga: Apa itu MakerDao? Panduan untuk Pemula

Selanjutnya para peminjam dapat menggunakan DAI sesuai kebutuhan mereka. DAI ini bisa dipergunakan untuk melakukan transaksi dan dapat disimpan agar pengguna bisa menikmati bunga penyimpanan DAI.

Jika si peminjam ingin mengambil jaminan yang sempat ia berikan, mereka bisa membyaranya dengan DAI ditambah dengan bunga khusus yang disebut sebafai stability fee.  Sirkulasi DAI kurang lebih bekerja dengan cara seperti itu. Stablecoin dari MakerDao ini akan diproduksi jika ada pinjaman dan akan dihapus dari sirkulasi jika pinjaman sudah dikembalikan. 

Sedangkan MKR  digunakan untuk membayar bung. Setelah fee tadi di bayar maka MKR akan dihanguskan. Para pemegang MKR memiliki hak voting dalam hal pengambilan keputusan seperti tarif, parameter resiko, tingkat sensitivitas harga, dan lain sebagainya.

Keistimewaan DAI

Harga DAI dijaga melalui sistem kontrak pintar yang secara otomatis dijalankan sendiri. Jika harga DAI berfluktuasi terlalu jauh dari satu dolar, token Maker (MKR) dibakar atau dibuat untuk menstabilkan harga DAI.

Algoritme MakerDAO secara otomatis mengelola harga DAI sehingga tidak ada orang yang perlu dipercaya untuk menjaga mata uang tetap stabil. Jika sistem berfungsi sebagaimana mestinya dan satu DAI sama dengan satu dolar AS, pemegang MKR diuntungkan karena total pasokan MKR berkurang  akan menjadikan MKR lebih langka dan berharga.

Sampai saat ini, DAI tetap stabil selama dua tahun dengan hanya fluktuasi kecil dari patokan harga satu dolar. Karena DAI hanyalah token di Ethereum, siapa pun dapat menggunakan atau membangun dengan DAI tanpa izin. Sebagai token ERC20, DAI berfungsi sebagai blok bangunan yang dapat dimasukkan ke dalam dapp apa pun yang membutuhkan aset atau sistem pembayaran yang stabil.

Pengembang juga dapat menggabungkan DAI dalam kontrak cerdas yang berbeda dan memodifikasinya untuk penggunaan yang berbeda. Misalnya, xDAI menggunakan DAI dan menempatkannya pada sidechain supercepat dan berbiaya rendah untuk membuat transfer dan pembayaran lebih mudah dan efisien. Chai dan rDAI menggunakan DAI normal, memasukkannya ke dalam kumpulan penghasil minat, dan memungkinkan pengguna mengontrol apa yang terjadi pada minat saat bunga terakumulasi.

Hal yang Bisa Digunakan dengan DAI

DAI diproduksi atau dibuat setiap kali seseorang mengambil pinjaman di MakerDAO. DAI hancur saat pinjaman dilunasi. Cara paling langsung untuk mendapatkan DAI adalah dengan mengambil pinjaman di platform Oasis MakerDAO. Kamu juga dapat memperdagangkan DAI di platform yang sama atau menggunakan pertukaran terpusat seperti Coinbase.

Salah satu kegunaan utama DAI adalah sebagai lindung nilai yang stabil atau penyeimbang terhadap volatilitas aset kripto yang lebih populer seperti Ethereum atau Bitcoin. Nilai DAI yang stabil berarti baik bagi investor atau trader yang yakin pasar akan segera turun.