Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

6 Langkah Verifikasi Akun (KYC) di Remitano!

Wafa Hasnaghina     Monday, July 27 2020

Untuk melakukan transaksi peer-to-peer pada platform Remitano, kamu cukup siapkan data diri sesuai dengan negara kamu berada. Dalam tahap ini kamu sudah harus melakukan pendaftaran melalui alamat email pribadimu. Tahapan pendaftaran pada platform Remitano tersebut bisa dibaca di artikel di bawah ini.

Baca juga: Cara Daftar Remitano dalam 3 Menit!

Dengan melakukan verifikasi dan melengkapi data pada platform Remitano kamu akan mendapatkan keunggulan-keunggulan lebih dalam platform ini. Misalnya saja menambahkan daya beli kamu hingga $500 setiap harinya, hanya dengan melengkapi Nomor Telepon kamu. Lebih lanjut, jika tahapan verifikasi dokumen daya beli kamu bisa mencapai 100.000 setiap harinya!

Selain itu, proses verifikasi data atau Know Your Customer ini mencegah adanya pencucian uang dan kejahatan lainnya. Hal ini juga diatur melalui UU Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Pasal 18 Ayat 5. Hal ini menegaskan prinsip-prinsip dalam penggunaan jasa keuangan, verifikasinya, serta pemantauan penggunaannya. 

Jika proses verifikasi ini tidak dilakukan, maka konsekuensinya ruang lingkup layanan akan semakin sempit, seperti tidak bisa melakukan deposit, trading, ataupun wirthdrawal. Jadi, jangan sampai verifikasi data ini terlewatkan ya!

Ayo Jual-Beli Bitcoin di Remitano sekarang 💰

Cara Verifikasi Akun di Remitano

Setelah masuk menggunakan alamat email, silakan pilih menu “Verifikasi Akun”. Dalam Verifikasi Akun ini akan ada beberapa tingkat yang harus diselesaikan.

Menu Remitano Verifikasi

Level 1 Verifikasi Akun

1. Verifikasi Nomor Telepon

Untuk melakukan verifikasi Nomor Telepon, kamu hanya perlu menekan tombol Memeriksa. Lalu, nanti akan muncul sebuah halaman yang akan meminta nomor telepon kamu, disesuaikan dengan Negara asal. Kamu akan dimintai kode OTP yang akan dimasukkan pada platform Remitano. Ingat kode ini jangan dibagikan pada siapa pun! 

Setelah verifikasi selesai, akan ada tanda berupa kata “Terverifikasi” pada Tingkat KYC Level 1 ini.

Verifikasi Akun Tahap 4

Level 2 dan 3 Verifikasi Akun

2. Verifikasi Dokumen Kewarganegaraan

Setelah verifikasi Nomor Telepon selesai. Langkah selanjutnya, kamu harus melakukan verifikasi kelengkapan data dokumen. Pada tahap ini kamu harus mempersiapkan dokumen resmi seperti KTP, Paspor, atau SIM yang masih berlaku.

Dalam tahap ini harus benar-benar diperhatikan bahan-bahan yang akan dijadikan dokumen verifikasi. Dokumen tersebut tidak dalam bentuk modifikasi, tidak buram, dan juga masih berlaku.

Pastikan juga bahwa dokumen tersebut diambil dengan sudut yang benar, pengunggahan dokumen menggunakan resolusi tinggi, sertakan gambar kamu bersama dengan dokumen tersebut.

3. Swafoto dengan Dokumen Terlampir

Di dalam verifikasi ini ada beberapa tahap yang harus kamu lakukan. Antara lain, kamu harus melakukan swafoto bersama dengan identitas kamu. 

Swafoto

4. Lampirkan Foto Dokumen

Dalam tahap ini, kamu diharuskan melampirkan foto dokumen identitas kamu di atas secarik kertas putih dengan tulisan “Membeli Crypto di Remitano.com

ID Depan

5. Foto Dokumen Identitas Sekunder

Setelah itu berhasil kamu akan dialihkan ke halaman verifikasi dokumen berdasarkan identitas lengkap. Biasanya kamu akan diminta untuk melakukan foto keseluruhan dokumen kamu.

Dokumen Identitas Sekunder

6. Verifikasi Akun Berhasil!

Jika verifikasi berhasil kamu, akan ada tanda hijau dengan kata “Terverifikasi” seperti gambar di bawah. 

Verifikasi Berhasil Level 2

Setelah 6 langkah di atas dilakukan dengan sesuai, kamu akan bisa menggunakan platform Remitano untuk melakukan transaksi jual/beli crypto kapan saja dan di mana saja. Ditambah kamu akan memiliki akses jual/beli hingga $100.000 setiap harinya. Jadi, tunggu apalagi?

Bagaimana Jika Verifikasi Gagal?

Jika verifikasi data gagal, biasanya platform ini akan menyampaikan langkah apa yang kurang tepat, seperti contoh di bawah. 

KYC Gagal

Tidak usah cemas, yang kamu harus lakukan adalah memastikan semua syarat dan ketentuan pengunggahan dokumen sudah tepat dan sesuai. Pastikan juga dokumen diambil menggunakan foto resolusi tinggi, pengambilan sudut yang benar, penggunaan kata di dalam foto, dan terakhir dokumen sesuai dengan identitas asli penggguna platform. 

Pengunggahan Video

photo 2020 08 07 3.32.23 PM

Ketika verifikasi data gagal beberapa kali, Remitano memiliki kebijakan bahwa pengguna harus melakukan verifikasi selanjutnya dengan mengunggah video berisikan dirinya beserta Identitas diri.

Video tersebut diunggah ke dalam platform Remitano dengan format .mp4 dan tidak lebih dari 20 MB.

Untuk mencegah adanya proses pengunggahan video ini, pastikan kamu cukup umur untuk dapat bertransaksi dalam platform Remitano (min. umur 19 tahun atau kurang dari 45 tahun), serta tidak menggunakan VPN apa pun ketika melakukan verifikasi data ini.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

Poin Penting
  • Apa itu Remitano?

    Remitano adalah platform perdagangan mata uang crypto peer-to-peer yang tersedia secara online.

  • Apa yang harus dipersiapkan untuk verifikasi (KYC) data di Remitano?

    KTP, SIM, Paspor yang masih berlaku.

  • Ada berapa level proses KYC?

    3 level. Level 1 Verifikasi Nomor Hp, Level 2&3 Verifikasi Dokumen.

  • Apa yang harus dipersiapkan untuk melengkapi dokumen?

    Siapkan kertas, beserta tulisan pada tahap 4 Lampirkan Foto Dokumen.

  • Apa yang dilakukan jika KYC gagal?

    Jika KYC gagal, coba lagi menggunakan sudut pengambilan foto yang lebih tepat, serta gambar dokumen yang jelas dan tidak buram. Jika proses masih tidak berhasil, hubungi Customer Service dengan Live Chat pada Situs Web atau aplikasi Remitano.

  • Apa yang dilakukan jika foto tahap 4 ditolak?

    Biasanya jika proses KYC gagal berkali-kali, kamu akan diminta untuk membuat video dengan keterangan lengkap beserta dokumen identitas asli kamu.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih