Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

5 Pilihan Platform Peer to Peer Bitcoin Exchange

anisa giovanny     Monday, September 7 2020

Ingin coba beli Bitcoin dengan harga lebih murah? Beli di platform peer to peer bisa jadi pilihannya. 

Kenapa? Karena pada bursa atau exchange bertipe broker, harga aset sudah ditetapkan sebelumnya sehingga pengguna tidak bisa leluasa dalam memilih harga yang sesuai dengan budget mereka. Sedangkan,  pada bursa dengan sistem peer to peer hal ini tentu tidak berlaku. Sebab, jual – beli aset crypto dilakukan antar-pengguna secara langsung dengan harga yang ditawarkan oleh masing-masing penjual / pembeli.

Baca juga: Panduan Jual Beli Bitcoin untuk Pemula

Platform peer to peer exchange secara sederhana bisa digambarkan layaknya marketplace atau pasar pasar yang bisa kita temui sehari-hari, di mana ada penjual yang menawarkan aset kemudian pembeli mengontak penjual tersebut untuk membeli aset yang mereka tawarkan. 

Membeli Bitcoin di platform peer to peer exchange memungkinkan Anda mendapatkan antara  1-15% di bawah harga pasar. Ini tentu cukup menguntungkan bagi para pengguna Bitcoin. Di akun  peer to peer bisa juga jadi cara jitu untuk mendapatkan harga Bitcoin di berbagai negara yang mungkin bisa lebih murah dari negara asal pengguna.

Baca juga: Bitcoin VS 5 Saham Perusahaan Teknologi, Mana Lebih Profit?

Ingin mencoba jual beli aset digital di platform peer to peer? Berikut ini ada lima pilihan P2P exchange untuk membeli Bitcoin atau aset crypto lainnya. 

Remitano

Remitano menyediakan pasar escrow peer-to-peer online untuk membeli dan menjual cryptocurrency. Bursa ini telah melayani pengguna di lebih dari 30 negara, termasuk Vietnam, Malaysia, Nigeria, India, Indonesia, Afrika Selatan dan lainnya.

Remitano mendukung perdagangan  cryptocurrency paling populer seperti BTC, ETH, BCH, USDT, LTC, dan XRP. Platform ini sudah menyediakan metode transfer bank menggunakan Rupiah, sehingga pengguna dari Indonesia bisa bertransaksi dengan mudah tanpa perlu repot mengonversi dari mata uang asing. 

Ayo Jual-Beli Bitcoin di Remitano sekarang 💰

Selain itu untuk proses withdrawal rupiah tidak dikenakan biaya tambahan dari Remitano, hanya dikenakan biaya dari bank. Di bursa ini transaksi berlangsung aman karena Remitano tidak akan melepaskan aset yang dibeli jika belum ada konfirmasi dari pembeli atau penjual, ini juga sebagai bentuk untuk menghindari perselisihan dalam proses transaksi.

Remitano juga memiliki fitur swap di mana pengguna bisa menukar aset crypto mereka, contohnya bisa menukar Bitcoin menjadi Ethereum atau sebaliknya. Ini berguna untuk mendapatkan keuntungan jika ada aset yang naik, sehingga pengguna tidak perlu membeli aset itu dari awal, hanya menukarnya saja dengan biaya penukaran yang cukup rendah. 

Remitano pun tidak mengenakan biaya dalam  jual beli crypto hingga 31 Oktober mendatang. Jika pengguna mengalami kendala dalam proses jual beli, layanan pelanggan Remitano selalu siap membantu selama 24/7. 

LocalBitcoins

LocalBitcoins adalah salah satu peer-to-peer exchange tertua di dunia. Pada pertengahan 2012 Jeremias Kangas, seorang profesional dan pengusaha IT Swiss mendirikan platform cryptocurrency yang bekerja berdasarkan prinsip-prinsip perdagangan Over the Counter (OTC). Bursa ini menawarkan berbagai macam metode pembayaran untuk membantu penggunanya membeli Bitcoin dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Situs Web Penghasil Bitcoin Gratis Terbesar

Ada lebih dari 45 metode pembayaran berbeda yang dapat digunakan oleh pembeli dan penjual untuk membeli dan menjual mata uang digital. Sebagian besar metode pembayaran dikategorikan ke dalam 5 kategori yaitu, Kartu kredit, Kartu Hadiah, Transfer Bank, Uang Tunai, cryptocurrency, dan layanan pembayaran online. Bursa ini pun melayani pengguna dari banyak negara di dunia. 

LocalCryptos

Localcryptos, adalah pertukaran P2P memiliki performa baik dalam hal likuiditas, dengan $126K crypto yang dialihkan selama 24 jam terakhir. Di LocalCryptos, Anda dapat menjual BTC atau ETH dengan 4% di bawah harga spot atau harga pasaran yang berlaku. LocalCryptos adalah platform Peer to Peer yang bisa langsung digunakan untuk jual beli tanpa harus membutuhkan verifikasi identitas. 

PaxFul 

Paxful didirikan pada tahun 2015 dan terus berkembang sejak saat itu. Mirip dengan LocalBitcoins, bursa peer to peer ini menawarkan pengguna untuk membeli dan menjual bitcoin dengan lebih dari 300 metode pembayaran yang berbeda termasuk Western Union, kartu debit atau kredit, Paypal, berbagai kartu hadiah (Amazon, iTunes, Google Play, dll.)  

Baca juga: Simpan Bitcoin dan 5 Saham Ini Selama 4 Tahun, Ternyata Segini Untungnya!

Jika membeli Bitcoin di Paxful, Anda tidak perlu membayar biaya apa pun ke Paxful tapi Anda mungkin akan dikenakan biaya oleh penjual Bitcoin dan setiap penjual memberikan biaya tambahan yang berbeda tergantung pada metode pembayaran Anda. Sedangkan, penjual di Paxful dikenakan biaya 1% kepada bursa. Jika menarik Bitcoin yang Anda beli dari dompet Paxful ke dompet Bitcoin lain akan dikenakan biaya tambahan, misal untuk Bitcoin bernilai di atas $20, biayanya ditetapkan pada 0,0005 BTC.

Localcoinswap 

Localcoinswap adalah bursa peer to peer yang berbasis di Hong Kong dan sudah berdiri sejak 2015. Platform ini menyediakan beragam jenis cryptocurrency dan metode pembayaran yang berbeda. Menyediakan berbagai jenis mata uang fiat yang bisa digunakan untuk pembayaran, sayangnya Rupiah belum termasuk ke dalamnya. Sehingga pengguna Indonesia jika ingin bertransaksi di sini  menggunakan mata uang fiat harus menggunakan mata uang fiat.

Bursa ini  tidak memungut biaya apapun untuk pendaftaran, penyetoran atau pembelian / penjualan di situs. 

Biaya hanya berlaku untuk penjual yang menyediakan likuiditas di pasar. Biaya yang akan dikenakan pada penjual adalah 1% setiap proses perdagangan aset selesai. Untuk withdrawal mata uang Bitcoin minimal adalah  0,00201 BTC dengan biaya penarikan sebesar 0.00050452 BTC. Bursa ini memiliki banyak layanan sehingga bagi pemula yang baru masuk ke pasar peer to peer mungkin akan mengalami kesulitan dan harga aset yang ada di sini cenderung lebih tinggi dibandingkan peer to peer lain. 

Baca juga: Bitcoin VS Properti, Mana Investasi yang Lebih Untung ?


Itu dia 5 pilihan platform peer to peer untuk membeli aset crypto, dengan menggunakan P2P pengguna bisa bebas memilih penjual dan mencari harga yang sesuai dengan keinginan. Untuk beli Bitcoin di peer to peer pastikan juga Anda melakukan riset mendalam tentang bursa peer to peer yang dipilih, dan belilah Bitcoin di penjual yang memiliki reputasi baik dengan menggunakan platform dengan proses transaksi yang cepat, aman dan mudah.

Baca juga: 10 Hal Penting Ketika Memilih Exchange Kripto!

Artikel Terkait

 Lihat Lebih