Mining

5 Koin Yang Paling Mudah Ditambang CPU, GPU Dan Ponsel

Era mata uang kripto telah membuat banyak orang ingin merasakan dan mengambil keuntungan dari perangkat yang dimiliki. Penambangan bitcoin pun sudah cukup sulit, bagaimana jika dana yang dimiliki terbatas dan perangkat pun sederhana? Ada beberapa koin yang paling mudah ditambang dengan CPU dan GPU biasa tahun 2018. Penambangan koin ini dinilai cukup menghasilkan profit yang sebanding dan bisa ditukar menjadi bitcoin.
Koin Yang Paling Mudah Ditambang
Hampir semua orang menginginkan Bitcoin dan beberapa Altcoin dengan harga tinggi. Tetapi tidak mudah memilikinya atau harus mengeluarkan sejumlah uang yang cukup besar. Tetapi bagi kita yang hanya memiliki perangkat kelas bawah, tidak perlu berkecil hati. Karena solusi dunia kripto ditujukan untuk semua kalangan.

Jika kita hanya memiliki CPU ataupun GPU dengan spesifikasi rendah, sebaiknya jangan mencoba penambangan kelas berat. Bitcoin, Ethereum, Litecoin, merupakan kripto yang saat ini ramai ditambang dengan perangkat kelas atas. Sangat tidak mungkin menghasilkan keuntungan hanya dengan mengandalkan CPU dan GPU kelas bawah.
Seperti koin cryptonote yang membatasi perangkat ASIC miner untuk mendukung penambang CPU, GPU, dan smartphone. Sehingga persaingan dan pendapatan hasil koin jauh lebih maksimal dibandingkan bersaing dengan ASIC. Adakah koin yang bisa ditambang dengan CPU dan GPU selain algoritma cryptonote? Ada, penambangnya sedikit, tingkat kesulitan masih rendah, dan diperuntukkan khusus untuk CPU dan GPU.

5 Koin Yang Paling Mudah Ditambang Tahun 2018

Sebelum menambang, pahami lebih dahulu yang dimaksud perangkat CPU dan GPU. Jika hanya mempiliki komputer atau laptop tanpa video card, ini termasuk CPU yang hanya mengandalkan prosesor. Sedangkan GPU, minimal memiliki satu video card yang digunakan untuk proses penambangan. Beberapa koin yang mudah di mining dengan perangkat Hashing kelas bawah diantaranya sebagai berikut:

1. Vertcoin (VTC)

Vertcoin merupakan koin yang paling mudah ditambang sekaligus koin rakyat. Vertcoin ditujukan untuk pengguna tunggal dan tidak terpusat oleh bank, lembaga atau perangkat penambangan kelas atas. Algoritme dan sistem kerjanya tidak dikontrol oleh perangkat penambangan yang dibuat khusus atau pool mining besar. Koin ini sangat memungkinkan ditambang menggunakan CPU, dan Vertcoin menyediakan software khusus untuk penambangannya. Untuk menambangnya, langsung saja download software di official Vertcoin.

2. Verge (XVG)

Koin ini sebelumnya dikenal sebagai DogeCoinDark, merupakan platform open-source yang menggunakan teknologi Wraith. Anda bisa menggunakan wallet dengan alamat IP sendiri, karena fitur jaringan Tor dan I2P yang memberikan anonimitas kepada pengguna. Untuk menambang koin XVG bisa dilihat pada listing pool mining Verge.

3 Monero (XMR) Dan MoneroV(XMV)

Monero baru-baru ini menyatakan bahwa koin XMR hanya bisa ditambang dari perangkat CPU dan GPU. Koin ini resisten terhadap ASIC, sehingga bisa memaksimalkan profit para penambang CPU dan GPU. Monero (XMR) memang sudah tinggi tingkat kesulitannya, dan harganya pun sebanding jika menggunakan GPU. 
Untuk CPU, bisa mencoba menambang MoneroV (XMV) yang baru saja dirilis dan masih sedikit penambangnya. Penambangan XMR bisa langsung mendaftar di Minergate, sementara untuk XMV bisa langsung melihat list pool mining di official MoneroV.

4. Electroneum (ETN)

Koin yang satu ini merupakan salah satu koin yang paling mudah ditambang dengan ponsel Android dan iPhone. Kompetisi dan tingkat kesulitannya untuk ponsel berbeda dengan penambang CPU dan GPU. Sehingga hasil yang diperoleh dianggap sangat menjanjikan. Baru-baru ini Electroneum mengumumkan akan mengganti algoritma penambangan resisten terhadap ASIC. Sehingga koin ETN hanya bisa ditambang dengan perangkat CPU, GPU, dan smartphone.

5. HodlCoin (HODL)

Hodlcoin dianggap sangat unik, karena koin ini hanya bisa ditambang dengan CPU. Konsepnya juga mengadopsi PoS dengan cara mengunci koin. Kemudian setiap pemilik akan mendapatkan bunga berdasarkan jumlah koin yang dikunci. Tingkat persentasi yang diberikan setiap blok selama 30 hari berkisar 5% APR. Ada juga pilihan untuk 1 tahun, 6 bulan, lebih mirip dengan deposito. Untuk penambangan bisa langsung akses listing pool mining di website Hodlcoin.
Kelima koin yang paling mudah ditambang dengan CPU, GPU, dan ponsel diatas, kiranya bisa mengobati perasaan kecil hati. Penambangan kripto ditujukan untuk semua kalangan dan tanpa batas. Jika kita tidak memiliki perangkat mahal untuk menambang bitcoin, cukup tambang salah satu koin diatas. Kemudian tukar dibursa kripto menjadi Bitcoin ataupun Ethereum. Happy mining…

Comments are off this post!