Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa Itu Compound? Panduan untuk Pemula!

Wafa Hasnaghina     Wednesday, July 8 2020

Perilisan jaringan blockchain Ethereum yang bersifat open-source atau bisa dimanfaatkan oleh banyak orang membuat jaringan ini kaya akan inovasi baru. Hal ini dirasakan dengan kemunculan protokol baru di jaringan Ethereum bernama Compound.

Jadi, sederhananya Compound adalah sebuah proyek di dalam jaringan Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk mengambil pinjaman dan juga bertindak untuk memfasilitasi pengguna lain dalam memberikan pinjaman, dengan jaminan aset mereka yang akan dikunci ke dalam protokol tersebut. 

Dalam sistem bank biasa saat ini, ketika seseorang menabung di tabungan biasa, nantinya ia akan mendapatkan bunga dari tabungannya tersebut. Namun, itu berarti dana yang ada tidak dapat digunakan oleh orang tersebut dan harus tetap disimpan di dalam tabungan. Jika dana yang tersimpan itu kemudian suatu saat nanti diambil, bunga tidak lagi akan didapatkan. 

Masalah ini coba dipecahkan oleh Compound Finance dengan mengembangkan ide di dalam dunia Decentralized Finance (DeFi) atau Keuangan Terdesentralisasi dengan membuat protokol atau sebuah sistem smart contract yang nantinya dapat diakses secara terbuka yang dibangun di atas jaringan Ethereum.

Compound sendiri menawarkan fasilitas peminjaman aset dimana pemberi dan pengambil pinjaman diharuskan mengunci aset kripto mereka ke dalam protokol. Nantinya, suku bunga yang dibayarkan dan diterima oleh peminjam dan pemberi pinjaman. Kemudian, suku bunga ini akan ditentukan oleh penawaran dan permintaan setiap aset kripto. Ini juga mengacu kepada setiap blok aset yang ditambang.

Keuntungan yang didapat dari Compound ini adalah pinjaman dapat dibayar kembali dan aset kripto yang dikunci dalam protokol dapat ditarik kapan saja.

Apa itu cToken?

Dalam pengembangannya Compound juga memiliki token asli bernama Compound (COMP). Di dalam platformnya, penggunaanya disebut cToken.

Dibangun di atas prinsip cToken, token asli Compound yang memungkinkan pengguna mendapatkan bunga atas aset mereka sementara juga dapat mentransfer, memperdagangkan, dan menggunakan aset tersebut dalam aplikasi lain.

Nantinya, cTokens baru ini akan dibuat setiap kali pengguna menyetorkan aset kripto mereka ke dalam protokol Compound. Jika pengguna ingin mengambil pinjaman menggunakan ETH sebagai jaminan, mereka secara otomatis menerima cETH sebagai imbalan atas ETH yang disetorkan. Jika pengguna ingin menggunakan USDC untuk mendapatkan bunga, mereka nantinya akan menerima cUSDC ketika mereka menyetorkan USDC ke dalam sistem.

Apa Saja yang Bisa Dipinjam dan Digunakan Dalam Compound ini?

Saldo aset yang disediakan nantinya akan diwakili oleh cTokens, representasi dari aset dasar yang menghasilkan bunga dan berfungsi sebagai jaminan. Pengguna dapat meminjam hingga 50-75% dari nilai cTokens mereka, tergantung pada kualitas aset yang mendasarinya. 

Nantinya, protokol Compound ini menyisihkan sekitar 10% dari bunga yang dibayarkan sebagai cadangan; sisanya ke pemasok. Compound awalnya diluncurkan pada mainnet pada September 2018 dan ditingkatkan menjadi versi dua pada Mei 2019 silam. Protokol ini sekarang mendukung BAT, DAI, SAI, ETH, REP, USDC, WBTC, dan ZRX. 

Siapa yang Menciptakan Konsep Compound Ini?

