Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Hack dan Scam · 8 min read

Kerugian Kripto Akibat Phishing Menurun Signifikan di April 2024

phishing kripto

Pada bulan April 2024, terjadi penurunan signifikan yakni -46% dalam kerugian kripto akibat serangan phishing dibandingkan bulan Maret 2024 lalu.

Sebanyak US$38 Juta Hilang Akibat Phishing di April 2024

Berdasarkan laporan Scam Sniffer di platform X, tercatat terdapat sekitar 34.000 korban yang kehilangan US$38 juta akibat phishing kripto. Ini adalah penurunan sebesar -46% dibandingkan dengan bulan Maret 2024.

phishing
Gambar: Total korban dan jumlah kehilangan April 2024. Sumber: Scam Sniffer.

Namun, terlepas dari penurunan secara keseluruhan, pencurian di chain Base mengalami peningkatan substansial sebesar +145% dari bulan sebelumnya. Dua dari 10 pencurian tunggal terbesar terjadi pada chain ini, menyumbang 21% dari total pencurian pada bulan April 2024.

Sebagian besar aset yang dicuri, yakni 88% adalah token ERC20. Sebagian besar pencurian terjadi karena tanda tangan phishing seperti Permit, IncreaseAllowance, dan Uniswap Permit2, yang menyebabkan kerugian signifikan.

Baca juga: Serangan Phishing Kripto Meningkat 40% dalam Satu Tahun

Salah satu metode utama yang digunakan para penipu adalah akun X palsu yang memposting komentar yang dengan link phishing. Setiap hari ada peluang bagi para penipu untuk meniru username proyek kripto populer.

phishing
Gambar: Ilustrasi menghindari peringatan phishing dengan Multicall. Sumber: Scam Sniffer.

Meskipun wallet kripto semakin meningkatkan peringatan phishing untuk tanda tangan (signature) tertentu, para pelaku pencurian wallet terus menemukan cara untuk menghindari peringatan ini dengan menggunakan kontrak sah seperti Disperse dan Uniswap Multicall, serta variasi normalisasi nilai.

Baca juga: Sekitar 80% Komentar Postingan Kripto di X Terindikasi Penipuan Phishing

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.