Featured, ICO

Login Tanpa Password Semua Akun Dengan Otentikasi Remme

Kebanyakan orang menyimpan password dalam satu lembar yang tercetak atau disimpan dalam cloud. Hal ini untuk memastikan bahwa kita masih tidak mampu mengingat ragam password untuk mengamankan aset dan akun email. Kebanyakan akun diretas karena mudahnya password, sehingga harus sering melakukan pergantian setiap tahun. Tetapi kini sudah muncul teknologi login tanpa password di semua akun. Kita tidak perlu mengingat puluhan password akun, karena blockchain yang dibangun Remme akan jauh lebih baik mengamankan aset dan akun kita.
Login Tanpa Password Semua Akun, Remme
Tidak perlu heran, hampir setiap hari terjadi pencurian data, mulai dari akun sosial media, email, bahkan wallet kripto. Setiap orang diperkirakan menghabiskan waktu online lebih dari sekitar 10 jam perhari. Dan kebanyakan akses ke sosial media hanya menggunakan password yang paling mudah diingat. Jadi, terkadang teman kita sendiri pun bisa membukanya karena password yang tidak pernah diubah dan gampang.

Bagaimana pencurian password bisa terjadi? Penjelasan singkatnya, ketika kita menuliskan diatas sebuah kertas atau menyimpannya disebuah folder. Tetapi semua yang kita tulis bisa diakses dengan mudah oleh publik, termasuk folder di komputer bersama. Atau, ketika teman Anda meminjam laptop ataupun ponsel, secara tidak sengaja membuka file password. Bahkan yang lebih tidak disadari, ketika Anda mengakses website phising.
Walaupun saat ini sudah ada cara aman untuk login ke sebuah website dengan cara authenticator 2FA. Tetapi tehnik ini juga kebobolan, dan kesalahan yang sering terjadi pada manusia yang terkadang menyimpan key dalam file publik. Untuk itulah, sebuah mesin diciptakan agar manusia bisa dengan mudah mengakses tanpa perlu mengingat puluhan password akun. Teknologi blockchain yang dibangun Remme kali ini dianggap sangat efisien dalam mengamankan akun aset wallet, akun email dan sosial media.

Remme, Solusi Login Tanpa Password

Cryptocurrency merupakan salah satu jawaban, bagaimana password bisa dengan mudah tersimpan hanya dengan satu ID. Seperti yang dilakukan Satoshi Labs pada pengguna Trezor Connect sangat memungkinkan user login tanpa password ke situs hanya dengan mencolokkan wallet. Kemudian disusul oleh Secure First Reliable Logon (SQRL) yang menggunakan kode QR dan kriptografi key publik di balik Bitcoin, agar pengguna bisa login tanpa password.
Salah satu startup yang muncul baru-baru ini, REMME, tengah mengambangkan aplikasi login tanpa password sehingga menghilangkan faktor manusia dari proses otentikasi. Teknologi blockchain ini menghindari serangan seperti phishing, server dan pelanggaran sandi. Kita tidak perlu lagi mengingat kata sandi dan tidak perlu menuliskannya dalam sebuah kertas yang bisa saja hilang. Menurut pengembang Remme, blockchain bisa memberikan perlindungan 100 persen terhadap serangan umum dunia online.
Sistem kerjanya, Remme akan membuat masing-masing perangkat dengan sertifikat SSL tertentu. Data sertifikat ini dikelola dalam blockchain sehingga mampu menghalau sertifikat palsu, menyingkirkan otentikasi server dan data password. Artinya, peretas tidak mempunyai target server potensial karena tidak ada titik lemah. 
Menurut pengembang Remme, aplikasi ini dapat dengan mudah terinstal sehingga bisa menghemat biaya integrasi. Remme menciptakan manajemen Public Key Infrastructure yang terdistribusi, standar x.5009 menggunakan teknologi blockchain. Startup ini fokus pada IoT, infrastruktur financial, MedTech dan perusahaan terkait blockchain. 
Remme menciptakan solusi tanpa password untuk melindungi dari serangan Phishing, Brute Force, Bucket Brigade. Server Breach, Keylogging, Password breach, dan Password reuse attack. Teknologi ini bisa mengatasi masalah keamanan data yang umumnya terjadi pada sektor berikut:

  1. Cryptocurrency Exchange, akan disediakan platform otorisasi yang melindungi akun berdasarkan prinsip kriptografi yang sama dengan 2FA, dengan tampilan yang ramah pengguna.
  2. Penyedia peralatan Infrastruktur akan diberikan platform otorisasi canggih. Aplikasi ini bisa digunakan oleh beberapa perusahaan energi dan penyedia perangkat lunak SCADA, untuk meningkatkan keamanan dari berbagai serangan cyber.
  3. Teknologi Remme dapat diterapkan ke Jaringan Mobil agar terlindungi ketika terhubung ke internet dan mengamankan sistem onboard dari serangan peretas. Manajemen identitas ini merupakan lapisan untuk membangun ekosistem mobil masa depan. Jaringan mesh mobil-ke-mobil agar pengguna bisa bertukar informasi lalu lintas dengan sistem smartcity, dan menghindari kecelakaan. Kemudian, pembayaran untuk pengisian elektrocars bisa dilakukan secara otomatis.
  4. Teknologi Remme akan memberikan akses aman untuk rekam medis pada perusahan Medical Care ataupun Medical Tech. Ini untuk mengamankan akses ke data medis online yang memerlukan komponen otentikasi agar tidak mudah diretas.

Beberapa perusahaan yang telah bekerjasama dengan Remme adalah Ukrinmash, Infopulse, Hotmine, WandX, Mercury Cash dan Changelly exchange. Saat ini terbuka bagi siapa saja untuk bergabung kedalam Pilot Program untuk mengamankan akses login dari serangan cyber. Diperkirakan akan semakin banyak perusahaan lain yang bergabung menggunakan teknologi blockchain Remme untuk mempermudah pengguna login tanpa password.
Pada Q1 2018, Remme telah merilis Core public Alpha dan telah melakukan public sale sejak 13 Februari 2018. Total supply tersedia 1 miliar token ERC-20, dengan harga USD 0,04/REM. Untuk informasi lebih lanjut tentang investasi di proyek ini bisa mengakses official website Remme, atau langsung mengakses Whitepaper.

Comments are off this post!