Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Daftar Perangkat atau Alat Bitcoin Mining 2021

anisa giovanny     Saturday, January 2 2021

Mining Bitcoin adalah kegiatan untuk menghasilkan Bitcoin dengan memecahkan persoalan matematika yang rumit. Dalam proses penambangan dibutuhkan berbagai alat pendukung agar proses mining bisa berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah penggunaan perangkat keras untuk menambang Bitcoin. Berikut adalah perangkat keras atau alat Bitcoin mining 2021 yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin melakukan penambangan Bitcoin.

1. Bitmain Antminer S9i

Karena dianggap sebagai perangkat keras penambangan Bitcoin paling populer di dunia, Antminer S9 terjual habis di situs web Bitmain. S9i menawarkan tingkat hash 14 TH per detik dan konsumsi energi 1.320 watt, yang menjadikannya salah satu perangkat keras penambangan Bitcoin paling efisien di luar sana.

Jika kamu adalah penambang perantara atau ahli yang mencoba menghasilkan keuntungan, biaya di muka yang rendah dan efisiensi yang tinggi dari Antminer S9i dapat mengimbangi biaya energinya yang agak tinggi dan membantu untuk menghasilkan uang.

Baca juga: ASIC, Hardware yang Memudahkan Mining Bitcoin

2. Halong DragonMint T1

Dari semua perangkat keras penambangan Bitcoin di pasaran, DragonMint T1 merupakan salah sau perangkat Bitcoin mining yang memiliki tingkat hash tertinggi 16 TH per detik. Dan dengan konsumsi energi 1480 Watt, yang berarti rasio 0,075 Joule per Gigahash, ini adalah perangkat keras penambangan Bitcoin yang paling kuat dan efisien.

Baca juga: Masih Untungkah Mining Bitcoin di 2021 ?

Biasanya, ada banyak permintaan untuk DragonMint T1, jadi kamu harus membayar harga yang lumayan kurang lebih berada di angka $ 2.00-an untuk membelinya. Namun jika Anda seorang penambang ahli dengan biaya listrik rendah, daya dan efisiensi DragonMint T1 dapat mengimbangi biaya di muka yang tinggi dan membantu menghasilkan keuntungan.

3. Bitmain Antminer T9

Dengan tingkat hash 12,5 TH per detik dan konsumsi energi 1.576 Watt, Antminer T9 kurang bertenaga dan efisien dibandingkan Antminer S9i, tetapi dianggap sebagai opsi yang lebih andal. Ini memiliki chip berkualitas lebih tinggi dibandingkan dengan S9i, jadi lebih stabil dan tidak cepat terbakar. Kamu membayar sekitar  500 untuk Antminer T9. Jika kamu seorang penambang ahli yang menginginkan perangkat keras penambangan yang tahan lama, ini adalah pilihan yang bagus.

4. Pangolin Whatsminer M3X

Meskipun menggunakan daya yang cukup besar karena membutuhkan energi 2.050 watt, Whatsminer M3X juga salah satu yang paling kuat, memiliki tingkat hash 12,5 TH per detik.

M3X juga lebih terjangkau daripada perangkat keras pembangkit tenaga listrik lainnya, dengan biaya  sekitar $1.022, yang dapat mengimbangi biaya energinya yang tinggi dan membantu kamu memperoleh keuntungan.  Jika kamu seorang ahli penambang bitcoin  dan tinggal di lokasi yang biaya listrik di bawah rata-rata, ini bisa menjadi perangkat keras yang tepat.

5. Bitmain Antminer R4

Antminer R4 Bitmain berada tepat di belakang Antminer S9i dalam hal efisiensi, dengan tingkat hash 8,7 TH per detik dan konsumsi energi kecil 845 watt. Salah satu fitur terbaik R4 lainnya adalah ia bekerja hampir tanpa suara, menjadikannya perangkat keras yang ideal untuk menambang bitcoin di rumah. Kenyamanan dan efisiensi R4 memiliki konsekuensi. Dana yang kurang lebih harus kamu siapkan adalah $2.999 untuk membelinya di Amazon. Jika  kamu ingin menambang di rumah perangkat Bitcoin mining ini bisa dipertimbangkan. 

Baca juga: 6 Negara Terbaik untuk Cryptocurrency Mining

6. Bitmain Antminer S7

AntMiner S7 dari Bitmain telah terbukti sangat populer sejak dirilis pada pertengahan 2015 sehingga sekarang mencapai batch produksi ke-19. S7 mendominasi pasar karena alasan yang bagus yakni  menawarkan hashrate tinggi untuk jumlah daya yang dikonsumsi. Alat ini juga merupakan pilihan populer di kalangan penambang hobi karena harganya yang wajar dan performa yang kuat.

S7 ditenagai oleh chip ASIC 28nm BM1385. 135 dari chip ini tersebar di 3 papan dan tetap dingin dengan kipas ganda.  Casing logam yang kuat memiliki sistem tongue and groove yang memungkinkan pengaturan rapi dari beberapa penambang. Harga Antminer S7 kurang lebih adalah $545 atau bekas seharga $ 500 dari Amazon. Bitmain menjual S7-LN seharga $ 291 dan Amazon menjualnya seharga $ 439 baru atau $409 bekas.


Itu dia ragam rekomendasi alat mining Bitcoin. Beragam perangkat itu bisa ditemukan di berbagai market online. Harga yang disebutkan di artikel ini bisa saja berbeda dengan harga aslinya di pasaran.

Jika kamu ingin membeli alat mining Bitcoin, pastikan kamu memiliki cukup dana, daya dan kemampuan untuk melakukan mining Bitcoin. Jangan lupa juga hitung keuntungan dan kerugian dalam mining Bitcoin, kamu bisa menghitung perkiraan untung rugi secara kasar di Bitcoin Mining Calculator yang ada di internet. 

Artikel Terkait

 Lihat Lebih