Pengusung ide dari konsep protokol Compound ini adalah Robert Leshner. Ia merupakan seorang ahli ekonomi yang menjadi founder sekaligus CEO dari Compound.

Bagaimana Cara Kerja Compound pada crypto?

Setiap protokol pinjaman terdesentralisasi memiliki pendekatan yang berbeda terkait dengan model pinjaman dan pengembalian pinjaman mereka. Tidak seperti format pinjaman biasa di mana dana pengguna disamakan dengan pinjaman yang tersedia dan tingkat bunga yang diperoleh hanya didistribusikan setelah pinjaman dilunasi, Compound ini memungkinkan siapa saja memasok aset yang terdaftar pada kumpulan likuiditasnya dan segera setelah setoran terjadi, ia akan mendapatkan bunga. 

Bunga bertambah setiap blok Ethereum sehingga total saldo akan dikreditkan dengan bunga setiap 15 detik (ini adalah rata-rata waktu untuk mendapatkan blok Ethereum). Compound ini juga memastikan selalu ada kelebihan likuiditas yang nantinya memberikan kemudahan akses pada penarikan dan peminjaman dana. Aset dapat ditarik kapan saja, asalkan ada cukup dana pada kumpulan likuiditas ini. Namun, model ini juga memiliki efek samping. 

Bunga dari pinjaman yang didistribusikan kepada semua pemasok akan terus berlangsung, bahkan ketika dana mereka tidak lagi digunakan. Hal ini membuat tingkat bunga yang diperoleh akan menjadi lebih rendah. 

Risiko dari Compound

Sebelum menggunakan sistem keuangan baru seperti ini, sebaiknya juga harus meninjau potensi risiko yang menyertainya. Sama seperti smart contract lain, Compound ini pasti juga memiliki bug yang dapat dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Terlebih Compound ini masih terbilang baru dalam dunia DeFi dan belum teruji oleh waktu.

Di sisi lain, Compound ini telah diaudit oleh Trail of Bits dan melibatkan auditor tambahan dalam memastikan smart contract ini aman dari bug dan menjaga seminimal mungkin serangan pada rentannya sistem.

Kesimpulan

Compound merupakan pionir di mana setiap orang dapat menjadi pemberi pinjaman maupun peminjam dana. Bekerja dengan prinsip DeFi, Compound ingin secara lebih luas membantu orang-orang memiliki lebih banyak akses dan kontrol atas aset dan dana yang mereka hasilkan dan simpan, tanpa takut atas kontrol dari orang lain.

Poin Penting:
  • Apa itu Compound?

    Compound adalah sebuah proyek di dalam jaringan Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk mengambil pinjaman dan juga bertindak untuk memfasilitasi pengguna lain dalam memberikan pinjaman, dengan jaminan aset mereka yang akan dikunci ke dalam protokol tersebut.

  • Apa itu cToken?

    Token asli Compound.

  • Apa keuntungan menggunakan Compound?

    Keuntungan yang didapat dari Compound ini adalah pinjaman dapat dibayar kembali dan aset kripto yang dikunci dalam protokol dapat ditarik kapan saja.

  • Apa saja token yang dapat digunakan dalam Compound?

    BAT, DAI, SAI, ETH, REP, USDC, WBTC, dan ZRX.

  • Siapa yang menciptakan konsep ini?

    Robert Leshner.

  • Apa tujuan dari Compound?

    Bekerja dengan prinsip DeFi, Compound ingin yang secara lebih luas membantu orang-orang memiliki lebih banyak akses dan kontrol atas aset dan dana yang mereka hasilkan dan simpan, tanpa takut atas kontrol dari orang lain.

  • Apa risiko Compound?

    Sama seperti smart contract lain, Compound ini pasti juga memiliki bug yang dapat dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Apa itu DeFi?

    sistem yang bertujuan untuk menghadirkan layanan keuangan terbuka, tanpa izin, transparan dan tersedia bagi setiap orang tanpa adanya otoritas terpusat.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih