Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

3 Cara untuk Amankan Aset Crypto

anisa giovanny     Sunday, March 28 2021

Di tengah gelombang pengguna baru yang masuk ke cryptocurrency di tengah pasar bull run yang masih terjadi, perlu diperhatikan jika dunia crypto belum sepenuhnya aman.

Hal ini dikarenakan selalu saja ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan para pengguna crypto yang kurang teliti dan cermat dalam mengamankan asetnya.

Namun hal ini tentu bisa dicegah, bagiamana caranya? Veronica Wong, CEO SafePal pun membagikan tiga cara amankan aset crypto bagi para pemula.

Jangan Berikan Pin ke Orang Lain

Cara amankan aset crypto pertama adalah jangan memberikan kunci atau pin kita ke siapa pun bahkan kepada pihak bursa atau perusahaan wallet yang digunakan pengguna.

Jangan sembarangan  mengklik link yang diberikan oleh sumber tidak jelas dan berhati-hati dalam mengisi kuesioner. 

Baca juga: 5 Tips Menghindari Penipuan Berkedok Bitcoin

Jika ada kuesioner yang meminta kamu untuk mengisi Pin atau Private Key sebaiknya jangan diisi bahkan jika itu dimintta langsung oleh support tim. Selalu simpan private key untuk dirimu sendiri dan jangan sekalipun berikan kepada orang lain.

Baca juga: Apa itu Bitcoin Wallet Address ? Panduan Lengkap untuk Pemula

Simpan Private Key di Tempat Aman

Simpan aset kamu di tempat  yang aman, salah satunya menggunakan hardware wallet. Wallet yang umumnya berbentuk seperti harddisk ini cenderung lebih aman karena tidak harus terhubung ke internet.

Kamu bisa mempertimbangkan berbagai hardware wallet salah satunya adalah SafePal yang memiliki harga terjangkau, mudah digunakan dan memiliki keamanan yang cukup tinggi.

Baca juga: Mengenal Hardware Wallet dan Rekomendasinya

Menggunakan hardware wallet  juga membuat kamu dapat menjaga dan bertanggung jawab pada aset mu sendiri. Jika sudah menggunakan hardware wallet kamu perlu menjaganya agar tidak rusak, hilang dan lain sebagainya.

Cadangkan Mnemonic Pharse

 Mnemonic Pharse atau frase mnemonik adalah kelompok kata rahasia yang mewakili wallet. Ketika digunakan secara berurutan, mereka memungkinkan akses ke cryptocurrency yang disimpan di dalamnya.

Frase mnemonik seringkali dibuat  12 huruf  atau lebih, dibuat ketika dompet baru dibuat untuk menyimpan cryptocurrency.

mnemonic pharse
Contoh Mnemonic Phrase

Jika komputer yang menjalankan dompet kripto  mati, hilang, atau bahkan dicuri, kamu dapat menggunakan frasa mnemonik untuk memulihkan dompet dan kripto yang dimiliki. Kata-kata harus diketik dengan urutan yang sama persis dengan saat mereka dibuat.

Karena itu penting sekali untuk menyimpan frase dan membuat cadangannya di berbagai lokasi. Kamu bisa menyimpannya di selembar kertas dan disimpan di tempat aman agar tidak dicuri.


Itu dia cara untuk mengamankan aset crypto yang kamu miliki. Investasi aset crypto adalah hal yang menuntut kita untun lebih bertanggung jawab, sebab sekalinya aset kita hilang akan sangat sulit dan bahkan mustahil untuk dikembalikan.

Tentang SafePal

SafePal adalah hardware wallet yang membantu pengguna untuk mengamankan dan mengelola aset kripto melalui kombinasi solusi dompet terdesentralisasi yang aman.  Wallet ini juga turut menghubungkan platform CeFi dan DeFi. Selengkapnya soal SafePal bisa diakses di sini.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih