Altcoin SosMed

Penampakan FBCoin, Blockchain Yang Akan Dirilis Facebook

single-image
Tidak dipungkiri, setelah Mark Zuckerberg menyatakan pada media beberapa minggu lalu. Tanggapan berbagai kalangan tentang rencana Facebook akan merilis cryptocurrency atau mata uang digital untuk sosial medianya. Menurut informasi, kripto digital yang akan dibangun akan dinamakan FBCoin. Sebuah desentralisasi data yang akan dimasukkan kedalam paltform Facebook khususnya di periklanan. Lalu, seperti apa blockchain Facebook, penampakan FBCoin yang akan dirilis dalam waktu dekat?
FBCoin
Sebenarnya nama FBCoin hanya sebutan sementara, bukan nama resmi yang akan diluncurkan Facebook nantinya. Sebutan FBCoin hanya digunakan media untuk mempermudah dan mengenal kripto apa yang akan direncanakan. Mengapa Mark berencana mengeksplorasi model yang lebih terdesentralisasi? Dan peran apa yang bisa dimainkan dalam teknologi kripto? Dalam postingan Mark yang mengundang reaksi dunia kripto menyebutkan:

Dengan munculnya beberapa perusahaan teknologi besar… banyak orang sekarang percaya bahwa teknologi hanya memusatkan kekuasaan daripada mendesentralisasikannya.

Mark menegaskan, atas dasar perkembangan teknologi blockchain maka Facebook akan melangkah lebih dalam dan mempelajari aspek positif dan negatif. Teknologi desentralisasi akan digunakan untuk pemberdayaan masyarakat seperti cryptocurrencies dan enkripsi.

Respon ini sebenarnya dianggap baik, mengingat sosial media yang pernah berjaya sebelum Facebook tenggelam dalam waktu singkat. Jika Facebook tidak segera merubah sistem teknologi, atau beralih ke teknologi blockchain. Bukan tidak mungkin akan bernasib sama dengan sosial media yang lain. Pasalnya, juga sudah ada perencanaan rilis sosial media terdesentralisasi, begitu pula dengan game online terdesentralisasi.
Justru dengan adanya platform baru yang akan diluncurkan berupa FBCoin mendatang, makan akan meningkatkan pendapatan dan umpan baru periklanan. Disamping itu, Facebook juga tidak kewalahan mengatasi berita-berita dan akun anonim yang sering mengirimkan informasi palsu. Dengan adanya sistem blockchain, semua aktifitas terekam secara tepat.

Penampakan FBCoin, Rencana Distribusi Token

Seperti apa blockchain Facebook, penampakan FBCoin yang akan dirilis nantinya? Berikut penjelasan model yang ditulis Michael J.Casey dari CoinDesk’s. Menurutnya, Facebook akan membuat banyak token atau koin digital, kemudian membagikan sebagian kepada pemegang saham dan menahan sisanya dalam cadangan. Cadangan ini nantinya akan didistribusikan kepada pengguna berdasarkan beberapa metrik yang dapat diandalkan. Termasuk pembagian dari lalu lintas yang menghasilkan konten asli pengguna Facebook.
Facebook kemudian akan mengarahkan bahwa iklan platform dan game, harus dibayar dengan token yang dibagikan kepada publik. Dari sini akan terbentuk pasar, di mana pengguna dapat menjual dan membeli token FBCoin. Token ini juga direncanakan untuk menghasilkan uang dari pembuatan konten original. Atau bisa saja berupa donasi dengan menerima FBCoin.
Rencana diatas dianggap positif, tetapi juga ada sisi negatis yang pastinya merugikan pihak-pihak tertentu. Facebook tidak akan bisa mengendalikan harga pasar walaupun koin ini dirilis sendiri. Permintaan dan penawaran harga akan bergantung pada nilai tukar dolar. Jika Facebook tidak mengantisipasi atau membatasi kepemilikan koin. Maka akan muncul kolektor yang menimbun dan menguasai harga pasar.

You may also like