Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa itu Cryptocurrency Wallet ?

anisa giovanny     Saturday, August 1 2020

Jika memiliki Bitcoin atau aset crypto lainnya, tentu Anda harus menyimpannya terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Nah sama seperti mata uang fiat yang disimpan di dompet, cryptocurrency juga memiliki dompetnya sendiri. Akrab disebut sebagai wallet atau cryptocurrency wallet.

Baca juga: Apa itu Bitcoin Wallet Address ? Panduan Lengkap untuk Pemula

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa itu cryptocurrency wallet, bagaimana ia bekerja, jenis cryptocurrency wallet dan keamanan di dalam cryptocurrency wallet. 

Cryptocurrency Wallet 

Wallet cryptocurrency adalah program perangkat lunak yang menyimpan key privat dan public dan berinteraksi dengan berbagai blockchain untuk memungkinkan pengguna mengirim dan menerima mata uang digital dan memantau saldo mereka. 

Baca juga: 11 Bitcoin Wallet yang Aman dan Gratis

Cara Kerja Cryptocurrency Wallet 

Banyak orang menggunakan cryptocurrency, tetapi ada banyak kesalahpahaman tentang cara kerjanya. Tidak seperti dompet tradisional bagi mata uang fiat, cryptocurrency tidak menyimpan mata uang. Faktanya, mata uang tidak disimpan di satu lokasi tunggal atau ada di mana saja dalam bentuk fisik apa pun. Semua yang ada adalah catatan transaksi yang disimpan di blockchain.

Dompet Cryptocurrency adalah program perangkat lunak yang menyimpan kunci publik dan pribadi serta antarmuka dengan berbagai blockchain sehingga pengguna dapat memantau saldo, mengirim uang, dan melakukan operasi lainnya. Ketika seseorang mengirimi Anda Bitcoin atau jenis mata uang digital lainnya, mereka pada dasarnya melepaskan kepemilikan koin ke alamat dompet Anda.

Untuk dapat menggunakan koin-koin itu dan membuka kunci dana, kunci pribadi yang disimpan di wallet Anda harus cocok dengan alamat publik yang diberikan oleh mata uang tersebut. Jika kunci publik dan pribadi cocok, saldo di cryptocurrency wallet Anda akan meningkat, dan pengirim akan berkurang karenanya.

Tidak ada pertukaran koin nyata yang sebenarnya. Transaksi tersebut ditandai hanya dengan catatan transaksi di blockchain dan perubahan saldo di dompet cryptocurrency Anda.

Baca juga: Daftar Platform Trading Bitcoin Legal di Indonesia

Selengkapnya mengenai apa itu address wallet bagi Bitcoin dapat Anda temukan di sini 

Jenis Wallet Cryptocurrency 

Ada beberapa jenis wallet yang menyediakan berbagai cara untuk menyimpan dan mengakses mata uang digital Anda. Wallet dapat dipecah menjadi tiga kategori berbeda yakni software, hardware dan paper wallet. Software wallet dapat berupa desktop, seluler, atau online. 

Desktop

Wallet bisa diunduh dan diinstal pada PC atau laptop. Mereka hanya dapat diakses dari satu komputer tempat mereka diunduh. Wallet desktop menawarkan salah satu tingkat keamanan tertinggi namun jika komputer Anda diretas atau terkena virus, ada kemungkinan Anda dapat kehilangan semua dana Anda.

Online

Wallet dijalankan di cloud dan dapat diakses dari perangkat komputasi apa pun di lokasi mana pun. Meskipun lebih mudah diakses, wallet online menyimpan kunci pribadi Anda secara online dan dikendalikan oleh pihak ketiga yang membuatnya lebih rentan terhadap serangan peretasan dan pencurian.

Seluler: wallet dijalankan pada aplikasi di ponsel Anda dan bisa digunakan dimana saja termasuk toko ritel. Dompet seluler biasanya jauh lebih kecil dan lebih sederhana daripada dompet desktop karena terbatasnya ruang yang tersedia di ponsel.

Hardware wallet

Wallet ini  berbeda dari software wallet karena hardware wallet menyimpan kunci pribadi pengguna di perangkat perangkat keras seperti USB. Meskipun hardware wallet dapat melakukan transaksi online, mereka disimpan secara offline yang memberikan peningkatan keamanan. 

Baca juga: Wallet Bitcoin Online atau Offline, Mana yang Lebih Bagus ?

Hardware wallet dapat kompatibel dengan beberapa antarmuka web dan dapat mendukung mata uang yang berbeda; itu tergantung pada mana yang Anda putuskan untuk digunakan. Terlebih lagi, melakukan transaksi itu mudah.

Pengguna cukup mencolokkan perangkat mereka ke komputer atau perangkat yang mendukung internet, memasukkan pin, mengirim mata uang, dan mengonfirmasi. Hardware wallet memungkinkan untuk melakukan transaksi dengan mudah dan menjaga aset crypto Anda secara offline. 

Paper Wallet

Wallet ini mudah digunakan dan memberikan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Sementara istilah paper wallet hanya dapat merujuk pada salinan fisik atau cetakan kunci publik dan pribadi Anda, itu juga dapat merujuk pada sepotong software yang dapat digunakan secara aman dalam menghasilkan pair key yang kemudian dicetak.

