PIVX Luncurkan Private Staking Koin (PoS) Pertama Di Dunia
Altcoin, Staking

PIVX Luncurkan Private Staking Koin (PoS) Pertama Di Dunia

Investasi yang menarik untuk dicoba minggu ini adalah PIVX, salah satu kripto yang mudah ditransfer ke seluruh dunia dalam hitungan detik. Tak hanya itu, biaya transaksi PIVX sangat kecil tetapi dilengkapi dengan keamanan serta privasi tinggi. Dan baru-baru ini, PIVX meluncurkan core wallet 3.1 Private Proof of Stake pertama di dunia. Tentunya, dengan zPoS maka setiap pengguna bisa mendapatkan imbalan dari zPIV yang dimiliki.
PIVX Luncurkan Private Staking
PIVX diluncurkan pada 31 Januari 2016, ukuran blok 2MB dengan kecepatan 60 detik. Total coin supply sampai hari ini baru mencapai 55 juta. Oleha karena blockchain ini diamankan dengan jaminan 10k PIV per masternode, maka peredaran koin berkisar 30 juta PIV. Koin ini dikenal dengan biaya transaksi murah, berkisar USD 0,001 untuk transfer normal, dan USD 0,01 untuk Private transfer.

PIVX Luncurkan Private Staking, zPoS

Sampai hari ini, belum ada kripto yang khusus fokus pada privasi. Sebagian besar koin privasi hanya menawarkan transaksi pribadi melalui algoritma penambangan PoW. Tetapi PIVX berhasil meluncurkan algoritma PoS privasi pertama didunia yang dianggap lebih hemat energi dibandingkan PoW. Kita cukup menyimpan beberapa koin dalam wallet, kemudian biarkan online. Istilah yang umum disebut ‘staking koin’ yang mirip dengan memancing dengan cara memberikan umpan berupa koin.
PIVX menggunakan sejenis sub-kripto yang disebut zPIV. Koin ini menggunakan protokol Zerocoin untuk mencapai anonimitas lengkap dalam blockchain. Dalam wallet ini, setiap pengguna bisa saja memilih untuk membuat atau menabung unit zPIV. Dan koin ini hanya ada dalam denominasi tertentu yaitu 1, 5, 10, dan seterusnya. Hampir sama dengan denominasi uang kertas atau uang koin yang diciptakan Bank.
Contoh kasus privasi, ketika pengguna mengirim zPIV maka penerima mendapatkan PIV biasa. Tetapi penerima tak pernah mengetahui dari mana asalnya, atau disebut Anonimitas. Uniknya, unit zPIV ini hanya ada dalam dompet PIVX dan tidak dapat dibeli atau diperdagangkan di bursa. Tetapi nilainya sama, 1 PIVX maka secara otomatis akan memiliki 1 zPIV di wallet. 
Jadi, jika Anda ingin mengirimkan uang tanpa harus terlacak, beli dahulu PIVX di bursa kripto. Kemudian transfer ke Core Wallet terbaru untuk mendapatkan zPIV. Perubahan dari PIVX ke zPIV berbiaya kecil, sebanding dengan transfer.
Fitur zPoS muncul dalam versi terbaru 3.1 diluncurkan pada awal Mei 2018. Dimana semua pengguna bisa melakukan staking zPIV untuk mendapatkan reward penambangan. Semakin banyak pengguna di jaringan zPIV, maka semakin tinggi anonimitas dan keamanan jaringan yang tercipta, dan reward akan bertambah. Selain itu, ada beberapa fitur lain yang ditambahkan dalam Core Wallet PIVX terbaru kali ini. 
Penting diketahui, untuk staking koin membutuhkan kapasitas penyimpanan besar, karena akan mendownload blockchain keseluruhan. Sampai hari ini ukuran blockchain PIVX berkisar 67 GB, pastikan jaringan dan ruang harddisk mencukupi.

Comments are off this post!