Altcoin

Masa Depan Ethereum Classic Setelah Upgrade Protokol

Ethereum Classic (ETC) adalah salah satu mata uang digital yang saat ini bersaing dengan Ethereum (ETH). Ethereum merupakan platform komputasi terdistribusi berbasis open source, diakses publik yang berjalan diatas blockchain. Ethereum menggunakan mesin virtual Turing-complete terdesentralisasi atau Ethereum Virtual Machine (EVM). Masa depan Ethereum Classic (ETC) sampai saat ini masih dipertanyakan banyak kalangan setelah tragedi hacker yang menerobos sistem.
Masa Depan Ethereum Classic
Ethereum Classic melewati hardfork dari Mesin Virtual Etereum (EVM) pada tanggal 25 Oktober 2016. Proyek DAO ternyata tidak bertahan dan selanjutnya Ethereum terpecah menjadi dua kelompok. Dua kelompok ini kemudian membentuk token sendiri, setelah Hardfork maka lahirlah versi baru yang disebut Ethereum (ETH). Dan sistem yang asli tetap melanjutkan blockchain dengan nama Ethereum Classic (ETC).

Tidak seperti pesaingnya, ETC di rumorkan akan tenggelam karena mengadopsi sistem yang lama. Pertarungan antar dua mata uang digital ini telah dibuktikan bahwa ETH lebih unggul dalam mengambil pasar. Hal ini terbukti dari naiknya harga ETH yang saat ini mencapai 11 juta rupiah per 1 koin. Sedangkan ETC masih berada di kisaran harga 400 ribu rupiah per koin.

Masa Depan Ethereum Classic

Ada beberapa praktisi yang mengatakan bahwa masa depan ETC akan tenggelam. Sejak Ethereum mengalami serangan hacker yang mencuri mata uang ini, keamanan Ethereum menjadi pertanyaan besar dikalangan industri. Tidak seperti ETH yang telah mengubah kode asli dan membuat sistem sendiri yang jauh lebih tahan terhadap serangan hacker.
Perpecahan ETH dan ETC terjadi setelah DAO mendapat serangan hacker pada bulan Juni 2016. Dana senilai 50 juta dollar AS telah dicuri dari sistem Ethereum. Setelah tragedi ini, maka dilaksanakan hardfork untuk menggandakan token yang hilang. Tanpa disadari, hardfork ini menghasilkan dua versi berbeda secara bersamaan yaitu Ethereum (ETH), dan yang lama disebut Ethereum Classic (ETC).
Ethereum Classic sampai saat ini tetap mengembangkan kode program yang lebih baik. Untuk menjaga aset mereka dari pencurian, saat ini telah memperketat keamanan sistem. Harga ETC telah meningkat hampir dua kali lipat tahun 2017 setelah diterapkannya kebijakan moneter baru ke dalam protokol Ethereum Classic beberapa bulan lalu.
Masa depan Ethereum Classic mulai tampak setelah implementasi ECIP 1017 meng-upgrade protokol yang secara permanen mengubah pasokan token lama. Hardfork ini mengurangi bonus blok ETC dari waktu ke waktu hingga pasokan mata uang mencapai batas sekitar 210 hingga 230 juta token. Penurunan 20 persen akan terjadi di blok 5000000. Upgrade protokol ini sebenarnya telah direncanakan sejak awal tahun 2017, tetapi baru terlaksana pada Agustus 2017. Di tahun 2018 dan selanjutnya, sistem keamanan Ethereum Classic akan mengalami perubahan baru untuk mengantisipasi hacker.

You may also like