Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa itu Blockchain Wallet ? Panduan Lengkap untuk Pemula

anisa giovanny     Tuesday, November 17 2020

Blockchain wallet adalah wallet  digital yang memungkinkan pengguna menyimpan dan mengelola bitcoin dan aset crypto mereka. Wallet Blockchain disediakan oleh Blockchain, sebuah perusahaan perangkat lunak yang didirikan oleh Peter Smith dan Nicolas Cary. blockchain wallet  memungkinkan transfer dalam cryptocurrency dan kemampuan untuk mengubahnya kembali menjadi mata uang fiat pengguna.

Memahami Blockchain Wallet 

Ini adalah E-wallet memungkinkan individu untuk menyimpan cryptocurrency. Dalam kasus Blockchain Wallet, pengguna dapat mengelola saldo dua cryptocurrency: bitcoin dan eter. Membuat e-wallet dengan Blockchain Wallet gratis, dan proses pengaturan akun dilakukan secara online. Individu harus memberikan alamat email dan kata sandi yang akan digunakan untuk mengelola akun, dan sistem akan mengirim email otomatis yang meminta akun diverifikasi.

Baca juga: Apa Itu Blockchain ?

Setelah wallet dibuat, pengguna diberikan ID Dompet, yang merupakan pengidentifikasi unik yang mirip dengan nomor rekening bank. Pemegang dompet dapat mengakses e-wallet mereka dengan masuk ke situs web Blockchain, atau dengan mengunduh dan mengakses aplikasi seluler.

Tampilan antarmuka Blockchain Wallet menunjukkan saldo wallet  saat ini untuk bitcoin dan token eter dan menampilkan transaksi terbaru pengguna. Pengguna juga dapat mengklik saldo cryptocurrency, yang akan menampilkan nilai dana dalam fiat atau mata uang lokal pengguna.

Proses Pembayaran Blockchain Wallet

Pengguna dapat mengirim permintaan ke pihak lain untuk jumlah bitcoin atau eter tertentu, dan sistem menghasilkan alamat unik yang dapat dikirim ke pihak ketiga atau dikonversi menjadi kode QR. Ini mirip  dengan barcode, yang menyimpan informasi keuangan dan dapat dibaca oleh perangkat digital.

Alamat unik akan dihasilkan setiap kali pengguna mengajukan permintaan. Pengguna juga dapat mengirim bitcoin atau eter ketika seseorang memberi mereka alamat unik. Proses kirim dan terima mirip dengan mengirim atau menerima dana melalui PayPal tetapi menggunakan cryptocurrency sebagai gantinya. PayPal adalah penyedia pembayaran online yang bertindak sebagai perantara bagi pelanggan dan bank serta kartu kredit mereka dengan memfasilitasi transfer online melalui lembaga keuangan.

Pengguna dapat bertukar Bitcoin dengan Ether. Pengguna akan  ditunjukkan semacam kutipan yang akan memperlihatkan  berapa banyak yang akan mereka terima berdasarkan nilai tukar saat ini, dengan kurs yang terus berubah tergantung pada berapa lama pengguna bisa  menyelesaikan transaksi. Pertukaran tidak muncul secara instan di blockchain wallet karena perlu beberapa waktu agar transaksi ditambahkan ke masing-masing blockchain mata uang.

Baca juga: Apa itu Bitcoin ? Panduan Lengkap untuk Pemula

Pengguna juga dapat membeli atau menjual bitcoin hanya melaluai tampilan antarmuka, layanan ini didukung oleh mitra pertukaran seperti Coinify atau SFOX. Nilai tukar dijamin untuk jangka waktu terbatas. Untuk melakukan pembelian, pengguna harus mentransfer dana dari bank atau dapat menggunakan kartu kredit atau debit.

Baca juga: Apa itu Ethereum ?

Biaya Blockchain Wallet 

Transfer bank akan dikenai sedikit biaya pembayaran (mis, 0,25%), dan perlu beberapa hari sebelum bitcoin diterima. Menggunakan kartu kredit atau debit memberikan akses instan ke bitcoin tetapi menimbulkan biaya yang lebih besar (mis., 3%). Layanan jual beli tidak tersedia di semua lokasi.

Namun, penting untuk dicatat bahwa Blockchain Wallet  menggunakan proses yang mereka sebut biaya dinamis, artinya biaya yang dibebankan per transaksi dapat berbeda berdasarkan berbagai faktor. Baik ukuran transaksi dan kondisi jaringan pada saat transaksi bisa mempengaruhi ukuran biaya. Hanya banyak transaksi yang dapat diproses dalam satu blok oleh komputer berdaya tinggi yang biasa digunakan oleh miners.  Para penambang biasanya memproses transaksi yang memiliki dengan biaya tertinggi terlebih dahulu karena menguntungkan secara finansial bagi mereka.

Blockchain Wallet menawarkan biaya prioritas, yang dapat memproses transaksi dalam satu jam. Ada juga biaya reguler, yang lebih murah tetapi transaksi kemungkinan akan memakan waktu lebih dari satu jam. Biaya juga dapat disesuaikan oleh pelanggan. Namun, jika pelanggan menetapkan biaya terlalu rendah, transfer atau transaksi dapat ditunda atau ditolak.1

Keamanan Blockchain Wallet

Keamanan wallet  merupakan pertimbangan penting bagi pengguna, karena memiliki akun yang diakses secara ilegal dapat mengakibatkan pengguna kehilangan bitcoin dan eter. Blockchain Wallet memiliki tiga tingkat keamanan, yakni : 

Level 1

Tingkat 1 Keamanan dirancang untuk mencegah pengguna kehilangan akses akun. Ini memungkinkan pengguna untuk memverifikasi alamat email mereka, membuat frase pemulihan cadangan 12 kata yang dapat digunakan jika lupa kata sandi,   dan mengatur petunjuk kata sandi (Blockchain tidak menyimpan kata sandi).

Level 2

Tingkat 2 Keamanan dirancang untuk mencegah orang lain mendapatkan akses tidak sah ke wallet, termasuk menautkan nomor telepon ke akun untuk menerima kata sandi satu kali saat akun masuk, dan membuat otorisasi dua langkah.

Level 3

Level 3 Keamanan memungkinkan pengguna untuk memblokir permintaan TOR. TOR adalah jaringan server global yang memungkinkan pengguna untuk merutekan lalu lintas web mereka melalui banyak komputer dengan tujuan mencegah siapa pun melacak asal-usul pengguna. Meskipun TOR digunakan secara sah, TOR dapat digunakan untuk tujuan jahat dengan meretas ke dalam wallet digital secara anonim karena jejak tidak akan dapat mengidentifikasi pengguna asli.


Itu dia penjelasan mengenai blockchain wallet, pada dasarnya ini adalah wallet yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan asetmu terutama jika memiliki Bitcoin dan Eter. Blockchain wallet dapatkamu jadikan salah satu pilihan untuk menyimpan aset kripto, namun tetap pastikan kamu mengetahui kekurangan dan kelebihan wallet yang satu ini.  

Baca juga: 11 Bitcoin Wallet yang Aman dan Gratis