Menggunakan paper wallet relatif mudah. Mentransfer Bitcoin atau mata uang lainnya ke paper wallet Anda dilakukan dengan transfer dana dari software wallet Anda ke public address yang ditunjukkan pada paper wallet atau, jika Anda ingin menarik atau membelanjakan aset yang ada, yang perlu Anda lakukan hanyalah mentransfer dana dari paper wallet  ke software wallet. Proses ini, sering disebut sebagai ‘sweeping,’ dapat dilakukan secara manual dengan memasukkan private key Anda atau dengan memindai kode QR pada paper wallet. 

Baca juga: Apa itu Bitcoin Wallet Address ? Panduan Lengkap untuk Pemula

Keamanan Cryptocurrency Wallet

Tingkat keamanan wallet tergantung dengan jenis wallet dan penyedia layanan yang Anda pilih. Wallet yang terhubung secara online cenderung lebih berisiko dengan ancaman hacker dan kesalahan sistem penyedia layanan yang mungkin mengalami kerusakan dan mengakibatkan aset Anda hilang. Hardware wallet cenderung lebih aman karena, tidak dapat diretas karena tidak terhubung ke jaringan online dan tidak bergantung pada pihak ketiga untuk keamanan.

Meskipun wallet online lebih rentan terhadap peretasan, tindakan pencegahan keamanan yang rajin perlu diterapkan dan diikuti saat menggunakan wallet apa pun. Ingatlah bahwa apapun wallet yang Anda gunakan, kehilangan private key Anda akan menyebabkan Anda kehilangan uang Anda.

Demikian pula, jika wallet Anda diretas, atau Anda mengirim uang ke scammer, tidak ada cara untuk mendapatkan kembali crypto yang hilang atau membalikkan transaksi. Berikut ini beberapa tindakan yang bisa membuat cryptocurrency wallet online Anda lebih aman : 

Cadangkan Wallet Anda 

Simpan sejumlah kecil mata uang untuk penggunaan sehari-hari online, di komputer atau ponsel Anda, menjaga sebagian besar dana Anda di lingkungan dengan keamanan tinggi. Anda bisa memilih opsi tambahan untuk menyimpan sebagian besar ke cold wallet atau offline wallet.

Ini bisa  melindungi Anda gagalnya komputer mengakses aset digital dan memungkinkan Anda memulihkan walet Anda jika hilang atau dicuri. Namun, ini tetap akan sulit untuk melindungi Anda dari peretas yang ahli. Kenyataannya adalah, jika Anda memilih untuk menggunakan wallet online ada risiko yang tidak dapat selalu dilindungi.

Perbarui Perangkat Lunak Anda

Selalu perbarui perangkat lunak Anda sehingga Anda memiliki peningkatan keamanan terbaru. Anda harus secara teratur memperbarui tidak hanya software wallet Anda tetapi juga perangkat lunak di komputer atau ponsel Anda.

Tambahkan Lapisan Keamanan Ekstra

Semakin banyak lapisan keamanan, semakin baik. Mengatur kata sandi yang panjang dan rumit dan memastikan setiap penarikan dana membutuhkan kata sandi adalah permulaan. Gunakan wallet yang memiliki reputasi baik dan memberikan lapisan keamanan ekstra seperti otentikasi dua faktor dan persyaratan kode pin tambahan setiap kali aplikasi wallet dibuka.


Cryptocurrency Wallet adalah komponen vital bagi Anda yang ingin memulai investasi atau menggunakan crypto. Memahami cara kerjanya, dan mengetahui jenis wallet yang sesuai bisa membantu Anda untuk memilih dan menentukan langkah berikutnya. Setiap jenis wallet memiliki tingkat keamanan berbeda, pilihlah yang sesuai dengan Anda dan pastikan selalu berhati-hati dalam menyimpan dan menggunakan cryptocurrency wallet agar aset Anda terlindungi.

Baca juga: Cara Beli Bitcoin Mudah untuk Pemula

Poin Penting
  • 👛 Apa itu cryptocurrency wallet ?

    Wallet cryptocurrency adalah program perangkat lunak yang menyimpan key privat dan public dan berinteraksi dengan berbagai blockchain untuk memungkinkan pengguna mengirim dan menerima mata uang digital dan memantau saldo mereka.

  • 📨 Apa itu software wallet ?

    Ini adalah software berupa perangkat lunak yang dapat digunakan di desktop, seluler, atau online.

  • ✉️ Apa itu online wallet ?

    Wallet yang dijalankan di cloud dan dapat diakses dari perangkat komputasi apa pun di lokasi mana pun

  • 💾 Apa itu hardware wallet ?

    Hardware ini adalah wallet berbentuk perangkat keras biasanya berbentuk seperti hardisk atau USB.

  • 🏷 Apa itu paper wallet ?

    Ini dapat merujuk pada salinan fisik atau cetakan kunci publik dan pribadi Anda, itu juga dapat merujuk pada sepotong software yang dapat digunakan secara aman dalam menghasilkan pair key yang kemudian dicetak.

  • 🔖 Bagaimana tingkat keamanan wallet cryptocurrency ?

    Tingkat keamanan tergantung dari jenis dan penyedia layanan wallet yang Anda pilih.

  • 💿 Software dan hardware wallet mana yang lebih aman ?

    Hardware wallet cenderung lebih aman karena tidak terhubung ke internet sehingga akan sulit untuk diretas oleh hacker

  • 📍 Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan keamanan wallet ?

    Perbarui perangkat lunak wallet, taruh di tempat aman, tambahkan lapis keamanan ekstra.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih