Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa Itu Aave (LEND) ? Panduan Lengkap untuk Pemula dalam 3 Menit

anisa giovanny     Wednesday, October 14 2020

Protokol Aave dengan token asli mereka $LEND adalah perusahaan terkemuka dalam bidang keuangan terdesentralisasi (DeFi). Perusahaan memungkinkan penggunanya mengakses ke protokol open-source dan non-kustodian untuk menciptakan pasar uang. Selengkapnya soal AAVE dapat ditemukan di artikel berikut ini.

Apa Aave?

Dinamai dari kata Finlandia yang berarti “hantu”, perusahaan yang berbasis di London Aave ini  didirikan pada September 2018 setelah penawaran koin awal (ICO) yang sukses tahun sebelumnya untuk token ETHLend-nya yang mengumpulkan USD $16,2 juta.

Tim eksekutif di bawah ETHLend bermigrasi ke Aave dan ETHLend menjadi anak perusahaan Aave. Pada Januari 2020, ETHLend mengumumkan bahwa mereka tidak lagi beroperasi. Namun, situs webnya hanya akan tetap aktif bagi pengguna saat ini untuk menutup pinjaman yang ada.

Dilansir dari Boximining, tujuan proyek ini adalah mengisi celah yang ditinggalkan oleh raksasa industri fintech terpusat seperti PayPal, Skrill, dan Coinbase. Produk utama mereka adalah Aave Protocol, protokol open source dan non-kustodian untuk menciptakan pasar uang di blockchain Ethereum.

Apa itu Aave Protocol?

Aspek terbesar dan terpisahkan dari proyek ini adalah Protokol Aave yang diluncurkan pada Januari 2020. Pergeserannya dari ETHLend menandai pergeseran strategi yang signifikan bagi Perusahaan. Beranjak dari pinjaman P2P terdesentralisasi ke strategi berbasis pool, Aave Protocol adalah open source protokol non-penahanan yang memungkinkan pengguna untuk membuat pasar uang terdesentralisasi mereka sendiri di blockchain Ethereum.

Dari gambar tersebut bisa digambarkan, deposan menyediakan likuiditas dengan menyetor cryptocurrency ke dalam kumpulan pinjaman atau lending pools. Ini akan akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan bunga. Sementara itu, peminjam dapat memperoleh pinjaman dengan memanfaatkan kumpulan pinjaman ini baik dengan cara yang menjamin sesuatu atau tidak menggunakan jaminan.

Pinjaman tidak perlu dicocokkan secara individual dengan satu pemberi pinjaman kepada satu peminjam. Tapi, setoran ke dalam  lending pools tadi dan jumlah yang dipinjam / jaminan digunakan untuk membuat pinjaman instan berdasarkan status kumpulan. Saat ini terdapat 2 pasar uang yang dapat digunakan pengguna, yaitu Aave dan Uniswap.

Baca juga: Apa Itu DeFi ? (Pahami DeFi dalam Waktu 3 Menit!)

Fitur Pinjaman di AAVE

Flash Loans/Pinjaman Cepat

Aave memiliki satu fitur yang membedakannya dari yang lain. Pinjaman flash memungkinkan pelanggan atau mengambil pinjaman tanpa agunan. Ini memungkinkan kontrak pintar yang disesuaikan untuk meminjam aset dari kumpulan cadangan atau reserve pool dalam satu transaksi.

Pinjaman dilakukan dengan syarat likuiditas dikembalikan ke pool sebelum transaksi berakhir. Namun, jika tidak dilunasi pada saat itu, transaksi akan dibatalkan yang secara efektif akan membatalkan tindakan apa pun yang dilakukan hingga saat itu dan menjamin keamanan dana di kumpulan cadangan atau reserve pool.

Fitur flash loans atau pinjaman cepat dirancang bagi pengembang untuk mendapatkan modal untuk tujuan arbitrase, pembiayaan kembali, atau likuidasi. Aave menjelaskan flash loans dirancang untuk pengembang  atau orang dengan pengetahuan teknis yang dapat memanfaatkan pinjaman bebas risiko. Aave mengenakan biaya 0,09% untuk flash loans.

Rate Switching

Peralihan suku bunga adalah nilai jual unik lainnya dari proyek ini. Peralihan suku bunga memungkinkan peminjam untuk beralih antara suku bunga tetap dan floating, sesuatu yang berguna dalam pasar desentralisasi yang mudah berubah.

Bagi suku bunga tinggi, pengguna biasanya akan memilih suku bunga tetap tetapi ketika tidak stabil pengguna dimungkinkan untuk memilih opsi floating untuk mengurangi biaya pinjaman. Suku bunga tetap bisa diubah hanya jika tingkat pendapatan simpanan meningkat di atas suku bunga pinjaman tetap karena sistem dapat menjadi tidak stabil dengan membayar lebih dari yang dibayarkan.

Jika demikian, kurs tetap diseimbangkan kembali ke kurs stabil baru. Di sisi lain, ketika suku bunga variabel lebih rendah dari suku bunga tetap sebesar 20%, pinjaman secara otomatis akan turun untuk memperhitungkan perbedaannya.

Token Crypto yang Tersedia di Aave

Ada 19 token yang tersedia di Aave yakni  DAI, USD Coin (USDC), TrueUSD (TUSD), USDT Coin (USDT), sUSD, Binance USD (BUSD), Ethereum (ETH), Basic Attention Token (BAT), Kyber Network (KNC), ChainLink (LINK ), Decentraland (MANA), Maker (MKR), Augur (REP), SNK, Enjin Coin (ENJ), REN, WBTC Coin (WBTC), Yearn.finance (YFI) dan Ox Coin (ZRX). Setiap aset memiliki persyaratan agunan yang berbeda dikarenakan perbedaan volatilitas harga. Di samping token ini, ada juga token asli yang digunakan Aave dan disebut Lend.

Baca juga: Apa itu Cryptocurrency ?

LEND Token Asli AAVE

Sering disebut juga sebagai ETHLend, token cryptocurrency LEND adalah token asli Aave. Dibangun berdasarkan standar ERC-20, token $LEND dapat digunakan untuk pengurangan biaya.

Baca juga: Beda Token Dan Koin Kripto Yang Sering Disalah Gunakan

Token berasal dari biaya yang dikumpulkan dari Protokol Aave, dengan sekitar 80% biaya platform digunakan. Ini tampaknya menunjukkan bahwa token Lend akan bernilai tinggi dari waktu ke waktu. Pemilik LENDA juga dapat mengklaim biaya protokol sebagai imbalan untuk bertindak sebagai garis pertahanan pertama dalam kasus peristiwa likuiditas yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Selain itu, token $LEND dapat digunakan untuk voting pada Aave Improvement Proposals (AIPs). Terlebih lagi, pemegang LEND dapat memberikan suara dengan LEND yang disimpan di platform Aave.

Cara Meminjamkan Uang di Aave

Mendepositkan dan mendapatkan bunga di Aave adalah proses yang sederhana. Sebelum mulai, Anda harus mengunjungi https://app.aave.com/ dan terhubung menggunakan web wallet 3.0 seperti Metamask, Coinbase Wallet atau Fortmatic.

Deposit cukupp muda,  pilih aset yang Anda inginkan untuk diinvestasikan dan kemudian izinkan Aave mengakses aset tersebut. Setelah transaksi diproses, dan suku bunga dikonfirmasi, Anda dapat memeriksa perubahan kurs di aplikasi Aave. Token penghasil bunga disebut aTokens yang mirip dengan token C Compound.

aave

Ada beberapa perbedaan antara token Compound dan aToken, yang utama adalah bahwa aToken akan mempertahankan harga aset dasarnya dan akan meningkatkan jumlah token yang dimiliki saat harga naik daripada menaikkan harga token.

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan Passive Income dari Aset Kripto !

Artikel Terkait

 Lihat Lebih