Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

9 Tips Memilih Bitcoin Wallet (Dompet Bitcoin) Terbaik

anisa giovanny     Tuesday, December 29 2020

Wallet atau dompet Bitcoin berfungsi untuk menyimpan, menerima hingga mengirim Bitcoin dan aset crypto lain yang dimiliki pengguna. Wallet Bitcoin umum dibagi menjadi dua yakni cold wallet dan hot wallet.

Cold wallet biasanya adalah wallet berbentuk perangkat keras dan ia tidak terhubung dengan internet yang membuatnya lebih aman dari peretasan.  Sedangkan hot wallet adalah wallet yang biasanya berbentuk software atau wallet yang terpasang di komputer, ponsel dan terhubung di internet.

Banyak pilihan wallet yang  bisa digunakan, namun sebelum kamu memutuskan mau menggunakan wallet yang mana ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak salah dan kecewa dalam memilih dompet Bitcoin. Berikut ini ada tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih wallet Bitcoin.

Baca juga: 13 Dompet Bitcoin Wallet Indonesia Terpercaya

Keamanan

Tips memilih wallet Bitcoin yang pertama adalah keamanan.  Jika kamu akan menggunakan hot wallet  dengan jenis web wallet, ada baiknya kamu  memilih https, bukan HTTP karena menambahkan lapisan keamanan ekstra ke dompet. Ada juga otentikasi dua faktor yang harus ditawarkan dompet. Ini akan memastikan keamanan dan keamanan dompet. Jika kamu memilh cold wallet pastikan wallet kuat, tahan lama dan tidak mudah rusak.

Pengalaman pengguna

Dompet yang akan kamu pilih tentunya harus bisa kamu gunakan dengan mudah.  Maka dari itu memilih wallet yang ramah pengguna bisa dipertimbangkan, kamu perlu tahu bagaimana  menggunakan dompet dengan baik dan benar. Jika kamu memiliki dompet di perangkat seluler, kamu harus memilih dompet yang dapat diunduh di perangkat seluler. Jika memilih cold wallet, usahakan kamu memilih yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga bisa kamu bawa kemana-mana.

Baca juga: Mengenal Hardware Wallet dan Rekomendasinya

Teknologi yang Digunakan

Banyak dompet wallet yang sering bermasalah dan tidak cukup siap untuk digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui teknologi yang digunakan, atau paling tidak mengetahui otentikasi keamanan yang digunakan. Pilihlah wallet dengan teknologi keamanan otentikasi 2 faktor agar keamanan wallet bisa terjaga.

Baca juga: Apa itu Blockchain Wallet ? Panduan Lengkap untuk Pemula

Fitur Cadangan atau Backup

Pilihlah wallet Bitcoin yang memiliki fitur backup, sehingga jika kamu lupas password untuk mengaksesnya, kamu memiliki sandi cadangan untuk bisa menggunakan wallet dan memulihkannya. Beberapa prosedur fitur cadangan  yang layak yang terdiri dari tautan penyelamatan, kata sandi, dan sejumlah frasa sandi untuk mengembalikan semuanya dan bisa membuat wallet berjalan kembali.

Baca juga: Wallet Bitcoin Online atau Offline, Mana yang Lebih Bagus ?

Cocok untuk Berbagai Cryptocurrency

Sebelum daftar Bitcoin wallet,  kamu harus mengetahui kemampuan wallet dalam menyimpan aset crypto. Karena tidak semua aset crypto cocok dengan segala jenis wallet. Pilihlah wallet Bitcoin atau crypto yang bisa menyimpan banyak aset, sehingga kamu tidak perlu memiliki wallet lain. Ini juga akan memudahkanmu untuk mengelola aset crypto dalam satu tempat.

Baca juga: Apa itu Cryptocurrency Wallet ?

Konversi Cryptocurrency

Mengubah satu cryptocurrency menjadi cryptocurrency lainnya adalah integrasi yang sangat berguna untuk dibangun langsung ke dalam dompet Anda. Ini adalah fitur yang akan menguntungkan pemilik Bitcoin atau aset crypto lain. Fitur ini dapat ditemukan di wallet Exodus yang ada juga di ShapeShift. Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang ingin melakukan arbitrase cryptocurrency.

Kompatibilitas Platform

Sebelum daftar Bitcoin wallet,  kamu harus mengetahui apakah wallet yang dipilih kompatibel atau cocok dengan berbagai perangkat. Misalnya bisa dioperasikan di iOS, Android, Windows, dan Linux. Karena berbagai pengguna memiliki sistem operasi yang berbeda maka solusi wallet kamu sebaiknya dapat mendukung berbagai sistem operasi dan ini akan menjadi  keunggulan fleksibilitas pada perangkat..

Pemindai kode QR

Pemindai kode QR menyederhanakan proses pengiriman dan penerimaan cryptocurrency. Alamat tertentu terlihat seperti ini: 0x57f70FfbaDcD2d94a15AB6FB4849c7738aB4B110. Tentu tidak mudah mengetikkan seluruh alamat publik dengan benar  dalam sekali percoban. Jadi disarankan pilih wallet yang dapat memindai kode QR untuk mentransfer koin atau token kripto.

Layanan Pelanggan

Saat memilih perusahaan pengembang sebelum daftar Bitcoin wallet, kamu juga harus memastikan efisiensi tim pengiriman layanan pelanggannya. Semakin efisien tim layanan, semakin memudahkan kamu untuk mendapatkan bantuan jika mengalami kendala dalam menggunakan wallet.

Itu dia tips untuk memilih dompet Bitcoin atau crypto lainnya. Dompet Bitcoin merupakan komponen yang sangat penting untuk menyimpan aset crypto, karena itu kamu harus memilih wallet yang benar-benar terpercaya, aman, mudah digunakan, kompatibel dengan berbagai cryptocurrency dan lain sebagainya. Pastikan juga kamu bisa menjaga keamanan wallet mu dengan baik dan benar ya.  Karena aset crypto mu adalah tanggung jawab mu. 

Baca juga: Daftar Platform Jual Beli Bitcoin Legal di Indonesia

Artikel Terkait

 Lihat Lebih